March 11, 2019

3 Kegunaan Utama Dari Company Profile Perusahaan

Mengenal seluk beluk mengenai company profile perusahaan termasuk 3 fungsi utamanya berikut ini.
Creative Media

3 Kegunaan Utama Dari Company Profile Perusahaan

Company profile perusahaan merupakan laporan yang secara garis besar menggambarkan kondisi bisnis dari awal didirikan, di masa kini dan di masa mendatang. Perusahaan resmi yang terdaftar, biasanya memiliki profile perusahaan yang bisa ditemukan di situs resmi perusahaan.

Sebenarnya untuk membuat profile perusahaan tidak perlu menggunakan banyak data hingga menghasilkan banyak halaman, cukup satu halaman yang padat dan jelas maka siapa pun yang membaca akan mengerti dan memahaminya, karena pada umumnya, suatu profile perusahaan harus bersifat informative dan juga representative.

Sekarang ini company profile dibuat sedemikian rupa untuk meningkatkan nilai jual, ada yang berbentuk video, website, cetak bahkan company profile interaktif.

Format dari profile perusahaan A dan perusahaan B bisa jadi sama atau berbeda, tergantung dari tujuan perusahaan ingin menampilkan apa pada profile perusahaan.

Meskipun demikian, pada umumnya company profile akan menampilkan informasi yang sangat penting termasuk kontak perusahaan juga alamat email, bahkan beberapa perusahaan tidak segan untuk mengulas profile CEO berbakat yang mereka miliki.

Berikut ini tujuan utama suatu badan usaha menyusun company profile perusahaan:

1. Memberikan Informasi

Salah satu fungsi utama yang membuat suatu perusahaan memutuskan untuk menyusun profile perusahaan adalah untuk memberikan informasi secara lengkap.

Informasi yang akan diberikan bukanlah informasi sepele, melainkan informasi yang dikemas untuk menunjukan power yang dimiliki suatu perusahaan karena tujuan utamanya adalah menarik perhatian investor luar.

Contohnya pabrik yang menjalankan bisnis sepatu olahraga, company profile akan menekankan pada penjelasan produk-produk sepatu terpopuler yang pernah diproduksi, kualitas sepatu, klien yang pernah bekerja sama dan kelebihan lain yang hanya dimiliki oleh perusahaan.

Di bagian awal mungkin akan sedikit dijelaskan mengenai background sejarah pabrik sepatu didirikan dan orang-orang yang memiliki peranan penting dalam perusahaan.

2. Media Komunikasi

Konsep komunikasi perusahaan dengan seseorang secara personal tentunya sangat berbeda, tidak mungkin suatu perusahaan hanya memperkenalkan perusahaannya dengan menggunakan cara yang biasa, setidaknya harus ada beberapa poin yang menegaskan kekuatan yang dimiliki perusahaan.

Company profile perusahaan akan menjadi media komunikasi terbaik bagi perusahaan pada semua pihak yang membutuhkan.

Dengan adanya profile perusahaan, investor bisa melakukan penilaian dengan lebih cepat dan terarah selain melakukan penilaian lapangan.

3. Teknik Marketing Dari Berbagai Segi

Setiap perusahaan umumnya hampir memiliki company profile cetak atau website, namun tidak sedikit yang tertarik untuk menggunakan bentuk video.

Setiap bentuk profile perusahaan mengandung isi yang sama dengan teknik penyampaian yang disempurnakan.

Di zaman modern, memiliki profile perusahaan dalam bentuk video bukanlah hal baru, karena media ini dinilai jauh lebih efektif dari pada media lainnya, semua pihak hanya perlu menonton video untuk memahami profile perusahaan secara keseluruhan.

Profile perusahaan dalam bentuk cetak, website maupun video akan menjadi teknik marketing yang jitu untuk memperkenalkan jasa atau produk yang dimiliki perusahaan ke semua kalangan, dengan memberikan penekanan pada kualitas dan kelebihan-kelebihan produk atau jasa yang diberikan.

Terlebih kini ada banyak penyedia jasa pembuatan profile perusahaan yang mampu menghasilkan profile perusahaan dalam berbagai bentuk, tidak hanya bentuk website saja, namun dibentuk dengan versi video yang menarik.

Itulah tiga fungsi utama dari company profile perusahaan, jika suatu profile perusahaan tidak mengandung tiga kegunaan tersebut, maka perlu dipertanyakan kualitas dari profile perusahaan yang telah dibuat.