May 30, 2020

7 Langkah Yang Harus Anda Perhatikan Agar Product Launching Sukses

Melakukan product launching memang bisa dengan mudah menggunakan jasa EO Jakarta.
Event Organizer

Memiliki produk sendiri adalah hal yang sangat membanggakan. Baik itu makanan, buku, dan hal lain yang tergolong ke dalam sebuah produk. Manakala produk sudah siap dijual, tentunya harus ada sebuah momen spesial seperti product launching, agar produk tersebut semakin dikenal di masyarakat.

Tips Sukses Menggelar Product Launching

Agar momen peluncuran tersebut berjalan lancar dan tepat sasaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Setidaknya ada 7 poin penting yang mempengaruhi sukses atau tidaknya pergelaran peluncuran Anda, seperti berikut ini:

1. Perencanaan

Rencanakan dengan matang momen peluncuran Anda. Tak ada salahnya mencuri start dengan memberikan kisi-kisi peluncuran produk melalui media sosial Anda. Dengan demikian, publik akan menantikan momen peluncuran produk tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan seperti membuat video pra-peluncuran. Unggah video tersebut di media sosial atau kanal video yang khusus disiapkan untuk produk Anda. Pada fase perencanaan ini pun, tak ada salahnya membayar beberapa selebgram untuk dijadikan tester untuk produk Anda. Manfaatkan pula lingkunan teman-teman terdekat untuk menjadi basis penggemar awal. Tak bisa disanggah bahwa teknik marketing mulut ke mulut masih menjadi cara paling ampuh dalam memperkenalkan produk.

2. Latihan

Dalam prosesi peluncuran, tentu saja Anda sebagai pemilik produk harus mempresentasikan produk Anda. Perdalam pemahaman tentang produk, sehingga Anda lancar ketika membawakannya dalam presentasi produk.

3. Cara Peluncuran

Dewasa ini, melakukan peluncuran produk sangatlah mudah. Anda bisa memilih cara offline yang konvensional atau peluncuran secara digital untuk menghemat budget Anda. Keduanya memiliki tantangan dan keunggulan masing-masing. Dikembalikan lagi pada kebutuhan Anda. Bagi Anda yang berada di Jakarta, bisa memilih untuk menggunakan jasa EO Jakarta seperti Hanindo untuk menggelar momen spesial tersebut, baik secara online maupun offline. Jika memilih peluncuran secara offline, tentu ada budget besar untuk membayar tempat. Sedangkan jika dilakukan secara online, perhatikan audiensnya. Lebih tepat jika melakukan siaran live dari akun media sosial yang sudah disiapkan untuk produk Anda.

7 Langkah Yang Harus Anda Perhatikan Agar Product Launching Sukses

4. Waktu

Pemilihan waktu adalah hal yang paling utama. Dan hal ini tentu dikaitkan dengan produk yang Anda miliki. Misalnya, Anda memiliki produk berupa buku. Luncurkan buku Anda pada waktu yang tepat, misalnya pada bulan Bahasa Indonesia. Karena pada momen itu, hasrat masyarakat terhadap karya literasi biasanya sedang memuncak.

5. Tempat

Nah, jika Anda memilih melakukan product launching secara offline, perlu diperhatikan pula tempatnya. Apakah representatif dan terkait dengan produk Anda atau tidak. Misalnya, banyak EO Jakarta yang mengadakan festival kuliner. Nah, tempat tersebut sangat tepat untuk meluncurkan produk masakan atau makanan Anda.

6. Manfaatkan Figur Publik

Anda bisa menggunakan seseorang untuk dijadikan dutaproduk. Tak perlu didebatkan bahwa menggunakan tokoh atau artis terkemuka dapatmenjadi kunci suksesnya momen peluncuran produk Anda. Sebab, tokoh atau artistersebut tentu sudah memiliki basis penggemar yang settle. Hal itu dapat dimanfaatkan guna meramaikan prosesipeluncuran Anda. Kelemahannya, tentu ada pada budget ekstra untuk honor siartis tersebut.

7. Kontinyu

Ada pepatah mengatakan, Paris tak dibangun dalam semalam. Bahkan Borobudur pun tak bisa selesai dalam semalam. Nah, maksudnya adalah Anda perlu menjaga momentum untuk kesuksesan peluncuran produk Anda. Langkah-langkah yang diuraikan di atas, perlu dilakukan secara bertahap, dalam waktu yang berdekatan. Jangan sampai Anda menyebarkan video pre-launch, namun melakukan peluncurannya setahun kemudian. Sebab, jika itu yang terjadi jelas Anda sudah kehilangan momentum dan selera pelanggan.

Nah, demikian tadi, 7 tips agar momen penyelenggaraan product launching Anda berjalan sukses. Setelah sukses meluncurkan produk, maka Anda tinggal menjaga hubungan dengan para pelanggan. Selamat meraih sukses!