July 31, 2020

5 Alternatif Zoom untuk Acara Webinar dan Seminar Kamu

Kami ulas untuk anda 5 alternatif yang lebih aman dari Zoom untuk menggelar webinar.
Event Organizer

Setelah dunia dipukul pandemi virus Covid 19, meninggalkan kantor bukan lagi keterpaksaan, melainkan sebuah keharusan. Rapat-rapat dan konferensi internal perusahaan serta acara-acara launching produk, bazar, hingga peningkatan engagement perusahaan dengan konsumen beralih menggunakan platform video conference. Salah satu platform video conference yang paling lumrah digunakan oleh warga Indonesia adalah Zoom. Namun berita tidak sedap menerpa perusahaan yang sedang naik daun tersebut. Setelah perusahaan mereka terbukti menjual data pribadi penggunanya ke pasar gelap internet. Tentu keadaan ini mengkhawatirkan, terutama bila kita hendak mengadakan webinar berskala besar yang aman dan nyaman digunakan. Kami ulas untuk anda 5 alternatif pengganti zoom untuk acara webinar kamu.

Sekilas Tentang Platform Video Conferencing

Sederhananya platform video conferencing adalah perangkat lunak untuk menghubungkan gawai-gawai secara bersamaan dengan sebuah tautan (link). Semua orang yang gawainya terhubung dengan tautan link tersebut dapat melakukan berbagai hal, antara lain.

1. Mengadakan dan menjadwalkan rapat. Anda dapat membuat link di platform tertentu untuk merencanakan pertemuan rutin anda.

2. Berbagi layar gawai anda. Platform video conferencing memungkinkan anda untuk berbagi layar ponsel atau komputer yang sedang anda buka untuk mempresentasikan dokumen.

3. Berbagi panggilan video. Seperti namanya, platform video conferencing terhubung ke fitur kamera dari gawai anda. Sehingga anda dapat berbagi video realtime dari rapat anda.

4. Berbagi audio. Fitur berbagi video realtime dapat anda nonaktifkan, anda dapat memilih untuk berbagi audio saja. Sehingga anda hanya terdengar suaranya saja dalam rapat.

5. Fitur obrolan. Anda dapat menulis teks kepada yang dapat dibaca oleh seluruh peserta rapat, ataupun personal kepada peserta rapat tertentu saja.

Kami merekomendasikan anda menggunakan jasa event organizer (EO) untuk menghelat webinar menggunakan platform video conferencing. Hal ini untuk mempemudah dan memastikan keamaan serta kelancaran anda dalam menggunakan platform video conferencing. Ada banyak event organizer Jakarta yang dapat anda andalkan untuk membantu anda. Anda bisa mempercayakan Hanindo pastinya untuk melaksanakan webinar.

5 Alternatif Zoom untuk Acara Webinar dan Seminar Kamu

Lima Alternatif Zoom untuk Webinar Anda

Apabila anda khawatir dengan Zoom yang belakangan ini diragunakan keamanannya, anda dapat mengandalkan platform video conferencing lain di bawah ini :

1. Google Meets

Kami merekomendasikan Google Meets di urutan pertama. Faktor kemanan data menjadi faktor utamanya, karena platform ini adalah produk, milik, dan dikelola sendiri oleh Google. Selain itu, semua aktivitas video conferencing dapat dilakukan dengan mudah di platofrm ini. Ditambah anda dapat menghubungkannya dengan Google Suite yang akan memberikan anda banyak keuntungan.

2. Skype

Sebelum Zoom populer, video conferencing yang banyak digunakan selain Google Meets adalah Skype. Platform ini adalah produk microsoft, memiliki semua kemampuan video conferencing. Kapsitas webinar hingga 250 orang dan istimewanya platform ini adalah nyaman, ringan, dan mudah digunakan di ponsel pintar. Sehingga peserta webinar anda nyaman menyaksikan webinar anda meskipun melalui ponsel pintar.

3. Cisco WebEx

Platform ini memiliki semua fitur video conferencing. Fitur tambahan yang membuatnya istimewa adalah fitur untuk melakukan cloud recording. Sehingga webinar anda dapat direkam dalam penyimpanan cloud. Platform ini berkapasitas mulai dari 50 hingga 1000 orang tergantung pilihan produk yang anda beli.

4. Join.me

Platform ini baru dalam persaingan, namun memiliki semua fitur video conferencing. Platform ini sangat cocok bagi startup atau UMKM yang masih merintis. Anda dapat mengadakan webinar dengan maksimal peserta 250 orang gratis.

5. Adobe Connect

Platform ini dikelola oleh perusahaan kuda hitam dalam industri digital, Adobe. Platform ini memiliki semua fitur video conferencing. Keandalan platform ini dalam beroperasi, ringan, tidak lag, dan lebih mudah dalam berbagi data menjadi kelebihan utamanya. Selain itu, platform ini memiliki fitur URL tetap. Sehingga anda tak perlu gonta-ganti link untuk setiap rapat anda menggunakan Adobe Connect.