May 11, 2020

Cari Tahu Cara Membuat Company Profile yang Berkesan di 2020

Perusahaan Anda membutuhkan company profile?
Creative Media

Saat menyusun laporan tahunan atau annual report, pastikan laporan tersebut disusun dengan teliti, agar bisa diketahui dengan jelas perkembangan perusahaan dari waktu ke waktu seperti apa. Jika hasil laporannya memuaskan, maka bisa menjadi materi atau pokok pembahasan saat menyusun company profile atau profil perusahaan. Company profile yang juga sering disingkat dengan istilah comprof merupakan satu hal terpenting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sebab, comprof ini akan menyempurnakan kegiatan promosi perusahaan. Berbekal comprof yang berkesan maka perusahaan akan lebih mudah untuk menarik minat konsumen. Nah, sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara membuat comprof yang berkesan di 2020? Bila Anda masih bingung, yuk pahami penjelasan caranya di bawah ini.

Cara Membuat Company Profile yang Berkesan di 2020

Agar bisa membuat comprof yang berkesan dan tepat untuk mendukung kegiatan promosi, perusahaan pada umumnya menggunakan jasa creative agency Jakarta terpercaya. Namun, hasilnya tentu akan lebih menarik dan berkesan jika Anda buat sendiri. Tak perlu bingung bagi yang belum tahu cara membuat comprof. Berikut ini penjelasan beberapa cara yang tepat.

1. Dibuat Singkat, Padat dan Jelas

Comprof dibuat untuk memperkenalkan perusahaan dan menjelaskan perusahaan secara detail namun tidak bertele-tele. Umumnya perusahaan akan menyusun comprof dalam 4- halaman. Sehingga isi dari comprof ini sebaiknya singkat, padat, dan juga jelas tanpa unsur berbelit-belit dan membingungkan di dalamnya.

2. Sebaiknya Langsung ke Pokok Pembahasan

Tujuan dari pembuatan comprof ini adalah untuk menjelaskan perusahaan secara detail namun tidak bertele-tele. Sehingga siapa saja yang membacanya bisa langsung menangkap dan menyimpulkan apakah perusahaan Anda menarik dan bermasa depan cerah atau sebaliknya. Oleh sebab itu, dalam membuat comprof yang baik pastikan isinya langsung ke pokok pembahasan, yakni fokus ke perusahaan yang dimiliki. Supaya pembaca pun fokus ke titik tersebut bukan ke hal lain.

3. Selalu Menggunakan Data Akurat

Karena ingin menarik konsumen tak jarang informasi yang menjafi isi comprof dibuat secara berlebihan dan tak sesuai fakta. Langkah ini keliru, sebab comprof akan menjadi pegangan pihak internal menilai perusahaan. Maka penting untuk menyampaikan informasi apapun di dalamnya dengan memakai data yang akurat. Lampirkan atau masukan hasil penyusunan annual report perusahaan di dalamnya sebagai bukti bila perlu.

Cari Tahu Cara Membuat Company Profile yang Berkesan di 2020

Bagaimana Isi dari Company Profile?

Agar comprof yang dibuat juga kaya informasi dan mampu meyakinkan publik yang berpotensi menjadi investor. Maka isi dari comprof ini sebaiknya mengandung beberapa poin berikut :

Mengandung unsur sejarah perusahaan, yakni menyampaikan secara singkat mengenai sejarah berdirinya perusahaan yang bersangkutan.

Menyampaikan visi dan misi, bertujuan untuk memberitahu masyarakat tentang dedikasi perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.

Terdapat struktur organisasi perusahaan, supaya pembaca comprof bisa melihat dan mengetahui siapa saja yang mengelola perusahaan yang bersangkutan.

Berisi data keuangan, memasukan unsur annual report menjadi penting disini untuk memberi informasi kepada publik mengenai kondisi keuangan perusahaan.

Cantumkan kontak perusahaan, jenis kontak yang bisa dicantumkan bisa berupa nomor telepon kantor, nomor marketing, alamat email, dan lain sebagainya untuk memudahkan pelanggan menghubungi perusahaan.

Prestasi, cantumkan pula prestasi yang sudah diraih perusahaan dan berbagai penghargaan yang sudah didapatkan supaya lebih mudah meyakinkan publik dan membangun reputasi yang positif.

Menyebutkan rencana jangka panjang dan pendek perusahaan, poin ini juga perlu dicantumkan di dalam comprof dan bisa berupa rencana perusahaan dalam melakukan ekspansi.

Teliti dan bijak dalam membuat comprof akan memberi dampak signifikan bagi masa depan perusahaan. Jadi, jangan asal-asalan dalam membuatnya. Jika hasil comprof berkesan maka bisa lebih mudah mendapatkan investor maupun pelanggan. Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo pastinya untuk membuat company profile yang berkesan di 2020 ini.