May 31, 2023

5 Fungsi RUPS untuk Perusahaan Baru di 2023

RUPS memiliki kepentingan saat pemegang saham membutuhkan kepastian kepada manajemen perusahaan terkait saham mereka.
Event Organizer

RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) berguna untuk mengetahui cara bisnis, laporan keuangan serta masalah perusahaan yang muncul. Karena itu, RUPS sendiri merupakan perseroan terbatas yang memiliki kewenangan.

Sehingga, kekuasaan RUPS dalam strata tersebut lebih tinggi dibanding komisaris maupun direksi. Maka dari itu, RUPS saham perlu diadakan perusahaan baru untuk memperlihatkan laporan keuangan serta masalah yang ada.

Fungsi RUPS untuk Perusahaan Baru

Tujuan RUPS diadakan adalah berkumpulnya para pemegang saham serta manajemen dalam melaporkan kegiatan perusahaan. Lalu apa fungsi RUPS tersebut?

1. Mengubah Anggaran Dasar

RUPS dapat merubah anggaran dasar untuk perusahaan baru karena menyesuaikan perkembangan perusahaan karena mengalami perubahan yang signifikan. Seperti perusahaan yang ingin mengeluarkan saham tambahan dan restrukturisasi.

Hal ini juga penting dalam mempengaruhi kepentingan pemegang saham. RUPS dapat memastikan pemegang saham memiliki kesempatan dalam memberi persetujuan maupun penolakan terhadap perubahan melalui hak suara.

Di sisi lain, menyesuaikan struktur perusahaan berguna dalam pembagian dividen dan hak-hak pemegang saham. Rapat umum pemegang saham berkesempatan dalam menyetujui dan membahas hal tersebut.

2. Membubarkan Perseroan

RUPS memiliki situasi di mana dapat membubarkan perseroan karena adanya situasi mendesak dan perlu pembubaran. Alasannya adalah keputusan strategi karena keputusan tersebut dipengaruhi oleh kebijakan operasional.

Pembubaran tersebut juga dipengaruhi oleh kepentingan saham. Maka tidak heran jika pemegang saham memiliki hak untuk memberi persetujuan atau penolakan terhadap pembubaran maupun evaluasi terhadap investasi mereka kepada perusahaan.

Kemudian, pembubaran perusahaan juga dikaitkan dengan akuntansi dan hukum yang kompleks. Penyelesaiannya adalah pembubaran perusahaan meski perlu diberi kesempatan untuk manajemen dan ahli.

3. Transparansi Keuangan

Saat RUPS tahunan, perusahaan memerlukan transparansi keuangan untuk membangun kepercayaan dengan pemangku kepentingan seperti mitra bisnis dan investor. Transparansi tersebut memperlihatkan kinerja keuangan secara akurat dan jujur.

Dengan memberi informasi tersebut, investor akan tertarik dengan profesionalisme dan integritas perusahaan tersebut. Laporan keuangan yang komprehensif dan transparan membantu anda dalam meyakinkan investor tentang prospek bisnis tersebut.

Transparansi ini juga menguntungkan bagi perusahaan, mitra bisnis dan klien akan tertarik karena perusahaan memiliki reputasi bisnis yang baik.

4. Penentuan Anggota Direksi dan Komisaris

Hak suara pemegang saham berguna dalam menunjuk direksi dan komisaris. Maka dari itu, pemegang saham memiliki kepentingan langsung dalam mengelola perusahaan serta memiliki hak untuk memilih pemimpinnya.

Hak pemegang saham lainnya dalam menentukan pemimpin berkualitas saat RUPS adalah melihat evaluasi dan memilih calon berpengalaman. Di sisi lain, ketentuan memimpin adalah memilih individu yang dianggap paling mampu.

Representasi pemegang saham dipastikan oleh mereka agar dapat memilih pemimpin yang baik. Maka dari itu, pemegang saham berkesempatan dalam memberi pandangan untuk memilih komisaris dan direksi.

5. Laporan Perusahaan

RUPS saham perlu memperlihatkan transparansi keuangan di mana hal ini penting bagi pemegang saham. Mulai dari neraca, laporan arus kas hingga laba rugi perlu diperiksa langsung untuk memahami posisi keuangannya.

Di sisi lain, melalui RUPS pemegang saham dapat menanyakan komentar terkait laporan perusahaan dalam tanggung jawab pada aspek keuangan yang menimbulkan banyak pertanyaan.

Karena itu, evaluasi kinerja saat laporan RUPS juga penting. Manajemen perusahaan perlu mengevaluasi laporan dan selalu update agar pemegang saham. Laporan tersebut seharusnya juga memberikan keputusan strategis dimana terdapat rencana masa depan perusahaan.

Karena itu, fungsi RUPS tercantum dalam kelima poin diatas agar anda dapat memahami lebih detail bagaimana acara tersebut dilaksanakan. Jadi, tidak heran RUPS menjadi hal penting bagi pemegang saham maupun perusahaan.

Mari berpartisipasi dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) untuk menentukan keputusan penting yang berkaitan dengan modal yang Anda tanam di perusahaan.

Dengan mematuhi Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kita bisa mengambil keputusan dengan cara yang adil, transparan, dan dengan memperhatikan kepentingan jangka panjang Perseroan.

Hanindo telah berkontribusi dalam keberhasilan RUPS beberapa perusahaan besar seperti Telkom Indonesia, Bank BRI, Bank BNI, Timah, Radana Finance, dan lain-lain. Bergabunglah dengan kami untuk sukses bersama!