April 22, 2022

Digital Marketing untuk UMKM, Bagaimana Efektivitasnya?

Di era internet seperti saat ini, pemasaran secara digital atau digital marketing telah melampaui pemasaran konvensional. Setiap waktu, ada lebih banyak konsumen yang mencari suatu produk dan melakukan transaksi melalui media online. Punya banyak sisi positif, apakah pemasaran digital memang punya efektivitas tinggi?

Mengenal Pemasaran Digital

Konsep digital marketing pada UMKM berarti adanya pemanfaatan teknologi dengan harapan mencapai tujuan UMKM memenuhi kebutuhan konsumen secara efektif.
Tidak hanya melalui media penjualan saja, adanya pemasaran digital mencakup tahapan pemasaran secara menyeluruh, mulai dari branding hingga periklanan. Ada berbagai situs yang bisa menjadi media untuk pemasaran, mulai dari melalui media sosial hingga di situs e-commerce.
Keberadaan pemasaran secara digital tidak bisa lagi luput dari perhatian mengingat adanya saluran yang tidak terbatas. Prospek penjualan sebuah produk atau layanan jasa akan lebih meningkat dengan memanfaatkan dunia digital demi meningkatkan omzet.
UMKM meskipun tergolong ke dalam usaha skala kecil juga bisa menjangkau lebih banyak pembeli potensial melalui pemasaran digital. Oleh karena itu, penting sekali setiap pelaku usaha belajar digital marketing di era sekarang ini.

Mengapa Setiap Bisnis Memerlukan Pemasaran Digital?

Transaksi di media sosial terus mengalami peningkatan setiap tahunnya bersama dengan meningkatnya biaya iklan di internet. Ini menunjukkan adanya potensi besar bagi pebisnis untuk mencapai lebih banyak pelanggan. Berikut alasan pentingnya pemasaran digital untuk UMKM:

1. Bentuk Marketing Paling Efektif

Keberadaan pemasaran digital memiliki potensi terbesar untuk mencapai lebih banyak pelanggan. Sudah ada banyak bisnis yang mengaplikasikan digital marketing contohnya adalah penjual lilin yang meningkatkan penjualan hingga 7 kali lipat dalam 3 bulan.
Strategi digital marketing yang benar dan juga efektif sudah pasti akan meningkatkan penjualan dalam hitungan bulan.

2. Paling Murah

Menjalankan pemasaran digital menjadi metode pemasaran yang paling murah dari segi pendanaan. Bisnis kecil seperti UMKM akan mengalami kesulitan bersaing dengan perusahaan besar karena sumberdaya dan lingkup usaha yang terbatas.
Pemasaran digital menghilangkan itu semua mengingat tersedianya taktik pemasaran yang murah dengan audience jauh lebih luas.

3. Paling Mudah Dihitung

Keberadaan pemasaran digital menjadi metode pemasaran yang bisa dengan mudah menghitung kesuksesan sepanjang waktu.
Pada pemasaran digital, terdapat analisis berupa data untuk menunjukkan seberapa efektif taktik yang sudah berjalan. Misalnya pada Instagram sudah tersedia fitur Insight.

4. Bisa Menargetkan Calon Pembeli secara Spesifik

Kelebihan lainnya dari pemasaran digital adalah adanya opsi untuk memilih lebih spesifik siapa saja yang akan menjadi target marketing.
Metode yang tepat akan mendatangkan lebih banyak konsumen karena audience yang ada merupakan audience dengan pengelompokan tertentu, seperti umur atau jenis kelamin.

5. Banyak Orang Mencari Barang Melalui Media Online

Saat ini, ketika seseorang tengah mencari sebuah barang atau jasa, setidaknya Google akan selalu menjadi teknologi yang pertama kali orang pakai.
Hal tersebut membuka kesempatan untuk produk atau jasa kamu bisa bertemu dengan orang yang memerlukannya dengan mudah melalui pemasaran digital.
Menjalankan pemasaran secara digital tentu tidak bisa semua orang lakukan apalagi jika skala usaha masih UMKM. Perlu adanya bantuan untuk menentukan target pemasaran digital dan menjalankannya secara efektif dari pihak yang lebih berpengalaman.
Hanindo adalah penyedia jasa untuk digital marketing yang siap membantu UMKM mencapai lebih banyak pelanggan. Sejak tahun 2009, Hanindo sudah berpengalaman mempelajari dan menemani usaha kecil mencapai kesuksesan lebih jauh lagi.