June 23, 2020

5 Alasan Perusahaan Kamu Mempertimbangkan Webinar

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan harus mempertimbangkan webinar. Simak penjelasan dari kami.
Event Organizer

Perkembangan teknologi memberi dampak positif bagi semua kalangan masyarakat. Mulai dari belajar, berkomunikasi hingga bekerjanpun terasa lebih mudah bila kita mampu menggunakan teknologi digital dengan tepat. Dalam hal pemasaran dan penyebaran informasi penting, kini dapat menggunakan webinar sebagai strategi bisnis Anda. Apa itu webinar? Berikut kami akan memberi penjelasan tentang pengertian, cara kerja serta alasan bagi perusahaan mempertimbangan dilaksanakannya webinar.

Pengertian dan Cara Kerja Webinar

Webinar (web seminar) merupakan kegiatan seminar berbasis internet yang dipandu oleh pembicara yang berkompeten di bidangnya untuk membagi informasi pada penonton. Meski webinar ini dilakukan tanpa bertatap muka secara langsung, namun dipercaya sebagai salah satu strategi marketing yang diminati belakangan ini. Sebelum Anda mengikuti webinar, pastikan bahwa Anda telah mendaftar sebagai pengikut webinar melalui email, dan pastikan Anda sudah standby sesuai dengan waktu yang ditentukan penyelenggara. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti webinar, yakni :

• Perangkat digital seperti laptop atau komputer

• Pastikan perangkat Anda terkoneksi internet cepat/stabil

• Email aktif untuk menerima link webinar

• Pastikan speaker atau headset Anda aktif

5 Alasan Perusahaan Kamu Mempertimbangkan Webinar

Alasan Perusahaan Mempertimbangkan Webinar

Salah satu fungsi webinar adalah sebagai sarana promosi bisnis yang efektif bagi perusahaan. Kegiatan webinar ini dapat dikatakan efektif dan tepat sasaran bilamana dilaksanakan dengan persiapan yang matang. Ada beberapa alasan yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan Anda sebelum melaksanakan webinar, antara lain :

1. Semua alat dan perlengkapan webinar harus aktif (tidak bermasalah)

Bila perusahaan Anda ingin melakukan webinar, sebaiknya Anda harus benar-benar mempersiapkan alat dan perlengkapan dengan baik, bila perlu sediakan cadangan terhadap perlengkapan vital. Demikian halnya dengan koneksi internet, pastikan tidak ada gangguan saat webinar berlangsung supaya penonton merasa nyaman saat menerima informasi dari Anda.

2. Pilih tim penyelenggara yang berkompeten.

Ada setidaknya 3 tim yang dibutuhkan pada saat webinar yakni pembicara, asisten dan koordinator. Ketiga tim ini akan menentukan apakah webinar akan berjalan lancar dan menyenangkan atau tidak. Untuk itu, pilihkan tim yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya masing-masing. Pastikan persiapan dari masing-masing tim melalui gladi resik supaya menghindari kesalahpahaman. Jangan ragu menggunakan jasa Event Organizer untuk membantu menyelenggarakan webinar agar webinar perusahaan Anda lebih menarik dan berkesan.

3. Batasi kuota partisipan seminar.

Perusahaan akan senang bila banyak partisipan yang turut serta dalam kegiatan webinarnya. Namun bila ditelusuri, apakah semua partisipan mendapatkan manfaat dari penyelenggaraan webinar tersebut? Apakah webinar itu meninggalkan kesan yang baik bagi penonton/partisipan? Supaya webinar lebih efektif dan tepat sasaran, buatlah batasan partisipan yang dapat mengikuti webinar perusahaan Anda.

4. Siapkan topik yang menarik.

Perusahaan sebagai pihak penyelenggara sebaiknya memberikan topik menarik yang akan dibahas/disampaikan oleh pembicara. Hindari topik dan pembahasan yang monoton saat webinar. Bila Anda perlu gunakan jasa EO untuk webinar, mereka akan membantu menyiapkan topik maupun pembicara yang dapat menyampaikan informasi dengan mudah, jelas dan menyenangkan.

5. Tinggalkan kesan yang baik.

Webinar merupakan strategi perusahaan untuk bersaing dengan kompetitor dan menunjukkan keunggulannya kepada khalayak ramai. Sedangkan bagi partisipan, webinar bertujuan untuk menambah informasi berupa ilmu, tips, maupun pengenalan produk.  Agar webinar membawa kesan yang baik dan agar acara webinar perusahaan Anda kembali dicari/diikuti banyak partisipan, maka tinggalkanlah kesan yg baik. Buatlah acara webinar yang kreatif dan menyenangkan.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa webinar perusahaan Anda akan lebih menyenangkan dan berkesan bilamana webinar dibantu oleh Event Organizer yang profesional seperti Hanindo. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.