December 31, 2019

Fungsi Company Profile, Ciri-ciri, dan Tips Dalam Membuatnya

Company profile harus digarap secara serius dengan terlebih dahulu mengetahui fungsi dan ciri-ciri compro yang baik.
Creative Media

Setiap perusahaan idealnya melakukan ragam pengembangan bisnis dengan menggulirkan sejumlah data dan identitas yang spesifik. Terlebih ketika perusahaan ingin menjalin kerja sama dengan pihak lain, maka penting bagi perusahaan untuk membuat company profile (compro) atau profil perusahaan. Ini merupakan semacam dokumen yang disajikan dengan baik untuk menegaskan identitas dan kegiatan perusahaan.  

Penggarapan profil perusahaan harus dilakukan secara serius agar ia bisa berfungsi efektif untuk kemajuan perusahaan. Makanya, Anda harus benar-benar memperhatikan sejumlah kriteria dan tips yang baik agar bisa benar-benar mendapatkan compro yang ideal. Anda bahkan bisa memanfaatkan jasa Creative Media untuk pembuatan company profile terbaik.

Fungsi Company Profile

Sebelum beranjak pada pembahasan teknis seputar cara membuat compro yang baik, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu fungsinya. Setidaknya terdapat tiga fungsi utama company profile. Pertama yakni memberikan informasi seputar kekuatan perusahaan secara lengkap dari segi latar belakang pendirian, sejarah, kegiatan bisnis, prestasi dan informasi "menjual" lainnya.

Kedua, ia berperan sebagai media komunikasi andalan ketika berinteraksi dengan klien, investor, atau rekan bisnis lainnya. tak sekadar berkomunikasi, pada profil perusahaan tersaji sejumlah data penting yang memuat keunggulan perusahaan, tapi disajikan dengan pantas, efektif dan rendah hati.  

Fungsi ketiga yakni menjadi bagian terpenting dari teknik marketing. Makanya, cara membuat company profile harus menarik, atraktif serta kreatif sehingga mengundang rekan bisnis untuk menjalin kerja sama lebih lanjut dengan perusahaan Anda. Makanya, di zaman modern saat ini, pengemasan compro tak hanya sekadar dalam bentuk lembaran, tapi juga bisa dalam bentuk digital dan company profile video.

Ciri-Ciri Company Profile yang Baik

Company profile yang baik setidaknya mengandung sejumlah unsur penting, dimulai dari gambaran umum tentang bisnis perusahaan. Ia bisa dimulai dengan pendahuluan, dilanjutkan dengan latar belakang pendirian perusahaan, visi misi serta jika perlu menampilkan jajaran pimpinan di perusahaan Anda.

Ragam informasi yang disuguhkan haruslah mendukung target perusahaan sehingga membuat investor atau klien tertarik. Anda bahkan bisa menampilkan foto kegiatan, daftar prestasi serta hal apa saja yang dianggap penting dan menarik.

Tapi Anda harus tetap memperhatikan rangkaian kata dan pengemasannya, sehingga kontennya tetap ringkas dan padat serta tidak bertele-tele. Jangan lupa untuk mencantumkan kontak perusahaan sehingga jalinan kerja sama berpotensi berlangsung secara berkelanjutan.

Sebagai alat pencitraan andalan, perhatikan pula aspek visual dari compro Anda. Misalnya, Anda perlu memperhatikan layout, pemilihan warna dan font, bahan kertas yang digunakan (jika dicetak) dan aspek lainnya. Jangan ragu untuk bekerja sama dengan Creative Media terpercaya sehingga Anda benar-benar memiliki company profile yang cocok untuk promosi bisnis jangka panjang.  

Fungsi Company Profile, Ciri-ciri, dan Tips Dalam Membuatnya

Tips Membuat Company Profile

Berikut ini sejumlah tips yang bisa Anda pakai untuk membuat Company Profile yang baik:

1. Memperhatikan sejumlah hal dasar yang telah kami bahas pada poin 2. Misalnya, Anda mesti benar-benar memperhatikan keefektifan bahasa, penyajian informasi secara lengkap, padat dan ringkas, serta dikolaborasikan dengan tampilan yang kreatif dan atraktif.

2. Deskripsikanlah perusahaan Anda dari segi usaha dan target market yang sesuai dengan kepentingan klien dan investor. Compro Anda harus bisa membuat rekan bisnis merasa terdukung, sehingga mereka tertarik menjalin kerja sama.

3. Pastikan company profile Anda memuat data-data lengkap seperti layanan produk, gambaran target dan visi misi, kontak perusahaan dan hal lain yang efektif membangkitkan kepercayaan klien.

4. Perhatikan elemen visual dari segi layout dan desain grafis. Visual yang atraktif akan membuat rekan bisnis mau menyimak company profile Anda dengan baik.

Demikianlah informasi seputar fungsi, ciri-ciri, serta tips membuat Company Profile. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk membuat profil perusahaan yang baik dan lebih bagus. Anda bisa bekerjasama dengan jasa creative media service dari Hanindo. Hanindo akan siap membantu Anda untuk membuat company profile baik cetak maupun video company profile.