March 31, 2021

5 Hal Wajib Kamu Tahu Agar Cara Outbound Kamu Sukses

Mengulik hal-hal yang perlu disiapkan agar acara EO/Outbound bisa berjalan sukses
Event Organizer

Mengisi waktu luang dengan mengadakan outbound bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Selain menjadi hiburan, aktivitas outbound juga bisa mempererat hubunganpeserta satu sama lain. Tidak heran jika beberapa perusahaan kerap mengadakan aktivitas iniuntuk mempererat hubungan antar karyawan sekaligus memupuk rasa kerjasama. Outbound sangat erat dengan permainan dan alam. Pada aktivitas ini, peserta akan diajak ketempat terbuka kemudian diberikan berbagai permainan menarik yang harus dilakukan dengankerja sama. Biasanya acara seperti ini membutuhkan EO untuk Outbound intruktur untuk mengatur acara agar bisa berjalan dengan baik. Namun jika kamu ingin membuat acara sendiri, ada beberapa hal yang wajib diketahui terlebih dahulu, beberapa di antaranya seperti berikut ini:

Cara Membuat Acara Outbound Berjalan yang Seru dan Sukses

Acara outbound tidak harus dilakukan di tempat khusus atau tempat wisata. Aktivitas seru inijuga bisa kamu sendiri bersama teman-teman. Agar acara berjalan dengan seru dan lancar, adahal-hal yang perlu kamu perhatikan dan siapkan, beberapa di antaranya seperti berikut ini:

1. Tentukan  tujuan outbound

Kegiatan bisa berjalan sukses jika tujuannya telah jelas dan direncanakan dengan matang. Oleh sebab itulah sebelum membuat kegiatan semacam ini tentukan dulu tujuannya untukapa. Apakah untuk mengasah kekompakan (team building), mengasah kepemimpinan(leadership) atau memompa semangat prestasi (achievement motivation)? Penetapan tujuan EO/Outbound ini akan berkaitan erat dengan jenis kegiatan yang akandilakukan hingga pemilihan lokasi kegiatan.

2. Tentukan lokasi kegiatan

Setelah tujuan outbound telah ditentukan, selanjutnya tentukan lokasi untuk pelaksanaannya. Pilih lokasi yang sesuai dengan tema aktivitas yang akan dilakukan. Kegiatan outbound tidakharus selalu berada di luar ruangan, akan tetapi kamu juga bisa melaksanakan di dalam ruangan, tergantung materi yang akan diberikan. Pemilihan lokasi yang tepat, akan membuat acara bisa berjalan lebih seru dan lancar.

3. Rancang anggaran dan waktu pelaksanaannya

Merancang anggaran dan waktu pelaksanaan juga menjadi hal penting yang wajib diperhatikan jika ingin melakukan aktivitas EO Outbound. Kamu harus menghitung berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut. Anggaran ini termasuk untuk sewalokasi, peralatan, konsumsi hingga akomodasi. Buat anggaran seefisien mungkin untuk meminimalisir pemborosan.

4. Menyiapkan tim instruktur

Agar kegiatan bisa berjalan dengan lancar, dibutuhkan tim instruktur yang akan memandu jalannya acara. Tim instruktur ini menjadi kunci utama kegiatan outbound. Tim instruktur harus terdiri dari orang-orang yang kompeten dan memiliki pengalaman di bidang tersebut. Tim instruktur EO untuk Outbound juga harus menarik, berwibawa dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar bisa membawa permainan menjadi lebih menyenangkan.

5. Menyiapkan alat

Satu lagi hal yang harus diperhatikan agar kegiatan outbound bisa berjalan dengan sukses adalah siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut. Peralatan outbound yang dibutuhkan harus disesuaikan dengan tema kegiatan. Namun pastikan, semua perlengkapan tersebut aman untuk digunakan sehingga tidak membahayakan peserta kegiatan.

Untuk merefresh kembali pikiran yang jenuh dengan pekerjaan, tidak ada salahnya melakukan aktivitas outbound seperti ini. Selain seru, kegiatan seperti ini juga memiliki banyak manfaat seperti mempererat kekompakan, melatih kepemimpinan hingga meningkat prestasi. Namun jikaingin membuat acara EO/Outbound pastikan siapkan segala hal yang diperlukan dengan matang agar kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Pasalnya jika tidak dipersiapkan dengan baik, bukan tidak mungkin justru akan membawa celaka untuk pesertanya.