February 9, 2019

5 Alasan IPO Menjadi Pilihan Peluang Bagi Bisnis (HK Metals)

Ingin public? Anda harus mengetahui lima alasan mengikuti IPO dalam artikle berikut ini.
Event Organizer

IPO yang merupakan singkatan dari Initial Public Offering atau memiliki arti dalam bahasa Indonesia sebagai penawaran umum perdana sangat penting bagi bisnis. Saham umum dijual untuk pertama kalinya oleh perusahaan kepada investor umum, inilah pengertiannya. Perusahaan dapat menjual saham umum pertamanya, namun tidak menutup kemungkinan juga akan melakukan penjualan saham keduanya.

IPO sangat berperan serta dalam perkenalan atau promosi bisnis. Pada tahun 2017 lalu BEI (Bursa Efek Indonesia) mencatat ada 38 perusahaan yang mendaftar. Kemudian di tahun 2018, rupanya bertambah menjadi 57 emiten.

57 emiten tersebut diantaranya PT Dafam Property Indonesia Tbk, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk, PT JayaTrishindo Tbk, PT Gihon Telekomunikasi Indonesia Tbk, dan lain-lain. Selain 57 perusahaan yang telah mendaftar, juga ada perusahaan lain yang akan mendaftar namun masih dalam proses administrasi.

Pentingnya IPO Dalam Berbisnis

Perusahaan-perusahaan yang telah mendaftar tersebut tentunya sudah memastikan terlebih dahulu bahwa program ini bermanfaat bagi bisnis. Lalu apa saja alasan yang menjadikan program ini sebagai pilihan peluang untuk bisnis? Berikut pembahasannya.

1.     Dapat Meningkatkan Nilai Perusahaan

Setelah memiliki saham yang bisa diperjual belikan di Bursa Efek Indonesia, masyarakat akan mengetahui perkembangan yang terjadi dalam perusahaan tersebut. Data pergerakan nilaiperusahaan juga dapat dianalisis oleh publik.

Nilai perusahaan akan meningkat apabila data terjadi peningkatan kinerja keuangan dan peningkatan kinerja operasional. Peningkatan tersebut memberi dampak pada harga saham di Bursa,yang mana mampu meningkatkan nilai perusahaan.

2.     Membangun Loyalitas Karyawan

Jika saham perusahaan dapat menembus publik, maka tidak menutup kemungkinan bahwa karyawan juga bisa memiliki saham di perusahannya. Dengan hal ini, dipastikan terjadi peningkatan profesionalitas pada karyawan, karena merasa juga ikut memiliki perusahaan tersebut.

Public Expose HK Metals Utama

Dengan adaya opsi saham oleh perusahaan, perusahaan bisa memanfaatkannya sebagai pertahanan karyawan kunci tanpa perlu mengeluarkan biaya secara tunai. Bahkan karyawan pemegang saham juga bisa menjual saham insentifnya melalui Bursa Efek Indonesia.

3.     Perusahaan Mendapat Akses Dalam Sarana Pendanaan

Untuk perusahaan yang ingin go public, fungsi IPO kali ini menjadi alasan yang kuat. Perusahaan bisa mengambil manfaat dari go public ini untuk mendapat pendanaan, yang mana bisa dimanfaatkan lebih lanjut sebagai peningkatan modal kerja, membiayai perusahaan, membayar utang, investasi, dan lain-lain.

IPO HYAMN

Selain itu, pendanaan melalui penjualan saham juga tidak membebani perusahaan karena harus membayar bunga seperti halnya melakukan piutang.

4.     Perusahaan Mampu Mempertahankan Kelangsungan Bisnis

Kerapkali ditemui gulung tikarnyasuatu perusahaan dikarenakan satu hal ini, perpecahan dalam intern pengelolanya. Oleh karena itu, diperlukan solusi agar hal tersebut tidak terjadi.

Dengan IPO, pengelola bisnis atau pemilik saham bisa mendapatkan saham sesuai porsinya, mereka juga bisa melakukan pejualan dan pembelian sahamkapanpun waktu yang diinginkan, tentunya melalui Bursa Efek Indonesia.

5.     Membuat Image Perusahaan Lebih Baik

Sebuah perusahaan akan sering diliputatau diinformasikan di media apabila terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dengan lebih sering diliput di media, otomatis perusahaan tersebut akan lebih dikenaldi masyarakat.

IPO HK Metals Utama

Hal ini secara langsung bisa mengenalkan publik tentang produk yang disediakan perusahaan. Ditambah lagi,hal ini bisa menciptakan peluang baru serta pelanggan baru yang tentunya meningkatkan untung perusahaan.

Itulah lima alasan mengapa IPO menjadi program Bursa Efek Indonesia yang perlu Anda pertimbangkan untuk diikuti. Dengan mendaftarkan perusahaan sebagai IPO, perusahaan Anda bisa mendapatkan banyak manfaat yang tentunya menguntungkan kesejahteraan bisnis atau perusahaan Anda.

Emiten dari berbagai industri telah banyak yang mempercayakan kepada Hanindo untuk mengurus acara yang berhubungan dengan IPO, seperti Public Expose, Investor Gathering, Roadshow ke berbagai daerah yang merupakan kantong bisnis, seperti Surabaya, Medan dan Makasar, selain itu Hanindo juga sering dipercaya sebagai EO pada Masa Penawaran maupun Listing di Bursa Efek Indonesia. Di tahun 2018 kemarin, Hanindo juga dipercaya oleh HK Metals sebagai EO acara Public Expose dan Listing di Bursa Efek Indonesia sehubungan dengan IPO HK Metals Tbk.