November 1, 2020

5 Tips yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menarik Perhatian Peserta Ikut Dalam Seminar Online (Webinar)

Ikutilah 5 Tips Untuk Menarik Perhatian Peserta Ikut Seminar Online berikut!
Event Organizer

Hampir semua aktivitas yang biasa dilakukan dengan tatap muka kini beralih menjadi daring. Termasuk di antaranya ialah sistem penyampaian informasi yang biasa dihadiri banyak orang melalui seminar. Namun kini hal itu bergeser menjadi webinar. Namun, pertanyaannya seberapa besar peserta mau mengikuti seminar tersebut? Seperti yang kita tahu, jumlah peserta turut menentukan keberhasilan dari seminar yang diadakan. Nah, agar peserta tertarik ikut seminar Anda, berikut diuraiakan beberapa tips dari Hanindo bagaimana untuk menarik peserta.

5 Tips Untuk Menarik Perhatian Peserta Ikut Seminar Online

Menarik perhatian peserta untuk mengikuti seminar bukanlah hal yang mudah. Apalagi sifatnya yang berbayar, mereka akan berbikir ulang untuk mengikutinya. Namun jangan khawatir, Anda dapat mengikuti tips berikut agar peserta tertarik mengikuti webinar yang Anda selenggarakan.

1. Menentukan siapa pesertanya

Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan, yaitu mengetahui latar belakang profesi atau kesibukan calon peserta. Sehingga tema dari seminar Anda tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan profesi mereka. Apakah sasarannya itu dokter, guru, wiraswasta, pengusaha, atau pedagang. Mereka biasanya mengikuti seminar jika berkaitan dengan profesi yang sedang mereka geluti. Sebagai bahan perkembangan atau peningkatan kinerja, dapat juga sebagai peningkatan penjualan atau pengembangan usaha. Nah, Anda harus bisa membaca kondisi, informasi apa yang sedang mereka butuhkan.

2. Hadirkan narasumber terbaik

Narasumber adalah inti dari sebuah seminar online yang menjadi alasan peserta mau mengikuti seminar yang Anda selenggarakan. Untuk itu, cari narasumber yang benar-benar kompeten dibidangnya. Cantumkan latar belakang narasumber di Landing Page, brosur, atau iklan. Tentunya narasumber ini berkaitan dengan tarif, biasanya narasumber yang jam terbangnya tinggi memiliki tarif mahal. Anda harus pintar menyiasatinya, kalau profesi tertentu biasanya tidak masalah soal harga tapi beberapa profesi akan berpikir ulang. Untuk itu cari narasumber yang sesuai kapasitas peserta.

5 Tips yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menarik Perhatian Peserta Ikut Dalam Seminar Online (Webinar)

3. Cantumkan reward

Cantumkan pula dalam iklan atau brosur bahwa seminar Anda memiliki reward. Beberapa reward bisa Anda berikan kepada peserta yang mau mengikuti, seperti sertifikat untuk angka kredit kenaikan golongan, sertifikat untuk kenaikan pangkat, atau cinderamata seperti buku dan alat tulis. Anda dapat bekerja sama dengan beberapa stakeholder pemerintahan atau perusahaan agar nama lembaga atau perusahaan tercantum di sertifikat. Jika sasarannya ialah wiraswasta atau pedagang, Anda bisa bekerja sama dengan produsen atau penyedia layanan jasa yang dapat membantu peserta.

4. Jadwal yang tepat

Peserta biasanya enggan ikut karena kesibukan pokoknya. Apalagi jika bentrok dengan jadwal kerja mereka. Untuk itu, penting bagi Anda menyesuaikan jadwal seminar dengan kesibukan mereka. Tentu saja bukan hal yang mudah, karena keberagaman kesibukan. Pastikan jadwal seminar yang sekiranya peserta sedang senggang. Anda dapat menentukan jadwal di hari lbur pagi atau sore. Biasanya di waktu tersebut peserta tidak memiliki aktivitas yang sibuk.

5. Tarif yang terjangkau

Tarif yang terjangkau menjadi magnet utama agar peserta mau mengikuti seminar. Apalagi jika gratis, pasti lebih banyak lagi yang mengikuti. Namun, sekiranya harus bertarif maka tetapkanlah tarif yang benar-benar terjangkau oleh peserta. Sangat mudah jika target peserta itu memiliki kekuatan finansial yang mempuni. Anda menentukan tarif tinggi pun bukan masalah bagi mereka, yang penting seminar Anda sesuai kebutuhan mereka dan berkualitas.

Itulah 5 trik yang bisa Anda jadikan referensi dalam menyelenggarakan webinar. Tentunya Anda memerlukan tim agar seminar berjalan sukses dan diikuti banyak peserta. Lakukan promosi yang intens dan jalin kerja sama dengan pihak lain agar peserta semakin banyak yang ikut.