January 31, 2021

Ketahui Perbedaan Webinar dan Online Meeting Agar Tidak Salah Mempersiapkan Acara

Jangan sampai Anda salah mengartikan dua acara berbeda, yakni webinar seminar dan online meeting.
Event Organizer

Anda pasti tahu, beberapa bulan belakangan ini untuk mengadakan acara besar seperti webinar seminar tidak lagi mudah. Ya, benar sekali, hal tersebut dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang hingga kini masih belum terkondisikan. Namun, hal tersebut bukan berarti Anda tidak bisa mengadakan webinar, ya. Karena teknologi semakin canggih, Anda bisa mengadakannya secara online. Akan tetapi, masih banyak yang salah mengartikan webinar, lho. Bahkan menyamakannya dengan online meeting. Padahal, kedua acara tersebut jelas berbeda, meskipun dilakukan dengan cara yang sama, yakni online. Lantas, apa perbedaan dari kedua acara tersebut? Nah, tepat sekali, karena di halaman ini kita akan membahas perbedaan dari kedua acara tersebut.

Pebedaan Webinar Seminar dan Online Meeting

Dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa kedua acara tersebut merupakan acara yang berbeda. Namun jika tidak dibahas secara rinci, maka kita tidak akan mengetahui perbedaannya secara signifikan. Berikut ini sudah dirangkum secara singkat tentang perbedaan webinar dan online meeting untuk Anda:

1. Webinar

Webinar atau dikenal juga dengan nama seminar web, merupakan sesi informatif yang disiarkan tidak dengan sistem tatap muka secara langsung, melainkan melalui web. Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait subjek atau tema tertentu yang diangkat. Tidak berbeda jauh dengan seminar pada umumnya, webinar ini juga memiliki sistem yang sama namun dilakukan secara online.

Secara sederhana, webinar ini hampir sama dengan video call, akan tetapi yang membedakan adalah acaranya diikuti oleh banyak orang. Nah, selama webinar seminar berlangsung, peserta akan tetap dalam mode mendengarkan. Bagaimana cara melakukan tanya jawab? Caranya adalah dengan mengetik dan mengajukan pertanyaan kepada nara sumber melalui jendela yang dusah disediakan.

Untuk lebih jelasnya, Anda perlu memperhatikan poin berikut ini:

• Seminar online alias webinar dilakukan secara online, bisa dikatakan webinar ini seperti ruang kuliah virtual.

• Hampir sama dengan siaran langsung sosial media, namun lebih terarah.

• Hanya presenter atau MC yang bertanggungjawab atas jalannya seminar, alias berbicara bebas dan menampilkan gambar. Sedangkan para peserta hanya menggunakan chat sebagai media komunikasi.

• Lebih fleksibel karena dapat diikuti di manapun dalam kondisi apapun.

2. Online Meeting

Setelah mengetahui pengertian tentang webinar seminar, maka kita akan beralih membahas online meeting. Bagi yang belum tahu, online meeting merupakan acara yang dilakukan secara online dengan tujuan untuk diskusi dan kolaborasi melalui web. Acara ini juga menghadirkan host dan peserta, namun biasanya mereka masih dalam lingkup tujuan dan kebutuhan yang sama.

Online meeting ini sama halnya dengan rapat pada umumnya, hanya saja pelaksanaannya tidak dilakukan secara tatap muka langsung. Di dalam acara ini, para peserta dapat mengutarakan pendapat, ide, dan apapun yang ingin disampaikan, karena pada dasarnya acara ini ditujukan untuk berdiskusi guna mencapai tujuan tertentu.

Adapun poin-poin yang perlu Anda ketahui tentang online meeting adalah sebagai berikut:

• Online meeting ditujukan untuk pertemuan formal maupun nonformal yang lebih interaktif.

• Biasanya digunakan oleh kelompok kecil. Contohnya saja, rapat dengan atasan ataupun dengan klien.

• Digunakan oleh karyawan dan grub diskusi pada umumnya.

• Semua orang yang mengikutinya dapat berbicara dan juga menampilkan gambar, layaknya video call.

Dari penjelasan di atas, sudah sangat terlihat letak perbedaan di antara kedua acara tersebut. Dari penjelasan di atas juga, kini Anda dapat membedakan kedua acara sehingga bisa mempersiapkan penyelenggaraannya tanpa salah persepsi. Nah, untuk mengadakan acara virtual, Anda bisa mengandalkan event organizer, agar acara lebih terkondisikan.