October 31, 2020

5 Platform Terbaik untuk Selenggarakan Seminar Online

Ketahui daftar platform terbaik dengan klik halaman ini.
Event Organizer

Tahun 2020 merupakan tahun penuh kejutan, karena di tahun ini kita semua harus melakukan semua hal dari rumah. Pasalnya, virus corona yang mulai menyebar cepat telah ditetapkan sebagai pandemic, sehingga untuk memutus mata rantai virusnya semua orang disarankan untuk melakukan aktivitas di rumah saja. Bahkan di tahun ini, jika Anda menyelenggarakan seminar harus secara online. Tapi tidak usah pusing, karena perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih, Anda bisa melaksanakan seminar online dengan mudah, walaupun mungkin rasanya tidak seperti seminar secara langsung dengan bertemu audience. Nah, apabila ingin menyelenggarakan seminar secara online, maka Anda perlu mengetahui platform terbaik untuk mengadakan webinar tersebut.

Daftar Platform Terbaik untuk Seminar Online

Terdapat banyak platform yang dapat dijadikan sebagai sarana menyelenggarakan seminar secara online. Namun, tidak semua platform menyediakan fitur yang mumpuni dengan kualitas yang bagus. Nah, berikut ini terdapat 5 platform terbaik yang dapat Anda jadikan pilihan ketika hendak melakukan seminar secara online:

1. WebinarJam

Platform yang telah terbukti bagus ini diciptakan pada tahun 2013 oleh Genesis Digital, sehingga tak heran jika Webinarjam menjadi platform paling populer sejagat raya. Untuk menggunakannya, Anda tidak memerlukan software pendukung ataupun software lainnya, jadi tidak perlu repot-repot lagi download ini itu lagi. Tampilan yang disajikan pun mudah untuk digunakan, bahkan untuk para pemula sekalipun. Point plus untuk WebinarJam adalah dapat merekam seminar yang sedang berlangsung, sehingga setelah seminar selesai Anda bisa membagikannya kepada peserta yang tidak hadir. Fitur lainnya yang bisa Anda nikmati adalah HD video, live chat, private messaging, papan virtual, power point, dan lainnya.

2. EverWebinar

Selanjutnya, ada EverWebinar yang cukup berbeda dengan platform lainnya. Pasalnya, platform ini hanya menampilkan seminar online yang telah berlangsung. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena meskipun siaran ulang masih akan terasa seperti siaran langsung. Selama siaran ulang, Anda masih bisa berinteraksi dengan peserta, yakni melalui fitur chat.

5 Platform Terbaik untuk Selenggarakan Seminar Online

3. Zoom

Pasti Anda sangat familiar dengan platform satu ini, karena memang sangat sering digunakan untuk seminar via online. Keunggulan yang dimiliki oleh platform ini adalah dapat digunakan tanpa perlu membayar, alias gratis. Meskipun sempat heboh dengan berita keamanannya yang kurang, namun Zoom terus berbenah dan berusaha memperbaikinya semaksimal mungkin. Fasilitas yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan Zoom saat seminar cukup banyak, mulai dari HD video dan audio, screen sharing, mobile viewing, private ataupun public chat, polling QnA, dan fitur perekam. Sayangnya, bagi mereka yang hendak mengikuti seminar Anda, harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu.

4. Demio

Platform Demio digadang-gadang sebagai salah satu sarana seminar via online terbaik menurut Venture Harbour. Hal tersebut tidak mengherankan, karena Demio menghadirkan sistem modern dan powerfull. Berbeda dengan platform lainnya, Demio menawarkan seminar secara online otomatis atau live dalam satu platform terintegrasi serta opsi hybrid. Kombinasi tersebut membuat Anda dapat dengan mudah untuk mengatur dan mengumpulkan data seminar. Hanya sekali klik saja, Anda bisa menyelenggarakan seminar secara online yang menakjubkan dan memudahkan para peserta.

5. WebinarNinja

Kalau platform satu ini sangat cocok digunakan untuk perusahan-perusahaan besar, karena memiliki sistem manajemen kompleks yang tidak ada di platform lainnya. Untuk menggunakannya pun tidak terlalu sulit, sehingga dengan pembelajaran sedikit saja Anda sudah bisa mengoperasikannya layaknya seorang ahli.

Kelima platform di atas merupakan platform webinar terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda. Sebelum menyelenggarakan seminarnya, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Ketika sudah menemukan platform yang sesuai dengan kebutuhan, maka seminar secara online bisa segera dilaksanakan atau jika Anda ragu bisa bekerjasama dengan Hanindo sebagai EO terbaik di Jakarta untuk menyelenggarakan webinar.