January 31, 2023

5 Informasi Mengenal Istilah IPO

Initial public offering atau IPO biasa dilakukan perusahaan untuk menjual sahamnya ke publik. Karena itu, setiap orang perlu mengetahui bahwa IPO merupakan kesempatan emas untuk berinvestasi di saham perusahan yang sedang IPO.
Dengan mengetahui visi misi hingga bagaimana keuangan perusahaan tersebut, Anda tidak perlu takut untuk membeli saham dan mengenal istilah IPO saham hingga informasi IPO lainnya.

Pentingnya IPO bagi Perusahaan

IPO singkatan dari initial public offering yang menjadi hal penting bagi setiap pebisnis perusahaan untuk memiliki suku bunga lebih tinggi karena memberi peluang pada investor. Hal ini akan meningkatkan perusahaan jika mereka memiliki pengelolaan keuangan yang baik.
Karena itu, IPO merupakan hal penting bagi perusahaan karena keuntungan dari sisi investor dan perusahaan saling menguntungkan dan dapat berkembang di masa depan.

Istilah IPO yang Perlu Anda Ketahui

IPO memiliki istilah yang harus diketahui orang awam dan investor sebelum memilih IPO saham perusahan. Apa saja istilah IPO tersebut?

1. IPO Go Public

Informasi IPO saham ini merupakan saham yang diperjualbelikan di publik sehingga mereka mengetahui bahwa ada perusahaan yang menjual sahamnya. Proses ini memiliki dampak baik maupun dampak buruk bagi perusahaan yang IPO.
Salah satu manfaat IPO ini adalah perusahaan dapat memiliki dana dari investor tidak terbatas dan baik untuk ekspansi bisnis hingga modal kerja. Pendanaan ini berasal dari publik sehingga dananya tidak terbatas.
Selain itu akses ke perbankan lebih mudah jika melakukan IPO. Hal ini karena perbankan lebih percaya pada perusahaan yang IPO sehingga perusahaan dapat memiliki modal dari bank.
IPO juga memberi manfaat bagi perusahaan. Saham yang dimiliki setiap orang akan mempermudah mereka untuk berbisnis hingga mengambil alih perusahaan.

2. Book Building

Book building merupakan IPO saham penawaran awal di mana harga saham berupa rentang harga sehingga harganya terjangkau. Hal ini membuat publik suka membeli saham sesuai rentang harga tersebut.
Minat dari investor ini menjadi penentuan dasar harga saham yang digunakan oleh underwriter dan emiten. Tingginya minat pada suatu saham, maka saham tersebut akan melambung tinggi harganya.
Masa penawaran seperti ini biasa terjadi hingga 21 hari saja. Untuk itu jika Anda berminat memiliki saham, segeralah beli di rentang hari tersebut karena perusahaan sedang menawarkan harga saham dengan harga terjangkau.

3. Prospektus

IPO saham memiliki prospektus yaitu informasi detail seputar perusahaan dalam menawarkan saham pada investor. Hal ini penting bagi orang awam maupun investor karena prospektus merupakan modal awal investor ingin berinvestasi.
Dengan melihat prospektus, investor akan melihat profil perusahaan, visi misi hingga latar belakang perusahaan sehingga mereka mau berinvestasi jangka panjang. Di sisi lain prospektus akan dirilis sebelum IPO di laman BEI.
Selanjutnya, ada prospektus awal di mana masa ini menawarkan informasi penting untuk segera IPO seperti penawaran awal, perkiraan tanggal efektif dan penawaran nilai jumlah saham.
Kemudian ada prospektus ringkas di mana prospektus ini berisikan informasi seputar saham yang akan IPO agar bisa dianalisis oleh calon investor. Terakhir ada prospektus final di mana prospektus ini dirilis setelah pernyataan pendaftaran oleh Bapepam (badan pengawas pasar modal) disetujui dan bersifat final.

Dengan memperhatikan ketiga hal tersebut, Anda sebagai orang awam maupun investor dapat melihat prospek jangka panjang perusahaan saat IPO. Di sisi lain jika Anda berhasil memiliki saham sejak lama, ada kemungkinan Anda dapat menjadi pemilik perusahaan tersebut.