July 31, 2019

Keuntungan Membuat Video Infografis Bagi Perusahaan

Video infografis menjadi salah satu media yang efektif dalam menyampaikan sebuah pesan.
Creative Media

Dalam dunia bisnis, tak bisa dipungkiri bahwa marketing adalah ujung tombak perusahaan. Lewat marketing lah, sebuah perusahaan dapat mengkomunikasikan citra perusahaan, produk yang dijual oleh perusahaan, atau sekedar publisitas perusahaan. Marketing pun erat hubungannya dengan komunikasi.

Sebab, dengan komunikasi yang tepat, maka pesan persuasif dari bagian marketing dapat menuju sasaran dengan tepat. Agar komunikasi yang dilakukan bisa tepat sasaran kepada konsumen, maka marketing harus menerapkan strategi yang tepat. Menggunakan video infografis adalah salah satu cara yang ampuh.

ALASAN MENGAPA VIDEO INFOGRAFIS SANGAT BERGUNA BAGI PERUSAHAAN

Video infografis adalah salah satu bentuk komunikasi lewat media audio visual. Dengan menyajikan informasi lewat video infografis, maka ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dibandingkan dengan presentasi secara konvensional. Hanindo yang telah lama berkecimpung dalam dunia creative media telah banyak dipercaya untuk membuat video infografis. Apa saja keuntungan video infografis? Yuk, kita simak.

1. Mudah Dicerna

Pada dasarnya, otak manusia lebih mudah menerima informasi dalam bentuk citra atau gambar. Ditambah lagi, otak mampu bekerja secara simultan dalam menangkap suara alias audio. Sederhananya, video infografis dapat menjadi media audio visual yang sangat mudah dicerna oleh otak.

Untuk bisa memaksimalkan penyampaian informasi lewat video infografis, tentunya Anda harus memiliki tim yang baik dalam menyiapkan video infografis. Hal ini bertujuan agar ada konsep yang matang dalam pembuatan dan penyampaian video infografis tersebut.

2. Efektif

Video infografis seringkali dibuat dengan sederhana. Sehingga, video infografis lebih padat dengan informasi inti. Publik secara instan akan memiliki pemahaman mendalam, yang secara bersamaan dapat meningkatkan potensi penjualan Anda.

3. Lebih Mudah Viral

Di era teknologi sekarang ini, kita bisa membagikan hampir segalanya dengan menggunakan teknologi internet. Video infografis Anda dapat menjadi viral jika kontennya menarik dan kaya akan hal-hal positif. Tentunya konten positif yang tersebar secara masif akan baik untuk citra perusahaan.

4. Kekuatan Persuasi Tinggi

Penyajian informasi lewat video infografis tentunya sangat unik. Untuk membuatnya saja sudah membutuhkan tim profesional. Dampaknya adalah perusahaan Anda dapat meningkatkan citra profesional juga di hadapan publik.

Jika citra profesional sudah melekat, maka akan tumbuh rasa percaya terhadap perusahaan maupun produk yang sedang Anda jual. Jika kepercayaan pelanggan sudah didapatkan, maka apa pun yang Anda sajikan dapat memiliki potensi yang lebih besar untuk menarik minat pelanggan.

Keuntungan Membuat Video Infografis

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PEMBUATAN VIDEO INFOGRAFIS

Untuk mendapakan semua keuntungan dari aplikasi video infografis, ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan. Hal ini bertujuan agar video infografis Anda tidak terkesan ‘asal buat’. Nah, berikut ini adalah aspek penunjang dalam pembuatan infografis.

1. Kesederhanaan

Video infografis biasanya memiliki durasi yang singkat. Itu sebabnya Anda harus mengutamakan unsur kesederhanaan. Tujuannya adalah supaya video infografis dapat dipahami dengan mudah. Kerunutan tetap menjadi hal utama dalam penyajian konten video infografis Anda.

2. Warna

Tak ada salahnya Anda mempelajari psikologi warna. Ada beberapa warna yang dapat ditangkap lebih cepat oleh otak. Warna juga berperan penting dalam menjaga alur atau mood video infografis Anda. Hindari penggunaan warna yang terlalu ramai. Selain mengganggu, hal itu justru membuat video infografis Anda terkesan kurang kekinian.

3. Komposisi

Komposisi atau tata letak material video infografis Anda harus enak dilihat. Biasanya informasi dalam bentuk grafis harus mendapatkan sentuhan khusus agar dapat mudah dipahami dalam waktu yang singkat. Sebab otak cenderung butuh waktu yang lebih lama untuk memproses data visual.

Nah, kini Anda sudah tahu manfaat besar yang bisa didapatkan jika Anda memaksimalkan komunikasi lewat video infografis. Dengan demikian, Anda dapat menerapkannya dalam rangka meningkatkan potensi penjualan maupun publisitas perusahaan Anda.