July 31, 2020

Cari Tahu Cara Memilih Topik Seminar & Webinar Yang Lagi Trending

Cari tahu informasi memilih topik webinar yang sesuai tren di 2020.
Event Organizer

Di masa pandemik saat ini pengadaan seminar digital merupakan salah satu solusi jitu yang digunakan oleh berbagai instansi pendidikan, maupun event organizer Jakarta untuk webinar, untuk tetap bisa terhubung dengan audiensnya. Web seminar merupakan sebuah acara yang diselenggarakan secara virtual, dengan mengambil tema-tema tertentu, yang bertujuan untuk mengumpulkan masa dan menjaga keterhubungan selama masa physical distancing saat ini. Salah satu aspek yang sangat penting dalam pelaksanaannya adalah pemilhan topik, yang harus sesuai dan menarik, sehingga audiens bisa betah untuk mengikuti dari awal hingga akhir. Dan tentu saja, tidak akan merasa kapok untuk mengikuti lagi jika terdapat acara yang sama. Pada artikel ini akan dibahas mengenai kiat-kiat untuk menentukan topik terbaik untuk web seminar anda.

Bagaimana Cara Memilih Topic Webinar yang Menarik?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, untuk membantu memilih topik web seminar yang unik dan sesuai dengan tren. Simak ulasan dari Hanindo berikut ini.

1. Menentukan lingkup tema

Langkah pertama yang dilakukan untuk menemukan topik web seminar yang menarik adalah dengan menentukan terlebih dahulu topic apa saja yang inggin dibahas. Ada banyak jenis topic yang bisa diangkat, dari berbagai sector. Tugas pertama anda adalah memberikan batasan, atau memilih beberapa topik yang sekiranya ingin didalami, dan didiskusikan dengan para udiens. Pembatasan topik ini akan sangat membantu anda untuk melakukan pemilihan topik dengan lebih terperinci. Jika topik yang diambil terlalu luas, dikhawatirkan anda tak akan bisa fokus menentukan mana yang terbaik, dan menghabiskan banyak waktu dalam memilah dan memilih topik yang ada.

Cari Tahu Cara Memilih Topik Seminar & Webinar Yang Lagi Trending

2. Lakukan riset terkait topik

Langkah kedua adalah melakukan riset terkait dengan topk-topik yang sudah dipilih tadi. Riset ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana penerimaan audiens terhadap tema tersebut. Ini sangat berguna untuk menjaga bahasan webinar anda tetap dalam koridor trend. Pelaksanaan riset bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan membagi dengan berdasarkan platform media sosial yang ada. Anda bisa melakukan pengecekan masing-maisng di Instagram maupun Facebook, juga Twitter dan Youtube, untuk mendapatkan materi-materi webinar yang terselenggara.

3. Sesuaikan dengan sasaran

Setelah melakukan pemilihan jenis topik, lalu melakukan riset untuk menyesuaikan dengan tren yang tengah berlangsung, tahapan selanjutnya adalah menyesuaikan bahasan dengan audiens yang dijadikan sasaran. Anda harus melhat dengan jeli kesesuaian antara audiens dengan tema yang ada. Klasifikasi audiens ini bisa dilakukan dengan melakukan pembagian bedasarkan beberapa hal, yang pertama adalah berdasarkan umur, kemudian berdasarkan gender, selanjutnya berdasarkan standar ekonomi dan sosial, lalu bisa juga berdasarkan latar belakang pendidikan, ada juga yang menggunakan latar belakang hobi dan kesukaan, dan yang terakhir berdasarkan letak geografis, atau kesamaan lokasi tempat tinggal. Dengan melakukan klasifikasi ini, anda bisa lebih mudah membagi tema yang ada, dengan jenis audiens yang akan dijadikan sasaran web seminar. Hal ini akan meminimalisir ketidaksesuaian topik dengan kebutuhan atau minat audiens.

Menentukan topik web seminar memang bukanlah perkara gampang, baik itu untuk keperluan EO ataupun lainnya. Terlebih lagi jika harus mencocokkan dengan audiens dan tren yang tengah berkembang. Karena itulah perlu dilakukannya riset dan klasifikasi audiens, untuk memudahkan melakukan pembagian dan penentuan tema yang lebih tepat dan sesuai. Nah, Itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk menemukan topik web seminar yang sesuai dengan trend dan kebutuhan audiens. Semoga membantu!