February 27, 2021

5 Rekomendasi Aktivitas Team Building Meski Dilakukan Secara Virtual

Mengenal lebih dekat satu sama lain anggota tim, dengan melakukan aktivitas virtual team building yang menyenangkan
Event Organizer

Di masa pandemi seperti ini, segala aktivitas banyak yang beralih menjadi virtual. Mulai dari aktivitas sosial, sekolah, hingga ke pekerjaan pun semuanya harus dilakukan di rumah. Tentu hal ini membuat perubahan suasana atau lingkungan menjadi berbeda dari sebelum adanya pandemi. Segala pertemuan dengan rekan-rekan juga harus ditunda hingga beberapa waktu ke depan.

Walaupun demikian, Anda tetap bisa melakukan interaksi dengan rekan melalui media virtual. Ini juga bertujuan agar satu sama lain dapat membangun kepercayaan dan memperkuat hubungan. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan secara virtual dengan rekan kerja contohnya adalah team building. Anda bisa melakukan kegiatan tersebut dengan berbagai cara.

5 Kegiatan Team Building Secara Virtual

Aktivitas ini sering disebut juga dengan kerja sama tim. Kerja sama tim secara virtual ada beragam macamnya. Jika sebelumnya Anda bisa melakukan ini dan saling bertatap muka dengan rekan, kali ini berbeda. Namun, Anda tetap bisa melakukan kerja sama tim tersebut dengan baik walaupun hanya secara virtual.

Apa saja aktivitas kerja sama tim tersebut? Mari simak pembahasannya di bawah ini :

1. Mengenal Anggota Tim

Untuk lebih mengenal sesama anggota tim, kegiatan team building ini cocok dilakukan. Ide berikut sangat sederhana, tetapi dampaknya akan sangat baik untuk antar anggota. Dimulai dengan pertanyaan umum yang semua anggota bisa ikut menjawab. Sebagai contoh, "Apa makanan favoritmu? Mengapa menyukai makanan itu?"

Tiap anggota tim bisa saling bertukar jawaban kepada yang lainnya. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan lain yang bisa menggugah rasa penasaran tiap anggota. Bisa saja saat permainan berlangsung, Anda dan anggota lainnya tidak menduga bahwa salah seorang rekan ternyata tidak menyukai makanan A dan lebih menyukai makanan B. Kegiatan virtual team building ini tentunya akan seru dan menyenangkan untuk tim.

2. Bermain Game Online

Kegiatan yang satu ini tentu akan menciptakan keakraban dengan anggota tim lainnya. Game online juga bisa dimainkan oleh banyak orang dan pastinya akan menjadi menyenangkan. Bisa permainan teka-teki, berhitung, adu otak, dan masih banyak lagi. Suasana akan menjadi lebih cair dan satu sama lain bisa  merasakan keceriaan.

3. Work Out Virtual

Aktivitas work out atau olahraga bisa dilakukan bersama walaupun tidak bisa saling bertatap muka. Karena, kondisi pekerjaan yang padat dan membuat lelah, tentunya karyawan sering lupa menjaga kondisi fisik serta mental mereka. Dengan mengajak untuk berolahraga bersama, akan sangat bermanfaat untuk kesehatan karyawan. Team building ini bisa dilakukan tiap 2-3 minggu sekali pada semua anggota tim.

4. Melakukan Foto Bersama

Biasanya Anda bisa melakukan foto bersama secara langsung dengan rekan kerja. Tetapi, kali ini cukup berbeda. Karena segala aktivitas harus dilakukan secara virtual, jadi, aktivitas foto bersama juga virtual. Siapkan outfit dan pose terbaik yang telah dipersiapkan. Ini tentu akan menjadi pengalaman yang unik dan baru bagi anggota tim.

5. House Tour atau Tur Rumah

Seminar virtual atau meeting online biasanya membuat karyawan sedikit jenuh karena banyaknya pekerjaan. Jadi, Anda bisa memilih untuk melakukan aktivitas yang bisa menghibur anggota tim lainnya dari sibuknya pekerjaan. Contohnya dengan melakukan house tour. Ini bertujuan agar tim mengenal sisi lain dari anggotanya saat di rumah. Selain itu, kegiatan ini bisa sekaligus untuk memperkenalkan anggota keluarga yang ada di rumah.

Masih banyak aktivitas team building yang bisa Anda lakukan. Carilah aktivitas yang bisa membuat anggota tim menjadi lebih terhibur dan lebih mengenal diri anggota lainnya. Jika masih bingung tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk melakukan aktivitas ini, hubungi jasa Event Organizer Jakarta untuk membantu melaksanaan event virtual Anda menjadi menyenngkan.