January 24, 2020

Kiat Sukses Gelar RUPS Di Tahun 2020

Memilih Perseroan Terbatas artinya harus siap untuk melakukan RUPS agar berjalan kondusif dan sukses gunakan trik yang tepat sasaran.
Event Organizer

Rapat Umum Pemegang Saham istilah penting yang sangat populer terutama di kalangan investor. Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak memahami apa definisi RUPS dan manfaat melakukannya untuk perusahaan. Padahal acara ini rutin dilakukan perseroan guna mengetahui bagaimana kondisi perkembangan perusahaan.

Rapat Umum Pemegang Saham

Rapat Umum Pemegang Saham merupakan organ Perseroan Terbatas yang diberikan kewenangan oleh pemerintah dibuktikan dalam UU No.40 Tahun 2007, terkecuali direksi dan dewan komisaris. Jadi secara tidak langsung, pemegang saham memiliki wewenang untuk mendapatkan keterangan terkait perusahaan baik pada badan direksi maupun dewan komisaris. Sebagaimana rapat lain, Rapat Umum Pemegang Saham juga memiliki beberapa peraturan. Tidak ada pemegang saham yang diizinkan untuk memutuskan masalah atau memberikan keterangan terutama jika ada banyak pemegang saham yang tidak mengikuti rapat.

Tips Sukses Menggelar RUPS 2020

Rapat ini termasuk kegiatan formal yang sangat penting untuk kelangsungan perusahaan, Anda bisa menghubungi Hanindo untuk menyelenggarakan RUPS 2020. Selain itu supaya rapat berjalan dengan lancar baiknya perhatikan beberapa tips berikut:

1. Telah Memenuhi Seluruh Syarat Pengajuan Rapat

Permintaan Rapat Umum Pemegang Saham berbeda seperti event gathering perusahaan atau event semi formal lainnya. Saat berencana melakukan rapat, pemegang saham aktif harus memiliki inisiatif untuk mengajukan permohonan rapat pada dewan komisaris dan badan direksi. Prosedur permintaan Rapat Umum Pemegang Saham memang sangat alot, tidak hanya harus berhubungan dengan direksi dan dewan komisaris. Para pemegang saham juga harus berhubungan dengan OJK sebelum maupun setelah dilaksanakan rapat. Lingkar hubungan ini harus dipahami dengan baik sehingga rencana wacana rapat bisa diselenggarakan sebenar-benarnya.

2. Pilih Venue yang Tepat

Tiap perusahaan umumnya memiliki ruang meeting untuk menunjang aktivitas kerja atau pertemuan dengan relasi bisnis. Tapi jika luas ruang meeting di perusahaan tidak mencukupi kebutuhan, Anda bisa menyewa venue dengan meminta bantuan EO Jakarta untuk RUPS 2020. Di Jakarta ada banyak sekali event organizer yang memfasilitasi kegiatan ini. Venue yang ditawarkan sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta budget. Pastikan jika seluruh fasilitas yang ada di venue sudah tersedia semuanya. Sehingga Anda tidak akan merasa panic jika ada pemegang saham yang bertanya sesuatu.

Kiat Sukses Gelar RUPS di Tahun 2020

3. Catat Agenda Rapat Secara Sistematis

Acara rapat harus terstruktur rapi dan fokus pada tujuan, jangan sampai peserta rapat merasa bosan atau harus menunggu terlalu lama. Baiknya, buat agenda rapat yang sistematis dan mendetail. Dengan mengikuti jadwal agenda, rapat akan selesai tepat waktu dan memuaskan seluruh pemegang saham yang hadir dalam rapat.

4. Ciptakan Suasana yang Nyaman

Rapat Umum Pemegang Saham memang membahas materi perusahaan yang cenderung kaku dan serius, namun pastikan supaya rapat bisa berjalan dengan lebih santai. Sehingga seluruh pemegang saham tertarik untuk mengikuti jalannya rapat sejak awal hingga akhir. Mereka juga tidak merasa bosan dengan pemaparan-pemaparan yang disampaikan dan akan memusat perhatian sepenuhnya pada pembicara.

5. Selalu Sediakan Backup Plan

Anda tidak pernah tahu apa kendala yang akan dihadapi saat terjadi rapat. Bisa jadi masalah teknis atau kendala lainnya. Saat menemui kondisi seperti ini, cobalah untuk bersikap tenang. Kepanikan justru akan membuat jalannya rapat semakin tidak kondusif. Baiknya sejak awal Anda mempersiapkan backup plan, rencana cadangan ini akan membantu Anda menghadapi berbagai persoalan sehingga rapat berjalan lancar seperti harapan.

Mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham merupakan suatu kebutuhan, bahkan aktivitas ini telah direkam dan disetujui oleh Undang-Undang. Supaya berjalan dengan lancar, Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo. Mengapa Hanindo? Karena Hanindo adalah EO Jakarta professional yang akan membantu perusahaan Anda menyelenggarakan RUPS. Untuk quotation dan pertanyaan seputar EO, klik tombol WhatsApp di bawah kiri ↘