August 31, 2019

Cari Tahu Tips Memilih Biro Iklan yang Profesional

Tips Memilih Biro Iklan Profesional dan Terbaik untuk Perusahaan
Advertising

Memilih biro iklan yang profesional menjadi bagian penting dalam proses marketing sebuah produk dalam perusahaan. Sebab iklan inilah nantinya yang akan memberi kejutan terhadap hasil penjualan. Anda perlu tips memilih biro iklan profesional sebagai panduan awal sebelum membuat sebuah iklan melalui jasa yang ada.

Kegagalan memilih biro iklan profesional pernah dialami perusahaan raksasa sekelas McDonald's Corp. Kampanye iklan perusahaan tersebut dinilai gagal karena tidak adanya penjelasan diskon harga pada iklan yang dibuat, padahal tujuan utama pembuatan iklan tersebut untuk mempromosikan diskon harga.

Memilih sebuah agency iklan memang bukan perkara mudah, sebab faktanya perusahaan produsen sedang mempertaruhkan nasibnya melalui iklan tersebut. Ada perusahaan yang menyerahkan begitu saja kampanye iklannya pada pihak agency dan ada juga perusahaan yang melihat branding sebuah perusahaan iklan.

Apakah agency iklan ternama sudah pasti sesuai untuk perusahaan Anda? Jawabannya belum tentu. Ada hal-hal penting yang perlu Anda ketahui seputar bagaimana memilih biro iklan terbaik untuk perusahaan Anda.

Tips Memilih Biro Iklan Profesional dan Terbaik untuk Perusahaan

Bagaimana agar biro iklan yang Anda pilih bekerja profesional menghasilkan iklan terbaik untuk perusahaan? Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Pembentukan Tim Internal Perusahaan

Sebelum menentukan biro iklan mana yang akan dipilih, perusahaan Anda perlu menyiapkan tim yang memahami arah bisnis perusahaan. Tim ini perlu mempersiapkan brief visi misi perusahaan, bisnis dan marketing plan perusahaan, serta menentukan budget komunikasi dan iklan yang dibutuhkan.

Orang-orang inilah yang akan siap berkomunikasi dengan pihak biro iklan agar lebih memudahkan pemahaman maksud dan tujuan yang diinginkan perusahaan.

2. Biro Iklan Paham dengan Bisnis dan Perusahaan Anda

Bila perusahaan Anda bergerak di bidang teknologi, maka biro iklan yang dipilih harus memahami bidang tersebut. Bisa dilihat dari portofolio iklan yang pernah dibuat.

Biro iklan profesional akan mampu memindahkan bahasa teknologi menjadi bahasa konsumen. Kemampuan memahami teknologi yang dimiliki harus sama dengan kemampuan komunikasi.

3. Memiliki Leader yang Kuat

Ciri biro iklan profesional biasanya memiliki sosok leader yang kuat. Kekuatan leader akan mencerminkan kualitas tim yang ada. Ini menjadi pertimbangan utama sebelum Anda memutuskan sebuah biro iklan untuk perusahaan. Sejak pertama kali bertemu, Anda akan bisa membuat penilaian kuat atau tidaknya leader biro iklan tersebut.

4. Sumber Daya Tim yang Kuat

Bagaimana sebuah biro iklan dapat bekerja sesuai dengan plan yang ada tentunya harus didukung sumber daya tim yang kuat. Bukan hanya manusia, termasuk perlengkapan teknologi yang dimiliki, segala bentuk pelayanan yang dibutuhkan dalam proses produksi iklan juga penting diperhatikan.

Tim yang kuat akan bisa bekerja dalam waktu-waktu dan target yang sulit. Bekerja sesuai target, rencana dan anggaran yang tersedia.

5. Sensitif dan Kreatif

Sebuah konten iklan di era revolusi industri 4.0 tak cukup hanya dengan gaya monoton, begitu-begitu saja. Diperlukan konten-konten kreatif yang lebih disukai konsumen. Apalagi jika Anda hendak memproduksi iklan konten digital. Jelas Anda butuh tim dari biro iklan yang kreatif dan sensitif dengan kualitas yang buruk.

Tim yang kreatif tidak akan nyaman menghasilkan produk dengan kualitas yang buruk. Mereka akan memperbaikinya hingga diperolah hasil yang lebih maksimal.

Kreativitas itu mahal, maka nilainya menjadi bagian dari profesionalitas kerja sebuah biro iklan. Tim yang kreatif dapat bekerja dengan enjoy dan hasilnya pun akan maksimal dan memuaskan.

6. Endorsement Pihak Ketiga

Soal endorsement bisa juga jadi pertimbangan Anda sebelum memilih jasa iklan, tetapi ini tentu tidak jaminan. Sebab baik bagi perusahaan X belum tentu sesuai untuk perusahaan Anda. Tetapi sebagai pertimbangan kecil bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Hal yang bisa Anda nilai dari endorsement pihak ketiga di antaranya soal harga, kualitas pelayanan apakah terpercaya atau tidak, pola komunikasi yang dilakukan dan sebagainya. Soal produk iklan cukup relatif, tidak bisa dijadikan standar referensi sebagai pilihan terbaik.

7. Biro Iklan Baru

Biro iklan yang masih baru pun sangat mungkin bekerja profesional jika didukung tim, leader dan sumber daya yang baik. Namun, hal yang harus Anda pastikan adalah leader dari biro tersebut memahami bidangnya dengan baik.

Kredibilitas menjadi hal yang harus Anda lihat. Jangan sampai Anda memilih orang-orang yang oportunis, tidak memahami apa yang menjadi pekerjaannya dan hanya berorientasi pada laba dan keuntungan.

8. Chemistry dengan Tim Biro Iklan

Iklan merupakan produk kreatif. Jika Anda ingin menghasilkan sebuah iklan yang berkualitas dan memiliki efektivitas yang baik bagi marketing perusahaan, memiliki hubungan chemistry yang baik dengan biro iklan yang dipilih menjadi hal penting.

Bila terbangun hubungan yang baik maka komunikasi akan lebih lancar. Bila ada hal-hal yang dirasa kurang cocok dapat disampaikan dengan baik dan dapat direspon sesuai keinginan.

Biro iklan profesional akan lebih mudah menyesuaikan banyak hal dengan perusahaan. Mulai dari komunikasi, interaksi serta cara kerja terbaik yang kita harapkan.

9. Biaya yang Masuk Akal

Membuat sebuah produk iklan memang relatif dalam hal anggaran. Tergantung budget komunikasi perusahaan. Namun, Anda bisa melihat bagaimana sebuah biro iklan dalam menawarkan harga, apakah masuk akal dengan kualitasnya atau tidak.

Untuk hal tersebut tentu Anda butuh perbandingan. Mengundang beberapa biro iklan maksimal 4 biro untuk membantu Anda membuat perbandingan. Produk paling bagus dengan biaya paling masuk akal bisa Anda jadikan pilihan.

Apakah biaya biro iklan profesional terlalu mahal? Sekali lagi ini perlu dibandingkan dengan kualitas produknya.

10. Iklan Digital

Perkembangan internet yang begitu cepat menuntut perusahaan-perusahaan saat ini hadir dengan tayangan iklan-iklan digital. Memilih biro iklan digital profesional bisa dilihat langsung dari hasil portofolio produknya.

Namun, komunikasi dengan perusahaan secara langsung menjadi penting. Jangan hanya mengandalkan komunikasi online, bertemu langsung dengan pihak biro iklan jauh lebih baik.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan kerjasama yang merugikan. Terutama bagi Anda pihak perusahaan yang mengeluarkan uang, cara ini menghindarkan dari resiko penipuan.

Tips Memilih Biro Iklan Profesional

Beberapa panduan di atas dapat membantu Anda menemukan biro iklan terbaik yang paling mengerti kondisi dan kebutuhan perusahaan. Mengundang banyak biro iklan tak selamanya menjadi cara terbaik untuk menentukan biro yang profesional, tetapi bagaimana Anda melakukan analisa lebih dulu terhadap biro terbaik yang akan Anda undang.

Bila pada presentasi awal Anda sudah merasa tertarik dengan sajian yang diberikan pihak biro, jangan ragu untuk bekerja lebih lanjut dengan biro tersebut tanpa mengabaikan beberapa tips penting di atas. Sesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan perusahaan.

Cari tahu lebih banyak informasi terkait biro iklan yang akan Anda undang. Pastikan memang yang kriterianya paling dekat dengan kebutuhan perusahaan. Tips memilih biro iklan profesional di atas bisa jadi referensi untuk perusahaan kecil atau perusahaan besar. Sebab pada dasarnya kita memilih biro yang sesuai dengan skala perusahaan yang kita miliki. Sebagai penyedia jasa biro iklan di Jakarta, Hanindo akan membantu Anda dalam memenuhi keinginan Anda. Hanindo telah dipercaya banyak perusahaan sebagai biro iklan terbaik dan professional di Jakarta.