July 31, 2020

Langkah-Langkah Menjalankan Webinar

Bagaimana sih langkah-langkah menjalankan webinar? Baca artikel berikut ya, semoga bermanfaat.
Event Organizer

Satu dekade terakhir bisnis digital terus berkembang pesat. Startup bermunculan, pola manajemen mengalami revolusi, termasuk metode menjangkau pelanggan. Fenomena-fenomena ini mengubah peta permainan dunia bisnis. Metode terbaru yang kini populer digunakan untuk menjangkau pelanggan dan memperkuat branding adalah webinar. Perusahaan-perusahaan mengadakan acara-acara yang membahas tema-tema yang dekat dan memperkuat posisi tawar dari bisnisnya. Namun menjalankan webinar bukan hal sederhana, lho. Walaupun dilaksanakan via platform webinar haruslah tetap profesional. Bahkan dari “jauh-jauh hari” dari waktu pelaksanaan acara perusahaan anda. Lantas bagaimanakah langkah-langkah menjalankannya dengan profesional dan efektif, kami Hanindo selaku EO terbaik di Jakarta akan mengulasnya untuk anda.

Menjalankan Webinar Sesuai Kebutuhan

Ada beragam tujuan menjalankan webinar. Ada yang langsung menjadikannya jalan langsung mendapatkan keuntungan. Yakni dengan menjadikannya langsung sebagai strategi mencari pemasukan langsung. Seperti dengan melakukan pelatihan-pelatihan, menggelar sesi motivasi, atau sesi konseling ataupun terapi psikologi. Ada juga yang menjadikannya feeder, umpan untuk melakukan branding. Biasanya jenis ini dilaksanakan dengan harga registrasi yang murah bahkan gratis. Karena yang terpenting adalah mendatangkan peserta sebanyak mungkin dan menyebarkan seluas-luasnya informasi, value, dan soft selling produk dan brand kepada peserta. Anda dapat memilih apa kebutuhan anda. Tentu setiap kebutuhan memiliki teknis pelaksanaan yang berbeda. Sebelum kita lanjutkan, mari pikirkan bagaimana tujuan anda dan kemudian perhatikan langkah-langkah yang kami siapkan berikut.

Langkah-Langkah Menjalankan Webinar

Langkah-langkah Menjalankan Webinar

Profesioanlitas adalah kunci. Itu harga mati yang harus benar-benar anda ingat. Kita mesti profesional sejak jauh-jauh hari sebelum acara dihelat. Melalui proses-proses persiapan, pra acara, pemasaran, eksekusi, hingga pasca acara. Perhatikan ulasan berikut.

1. Cara paling efektif dan efisien

Tentu akan jauh lebih baik bila kita menyerahkan urusan kepada ahlinya. Terutama bila anda kekurangan pengalaman dalam menggelar acara sejenis ini. Solusi merekrut tim profesional berupa event organizer (EO) Hanindo menjadi pilihan paling bijak. Demi memastikan profesionalitas dan tercapainya tujuan acara anda. Sudah banyak event organizer Jakarta yang sudah marang melintang di dunia acara virtual. Serahkan pada ahlinya, mudah dan nggak ribet.

2. Pra Pelaksanaan

Bila anda memang yakin dapat melaksanakan acaranya dengan tim anda sendiri, tidak ada masalah. Namun anda perlu memperhatikan hal-hal berikut untuk mempersiapkan acaranya.

a. Pertama, konten acara. Anda perlu benar-benar menyiapkan materi plus delivery materi yang baik kalau anda sendiri yang akan berbicara, konsep dan susuna acara yang pas agar informasi dan branding perusahaan anda berhasil.

b. Kedua, pembawa acara atau moderator yang mampu memimpin acara dengan baik. Lalu anda perlu siapkan pula narasumber “bintang tamu” yang akan meningkatkan daya tarik calon peserta untuk ikut acara anda.

c. Ketiga, siapkan artikel apabila anda melaksanakan acara bertujuan pelatihan. Buat calon peserta yakin bahwa materi anda berkualitas dan layak disimak.

d. Keempat, siapkan landing page website anda. Ini penting untuk dilakukan sebagai langkah strategis dan koordinasi pemasaran acara anda. Arahkan semua proses pemasaran masif anda untuk mendarat di landing page ini. Sehingga di sana calon peserta dapat lebih diyakinkan bahwa acara anda menarik untuk diikuti.

3. Eksekusi Acara

Setelah menyiapkan semua keperluannya, tiba saatnya anda mengeksekusi acara anda. Pastikan hal-hal dibawah ini sudah aman terkendali.

a. Pertama, pastikan jaringan anda stabil, daya dan semua alat elektronik pendukung acara anda telah disetel dan siap melaksanakan tugasnya.

b. Kedua, tentu saja pastikan platform yang anda pilih dapat diandalkan dan anda memiliki bantuan teknis apabila ada masalah pada proses pelaksanaan acara.

c. Ketiga, pastikan melakukan gladi resik setengah jam atau paling lambat 15 menit dengan seluruh narasumber dan moderator. Pastikan semua video dan kualitas audio terdengar jelas.

d. Keempat, pastikan proses registrasi sudah berjalan dengan baik. Anda mesti yakin apakah semua peserta sudah mendapatkan tautan menuju platform anda dan mendapatkan hak masuk sebagaimana mestinya.

Selamat bekerja dan semoga sukses acaranya.