September 8, 2019

3 Hal Penting Guna Suksesnya Penyelenggaraan Investor Gathering (BRI)

Ingin mengadakan acara investor gathering yang memukau? Baca tiga hal penting berikut ini
Event Organizer

Dalam dunia bisnis diperlukan berbagai upaya untuk menjalin kerjasama guna menggaet jaringan (networking) baru, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan Investor Gathering. Tujuannya tentu saja menciptakan peluang-peluang yang mampu memberikan ruang tersendiri bagi tumbuhnya iklim bisnis yang menunjang penciptaan keuntungan.

Secara umum, Investor Gathering bila diterjemahkan secara harafiah akan bermakna sebuah kegiatan yang menghimpun para pelaku penanaman modal. Dengan tujuan utama tentu saja menumbuhkan capital yang cukup untuk menggerakkan roda usaha.

Penyelenggaraan Investor Gathering tidak bisa dianggap remeh, perlu perhitungan dan perencanaan yang matang agar goal pelaksanaan dapat tercapai.

3 Poin Utama Agar Investor Gathering Sesuai Goal dan Berlangsung Paripurna

Setiap pelaksana Event harus memahami beberapa poin kunci agar jalannya acara berlangsung tanpa kendala serta sesuai goal penyelenggaraan. Bila dijabarkan satu persatu, sudah pasti akan sangat banyak poin yang mesti diterapkan. Namun bila disingkat, 3 poin berikut adalah kunci suksesnya penyelenggaraan event investor gathering.

1. Konsep, Susunan Acara dan MC

Dalam setiap kegiatan gathering apapun bentuknya. Apakah hanya bersifat rendezvous (baca: pertemuan biasa), meet and greet (bertegur sapa), maupun gathering yang tujuannya untuk menghimpun modal, konsep acara jadi satu hal yang tak boleh sembarangan.

Konsep ini meliputi; waktu dan tempat penyelenggaraan, alur jalan tamu undangan, posisi duduk (tamu VIP biasa mendapatkan tempat duduk khusus), Master of Ceremony atau pembawa acara dan tentu pengisi acara. Konsep penyelenggaraan event yang baik berlandaskan pada 2 hal. Pertama tentu saja kenyamanan para tamu dan yang kedua adalah ada tidaknya acara tambahan seperti press conference, coffee break juga kegiatan-kegiatan semi casual lainnya. MC atau pembawa acara juga adalah orang kunci dalam keseluruhan konsep penyelenggaraan.

3 Hal Penting Guna Suksesnya Penyelenggaraan Investor Gathering

2. Materi Presentasi, Prototype dan Product Knowledge

Bila konsep telah dirancang, waktu dan tempat telah ditentukan serta MC telah diberikan pengarahan. Berikutnya penyelenggara event harus memikirkan acara inti. Acara inti ini tentu merupakan pamuncak dari keseluruhan gelaran yang sedang berlangsung.

Pada rundown, biasanya MC akan memberikan stage dan kesempatan pada orang kunci perusahaan untuk hadir dan maju sebagai presentator utama. Untuk kesempatan ini, hal yang mesti dipersiapkan adalah presentasi yang akan di sampaikan. Penyelenggara wajib berkoordinasi dengan pihak klien, atau bila penyelenggara adalah pihak internal, maka coaching secara intensif dengan presenter untuk menata presentasi, atau product knowledge dari prototype sebuah product secara memukau mutlak dilakukan.

Poin kedua ini adalah poin paling penting yang akan menjadi tolak ukur kesuksesan event investor gathering. Presenter yang ditunjuk biasanya adalah top level manajemen semisal CEO (Chief Executive Officer), CFO (Chief Financial Officer), atau Presdir perusahaan penyelenggara.

3 Hal Penting Guna Suksesnya Penyelenggaraan Investor Gathering

3. Prospektus

Yang membedakan investor gathering dengan event rendezvous lainnya adalah goal dari pertemuan tersebut. Acara semacam ini spesifik ditujukan untuk menghimpun investasi sehingga undangan pun berasal dari kalangan terbatas.

Poin ketiga ini juga merupakan poin utama kesuksesan event dan adalah pembahasan spesifik dari poin kedua. Ini merupakan bagian materi presentasi utama, yaitu prospektus.

Prospektus yang baik disusun dengan berbasis pada penyajian data-data terukur yang realistis, serta diksi (pilihan kata) presenter yang memukau. Bila pesan pada prospektus yang disampaikan ditangkap audience gathering secara jelas, bukan tidak mungkin tepuk tangan para hadirin di akhir presentasi berarti mengucurnya lebih banyak capital bagi perusahaan penyelenggara.  

Ketiga poin diatas adalah tolak ukur yang umum dari suksesnya event investor gathering. Kreatifitas pihak penyelenggara tentu saja mutlak diperlukan. Hanindo telah banyak membantu perusahaan-perusahaan besar di Indonesia seperti BRI agar penyelengaraan Investor Gathering dapat berjalan dengan sukses dan dapat menerobos kompetisi gathering serupa dari kompetitornya.