July 31, 2020

Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Seminar Secara Offline Vs Online

: pilih webinar atau seminar offline ya? Cari tahu dulu kelebihan dan kekurangan keduanya di artikel ini!
Event Organizer

Berbicara mengenai segala hal yang berhubungan dengan offline dan online kini memang selalu menarik. Pasalnya, pola kehidupan masyarakat kini semakin bergeser. Bukan hanya aspek konsumsi dan ekonomi seperti belanja dan mengirim uang, kegiatan seperti seminar kini sudah ramai dilaksanakan secara online yang disebut juga dengan webinar. Seminar offline maupun online tidak bisa dikotak-kotakkan jadi sesuatu yang memberikan dampak baik atau buruk, keduanya pasti punya kelebihan dan kekurangan. Mau tahu apa saja kekurangan dan kelebihan seminar offline vs online? Berikut penjelasan lengkapnya

Kelebihan Seminar Offline

Apa saja kelebihan dari seminar offline?

a. Tidak bergantung pada koneksi internet

Karena seminar berbentuk offline, maka peserta dan pembicara tidak perlu lagi bingung masalah koneksi internet. Peserta cukup mendengarkan pemateri yang sedang berbicara dengan fokus serta mencatat poin-poin apa saja yang penting.

b. Engagement yang kuat antar peserta, atau pembicara

Kelebihan paling menonjol dari seminar offline ialah punya relasi baru dan ada engagement yang kuat antar peserta atau pembicara. Kok bisa? Jelas saja, pertemuan secara tatap muka bisa membuat orang akan lebih intens dan nyaman untuk berkomunikasi, apalagi kalau orang tersebut awalnya tidak saling kenal. Jadi dengan adanya seminar offline, peserta yang hadir pun mampu membangun relasi yang lebih luas.

Ketahui Kelebihan Dan Kekuangan Seminar Secara Offline Vs Online

Kekurangan Seminar Offline

Apa saja kekurangannya?

a. Ada biaya akomodasi

Seminar offline membutuhkan orang untuk bisa berkumpul dalam satu tempat. Jadi dibutuhkan biaya akomodasi seperti tempat dan transportasi. Bisa jadi biayanya akan lebih bengkak dibandingkan seminar online. Untuk mempermudah jalannya acara, tak jarang penyelenggara acara juga menyewa WO untuk mempersiapkan segala sesuatu seperti tempat, fasilitas, dan lainnya.

b. Tidak fleksibel waktu

Seminar offline memang kurang fleksibel dalam hal waktu. Untuk sampai ke tempat seminar tentu perlu persiapan yang cukup memakan banyak waktu. Mulai dari menyiapkan pakaian, menata rambut, dan lain sebagainya.

Kelebihan Webinar

Berikut kelebihan dari seminar online menurut Hanindo.

a. Menghemat biaya

Untuk menjalankan atau ikut serta dalam seminar online, orang tidak perlu memikirkan untuk menyewa tempat atau mengeluarkan biaya transportasi. Dengan ini, biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih hemat.

b. Bisa memutar ulang video

Di samping mencatat materi yang disampaikan oleh pembicara, peserta seminar juga bisa memutar ulang video sepanjang seminar. Jadi saat ada yang terlewat, peserta bisa memutarnya kembali dan melihat bagian mana yang belum dipahami.

c. Fleksibel waktu dan tempat

Di mana pun dan kapan pun, orang tetap bisa ikut serta dan menimba ilmu melalui seminar online. Jadi tidak terikat tempat. Sejauh apapun selama masih ada internet, semua bisa ikut seminar online.

Ketahui Kelebihan Dan Kekuangan Seminar Secara Offline Vs Online

Kekurangan Webinar

Apa saja kekurangannya?

a. Bergantung pada listrik dan koneksi internet

Tidak seperti seminar offline yang diadakan dengan tatap muka, webinar membutuhkan seperangkat alat elektronik, listrik, dan koneksi internet. Kalau salah satu tidak berfungsi dengan baik, seminar tidak akan berlangsung dengan lancar.

b. Kurang ada engagement yang kuat

Karena peserta seminar tidak bertemu secara langsung, maka engagement atau keterikatan dan keterjalinan hubungan yang erat antar peserta dan pembicara juga tidak begitu terasa.

Pembatasan sosial atau pertemuan tatap muka skala besar memang membuat seminar online kini semakin naik daun. Tapi ternyata masih ada yang tertarik dengan seminar offline. Keduanya memang punya kelebihan dan kekurangan seperti yang telah dijelaskan di atas. Nah, untuk membuat acara semakin lancar, Anda bisa juga menggunakan jasa event organizer Jakarta untuk webinar seperti Hanindo. Jadi  Anda juga tidak perlu pusing memikirkan segala macam komponen yang diperlukan untuk seminar.