July 14, 2023

Marketing 4.0: Apa yang Harus Anda Ketahui Tentang Bisnis Digital Marketing?

Seiring dengan kemajuan teknologi, cara memasarkan produk maupun jasa juga turut mengalami perkembangan. Sebut saja salah satunya seperti marketing _4.0** **yang menawarkan pendekatan pemasaran yang memadukan interaksi _online dan offline _yang saat ini tengah populer di seluruh dunia.
Anda pemilik perusahaan yang berencana _go digital
? Agar perusahaan Anda bisa merespon kemajuan modernisasi pemasaran saat ini, kenali terlebih dahulu apa itu _digital marketing _lebih dalam. Nah, di sini kami akan coba menjelaskannya secara detail untuk Anda.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing _atau pemasaran _digital _adalah konsep pemasaran yang menggunakan media _digital _dan internet. Contoh sederhananya seperti memasarkan produk melalui toko _online _atau _website landing page.
Konsep pemasaran tersebut mampu membantu mendongkrak penjualan produk dari suatu perusahaan. Dengan begitu, perusahaan yang Anda kembangkan saat ini berpotensi menjadi profitable.

Kelebihan Digital Marketing

Hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah kelebihan atau keuntungannya agar Anda semakin yakin untuk menggunakan konsep ini. Berikut sejumlah kelebihan dari pemasaran_ digital marketing_.

1. Penyebaran Informasi Lebih Cepat

Anda bisa menyebarkan informasi produk atau jasa secara cepat melalui media online. Proses penyebaran informasi juga mudah. Penyebaran informasi yang diterima oleh audiens tergolong sangat cepat bahkan hanya dalam hitungan detik saja.

2. Mudah Saat Proses Evaluasi

Ketika Anda menggunakan media online, proses pemasaran bisa langsung Anda ketahui dengan mudah. Contohnya seperti informasi berapa lama produk atau jasa Anda ditonton oleh audiens. Selain itu juga bisa melihat persentase konversi penjualan dari setiap iklan, dan masih banyak lainnya.

3. Jangkauan Pemasaran lebih Luas

Proses pemasaran lebih luas jika Anda bandingkan dengan pemasaran konvensional. Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens dari berbagai daerah. Dengan begitu, produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa ditawarkan ke banyak orang.

4. Pemasaran dan Promosi Terjangkau

Proses pemasaran dan promosi _online _lebih terjangkau jika Anda bandingkan dengan biaya pemasaran dengan cara tradisional. Bahkan Anda bisa menghemat hingga 40 persen dibandingkan model pemasaran konvensional.

5. Membangun Nama _Brand _Menjadi Lebih Besar

Proses _branding _maupun promosi bisa langsung berefek positif pada _brand _Anda. Cara ini juga menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengembangkan perusahaan agar nama _brand _Anda dikenal luas.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Ada beberapa platform _atau media yang bisa Anda gunakan untuk pemasaran maupun promosi _digital. Berikut adalah jenis-jenisnya:

1. Website

Media yang ada pada urutan yang pertama ini merupakan jenis pemasaran yang memiliki peran penting untuk meningkatkan profesionalisme perusahaan. Selain itu juga membantu audiens mengenal bisnis, produk atau jasa yang Anda pasarkan.

2. Search Engine Marketing

Jenis pemasaran ini membantu _website _perusahaan yang Anda miliki agar mudah ditemukan di mesin pencari. Contohnya yaitu seperti SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing).

3. Social Media Marketing

_Social media _saat ini bisa Anda manfaatkan sebagai _platform _untuk pemasaran. Media ini cocok sekali untuk Anda yang punya biaya minim namun tetap _powerful _sebagai media pemasaran.

4. Pengiklanan Online

_Online advertising _atau pengiklanan _online _bisa membantu Anda untuk mendapatkan konsumen lebih cepat dan lebih banyak. Biaya pengiklanan _online _juga tergolong lebih terjangkau namun tetap efektif.
Itulah serba-serbi tentang _digital marketing _yang harus Anda ketahui agar bisa merespon kemajuan _marketing _4.0** **yang saat ini sedang populer. Anda juga bisa bekerja sama dengan Hanindo Communication yang menyediakan layanan _digital marketing _yang andal dan profesional. Cek laman ini untuk info lengkapnya.