March 31, 2021

5 Aturan Penting Dalam Membuat Webinar Untuk Umum

Mengulik aturan dan cara membuat webinar untuk umum agar menarik
Event Organizer

Di masa pandemi sekarang ini, webinar atau seminar online memang semakin populer. Adanya peraturan yang larang untuk berkumpul dalam jumlah banyak membuat aktivitas rapat maupun seminar sekarang menjadi dilakukan secara online. Hal ini diwujudkan dengan cara membuat webinar yang kerap dilakukan oleh perusahaan, kampus, maupun tokoh-tokoh tertentu membahas hal-hal yang tengah hangat diperbincangkan di masyarakat.

Seminar online ini biasanya dilakukan melalui aplikasi video conference seperti zoom, googlemeet, skype for business dan masih banyak lagi. Setiap orang bisa membuat webinar mereka sendiri. Hanya saja untuk membuat webinar ada beberapa aturan dan hal-hal yang perlu diperhatikan seperti berikut ini:

Aturan dan Cara Membuat Webinar yang Menarik untuk Umum

Saat ini menyelenggarakan seminar secara online banyak dipilih karena lebih praktis dan menghindari resiko penularan virus Covid-19. Hanya saja untuk bisa menyelenggaran webinar yang menarik dan bisa berjalan dengan baik, perhatikan dulu beberapa aturannya seperti berikut ini:

1. Pilih konten dengan tepat

Jika ingin tahu cara membuat webinar, hal pertama adalah siapkan konten dan tema yang akan dibahas. Pilih tema yang fantastis namun spesifik sehingga pembahasan bisa fokus dan tidak melebar kemana saja. Pemilihan tema ini memiliki pengaruh besar terhadap minat audience yang akan ikut dalam seminar online tersebut.

2. Materi dan narasumber harus kompeten

Setelah mendapatkan tema yang sesuai, selanjutnya siapkan materi dan narasumber yang kompeten dengan tema  tersebut. Kamu bisa memilih ahli atau pakar yang sesuai tema, agar pembahasan seminar bisa maksimal dan menarik. Pemilihan narasumber juga bisa menjadi daya tarik bagi audience untuk gabung dan menjadi cara membuat webinar ramai partisipan.

Agar materi lebih mudah dipahami, tidak ada salahnya membuat slide presentasi digital. Dengan cara seperti ini, partisipan akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh narasumber. Agar lebih interaktif, di tengah atau akhir sesi webinar berikan kesempatan bagi audience untuk mengajukan pertanyaan.

3. Kualitas visual harus bagus

Seminar secara online dilakukan dengan menampilkan video conference dari pemateri kepada audience. Agar audience bisa menyerap semua materi webinar dengan maksimal, kualitas visual video harus bagus. Kamu harus atur letak kamera secara tepat. Fokuskan kamera ke wajah pemateri agar materi yang disampaikan lebih mudah diterima.

4. Pilih aplikasi webinar terbaik

Cara membuat webinar yang keempat adalah dengan memanfaatkan aplikasi video converence terbaik. Saat ini ada banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat webinar. Namun pastikan memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan kapasitas partisipan, fitur dan kualitas video yang dihasilkan.

5. Promosi webinar

Webinar dianggap berhasil jika memiliki partisipan yang banyak. Agar webinar yang kamu buat ramai partisipan, maka diperlukan promosi. Kamu bisa membuat pamflet kemudian menyebarkannya ke media sosial. Jangan lupa juga serta link webinar yang kamu buat agar bisa di akses dengan mudah.

Di masa pandemi seperti saat ini, melakukan pertemuan atau seminar secara online lebih disarankan dibandingkan dengan melakukannya secara langsung. Salah satu caranya adalah dengan membuat webinar. Akan tetapi agar hasilnya maksimal, kamu harus tahu dulu aturan dan cara membuat webinar yang baik terutama jika menginginkan pastisipan dalam jumlah besar. Dengan begitu materi seminar yang akan disampaikan tetap bisa diterima dengan maksimal walaupun tanpa tatap muka secara langsung.