October 30, 2020

5 Tips Digital Marketing Yang Efektif Untuk Bisnis Anda Di 2020

Beberapa tips pemasaran digital berikut ini mungkin berguna untuk bisnis Anda.
Digital Marketing

Anda sudah menggunakan teknik digital marketing, namun penjualan masih belum mencapai harapan? Mungkin bukan produk Anda yang salah. Hanya saja, Anda tidak berhasil memaksimalkan beberapa hal penting yang berperan dalam memaksimalkan pemasaran digital.

Tips Digital Marketing Jitu Untuk Bisnis

Mengetahui semua dasar dan tips tentang pemasaran digital memang tidak akan menjamin keberhasilannya. Anda pun harus memiliki kepekaan, dalam hal mencari momen yang tepat untuk mengaplikasikan jurus-jurus tersebut. Berikut beberapa tips dari Handisetyadi.com yang mungkin berguna untuk kegiatan pemasaran digital Anda:

1. Fokus pada Satu Platform

Internet memang memiliki banyak platform, yang semuanya berpeluang mendatangkan profit. Kesalahan para pemula adalah mencoba semua platform sosial media untuk berpromosi sekaligus. Memiliki satu akun sosial media saja sudah repot mengelolanya, apalagi memiliki 10 akun, bukan? Maka dari itu, Anda harus memiliki fokus pada satu platform, kemudian mencoba platform lainnya. Dengan begitu, Anda bisa melihat perkembangan pemasaran digital Anda di masing-masing platform. Kemudian, lanjutkan kampanye Anda di platfom yang memiliki persentasi keberhasilan paling baik.

2. Gunakan Influencer

Dalam dunia digital marketing, budget promosi tetap ada. Hanya, penerapannya saja yang dialihkan. Membayar influencer adalah salah satu budget yang perlu dipertimbangkan. Anda bisa membayar tokoh publik yang terkenal di sosial media untuk mereview produk Anda. Mengapa influencer, karena mereka biasanya sudah memiliki basis penggemar yang solid. Ditambah lagi, keberhasilan sebuah penjualan melalui influencer dapat mencapai 84%! Hanya saja, jangan sembarangan memilih influencer. Pilih selebgram yang memiliki kesamaan dengan produk Anda. Di dunia maya, influencer juga memiliki banyak interest yang biasanya diikuti oleh penggemar dengan ketertarikan yang sama. Pilih influencer dari kalangan dunia kecantikan jika produk Anda ditujukan untuk wanita.

5 Tips Digital Marketing Yang Efektif Untuk Bisnis Anda Di 2020

3. Skema 80:20

Dalam dunia pemasaran digital, ada sebuah rumus 80:20. Rumus ini sering digunakan oleh digital marketing agency. Angka tersebut diartikan sebagai 80% untuk konten pemasaran, dan sisanya 20% dialokasikan untuk promosi. Kebanyakan pemula, menerapkan hal yang sebaliknya. Mereka hanya memberikan 20% konten dan sisanya sebanyak mungkin untuk berpromosi. Supaya produk Anda lebih berhasil, tuangkan semua informasi yang bermanfaat pada alokasi 80%. Informasi tersebut bisa berupa komposisi produk, pendalaman produk, dan lain sebagainya.

4. Iklan Digital

Iklan digital yang biasanya berbayar, mungkin tepat ketika Anda baru memulai proses pemasaran digital. Namun, Anda tak boleh selamanya membuang uang untuk iklan di berbagai platform digital. Anda harus mensinergikannya dengan konten yang berkualitas di website Anda. Supaya iklan berbayar Anda bisa maksimal, Anda bisa mengarahkan iklan pay per click ke halaman web, halaman sosial media, atau video produk Anda. Dalam dunia pemasaran digital, traffic bukanlah segalanya. Biarkan para pelanggan mengenal produk Anda terlebih dahulu, nantinya mereka akan kembali dengan sendirinya.

5. Membangun Ikatan dengan Pelanggan

Supaya terjadi sinergi antara Anda dengan para pelanggan, ikatan pun harus diperhatikan. Hal ini berkaitan erat dengan pengalaman pengguna terhadap situs Anda. Agar tercipta ikatan yang kuat, Anda disarankan agar memiliki konsistensi dalam membangun konten yang berkualitas. Pelanggan pun akan betah menjelajahi situs Anda jika situs Anda bisa dimuat dengan cepat. Desain halaman digital Anda seefisien mungkin dengan menempatkan tombol-tombol navigasi yang mudah dipahami.

5 poin di atas dapat menjadi tips digital marketing yang beguna untuk kelangsungan bisnis Anda. Tentunya, semakin hari akan semakin banyak orang yang memulai strategi pemasaran digital. Amati pergerakan mereka, Anda pasti bisa menemukan celah kesalahan yang mungkin mereka lakukan, sehingga Anda bisa menghindarinya. Selamat mencoba!