April 30, 2020

Ketahui 5 Alasan Penting Membuat Laporan Keuangan Bagi Emiten Meski Di Tengah Pandemi

Membuat laporan keuangan merupakan kewajiban yang tetap dilakukukan oleh Emiten di tengah pandemi. Simak 5 alasannya di artikel ini!
Advertising

Tidak hanya di Indonesia, seluruh dunia kini tengah menghadapi pandemi global COVID-19 yang turut memberikan dampak dalam berbagai aspek, yang paling menonjol ialah dalam aspek ekonomi. Banyak perusahaan yang mengalami kerugian karena mobilitas masyarakat tidak seperti biasanya. Kerugian ini juga bisa dialami oleh perusahaan terbuka. Akan tetapi meski di tengah pandemi, perusahaan maupun organisasi tidak boleh lalai dalam membuat iklan laporan keuangan di masa pandemi. Elemen ini penting mengingat bisnis yang dijalankan tentunya melibatkan modal maupun uang yang jumlahnya tidak sedikit. Karena itu, dibutuhkan keuletan dan kehati-hatian dalam pengelolaannya.

5 Alasan Pentingya Laporan Keuangan Bagi Emiten

Mengapa laporan dalam keuangan itu penting?  Simak penjelasannya berikut ini.

1. Memantau perkembangan bisnis

Perkembangan bisnis yang meliputi jumlah modal keluar, jumlah target pasar, dan lainnya perlu diperhatikan dalam pembuatan laporan tahunan. Laporan ini umumnya juga dibagi dalam beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah laporan neraca untuk mengetahui posisi perusahaan Anda saat ini, laporan laba rugi untuk mengetahui jumlah laba dan rugi, dan laporan arus kas untuk mengetahui berapa arus kas.

2. Menganalisa kondisi keuangan secara detail

Adanya laporan keuangan membantu menilik keadaan keuangan dengan keseluruhan. Karena semua aktivitas dan kegiatan perusahaan mulai dari pemasukan, pengeluaran, hingga hutang di tengah pandemi tercatat di dalamnya. Tentunya hal ini bisa memudahkan pekerjaan Anda untuk memantau berjalannya keuangan perusahaan. Dengan melihat kondisi keuangan secara detail, pebisnis akan memiliki pertimbangan dan tolok ukur untuk melakukan segala hal yang berhubungan dengan finansial. Pengusaha bisa lebih berhati-hati untuk mengambil langkah.

Ketahui 5 Alasan Penting Membuat Laporan Keuangan Bagi Emiten Meski Di Tengah Pandemi

3. Memudahkan dalam perhitungan pajak

Laporan tahunan keuangan membantu  pengusaha agar lebih mudah dalam menghitungan pajak perusahaan. Dengan demikian, pelaporan pajak di tengah pandemi bisa tetap berjalan dengan baik. Karena meski sedang terjadi pandemi global, bukan berarti kewajiban pajak negara diabaikan. Negara tetap melakukan kebijakan sebagaimana mestinya. Tidak hanya itu, jika ada pihak yang menyalahi aturan seperti meminta pembayaran pajak dengan jumlah yang tidak seharusnya, Anda tidak akan mudah tertipu karena pajak sudah dihitung dengan baik dan tercatat dalam laporan

4. Sebagai alat ampuh untuk mengambil keputusan

Hasil dari laporan tahunan akan menjadi alat untuk mengambil keputusan di setiap kondisi. Jika kondisi perusahaan Anda saat ini sedang untung, apa yang akan dilakukan  untuk mempertahankan dan meningkatkan performa. Begitu juga sebaliknya, kalau kondisi keuangan menurun karena pandemi, strategi apa yang sebaiknya diambil untuk menanggulangi hal tersebut. Itulah mengapa laporan ini menjadi alat ampuh untuk berpikir dan mengambil langkah selanjutnya.

5. Sebagai informasi bagi manajemen

Adanya laporan tahunan keuangan sangat penting untuk informasi bagai manajemen dan stakeholder terkait seperti investor. Mereka akan membutuhkan laporan ini untuk melihat konsistensi bisnis di tengah pandemi. Apalagi saat ini emiten tidak diharuskan melaporkan keuangan melalui iklan koran, cukup melalui website. Emiten tidak perlu mengeluarkan biaya iklan dua kali dalam satu tahun. Tentunya aturan ini cukup membantu Anda untuk memberikan informasi keuangan.

Adanya pandemi memang membuat beberapa aktivitas menjadi terbatas. Tapi, tidak dengan membuat laporan keuangan. Hal itu tetap wajib dilakukan oleh Emiten, mengingat seluruh komponen dan tindakan perusahaan bergantung pada laporan tersebut. 5 alasan di atas tidak boleh diabaikan dan perlu terus diingat agar pembuatan laporan tahunan keuangan tetap dilakukan sebagaimana mestinya. Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo untuk membuat iklan laporan keuangan di masa pandemi ini.