May 22, 2020

10 Komponen Penting Dalam Membuat Desain Company Profile

Ada 10 komponen penting yang perlu ada didalamnya. Apa saja? Cari tahu di artikel ini.
Creative Media

Perkembangan zaman telah membuat prilaku konsumen juga berubah. Akses informasi yang semakin mudah tentu dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, terutama saat hendak membeli produk atau menggunakan jasa layanan. Company profile atau profil perusahaan merupakan salah satu acuan sumber informasi yang dicari. Profil perusahaan adalah alat yang berperan penting dalam pemasaran produk dan pengenalan perusahaan pada publik. Berisi sekumpulan informasi, profil perusahaan kerap dijadikan sebagai media komunikasi antara produsen dan konsumen, serta acuan warta bagi calon investor.

10 Komponen Penting Dalam Company Profile

Untuk membuat profil menjadi informatif, ada beberapa komponen penting yang perlu ada dalam desainnya. Apa saja itu? Simak di bawah ini

1. Cover yang eyecatchy

Desain cover merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh konsumen. Karena itu, penting untuk membuat cover yang menarik. Selain eyecatchy, desain cover mulai dari gambar dan layout perlu memberikan gambaran perusahaan. Logo perusahaan dan tagline bisa diletakkan juga pada cover. Untuk membuatnya menjadi artistik dan informatif, Anda bisa menggunakan jasa creative media service.

2. Daftar isi

Untuk membuat profil menjadi lebih rapi dan terstruktur, daftar isi menjadi elemen yang krusial. Dalam daftar isi terdapat pembagian bab, urutan bab, jumlah halaman, dan pembagian halaman.

3. Kalimat pembuka

Saat masuk ke halaman profil perusahaan, kalimat pembuka merupakan bagian yang akan tampil pertama. Isi dari kalimat pembuka ini relatif. Bisa berisi sambutan dari pemilik mauapun direktur dari perusahaan.

4. Informasi jajaran direksi

Jajaran direksi merupakan sekumpulan orang yang berperan penting pada jalannya perusahaan. Calon investor maupun konsumen perlu mengetahu profil direksi tersebut. Biasanya, direksi dengan banyak pengalaman akan lebih menarik minat investor, terlebih pernah menjadi bagian dari perusahaaan terkemuka. Informasi ini biasanya selalu update, karena tidak sedikit jajaran direksi yang berganti setiap tahunnya.

5. Visi dan misi perusahaan

Visi dan misi merupaan dua elemen krusial yang wajib ada. Keduanya merupakan tolok ukur dari perusahaan yang perlu diketahui oleh konsumen dan calon investor. Desain dari visi dan misi perlu disesuaian dengan nilai yang menjadi ciri khas perusahaan.

10 Komponen Penting Dalam Membuat Desain Company Profile

6. Sejarah perusahaan

Adanya narasi seperti sejarah perusahaan cukup penting dalam pembuatan company profile. Cerita sejarah perlu dikemas unik yang di dalamnya juga terdapat tujuan perusahaan. Dari sejarah tersebut, biasanya juga ada milestone kejadian yang menjadi titik kebangkitan perusahaan.

7. Produk dan jasa perusahaan

Desain juga harus mengandung produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Profil bisa dikemas unik dengan menampilkan gambar produk atau jasa serta memberikan keterangan singkat dari produk tersebut.

8. Sumber daya manusia

Selain produk, sumber daya manusia juga menjadi bagian penting dalam perusahaan. Tampilkan kompetensi dan nilai-nilai unggul yang dimiliki oleh sumber daya manusia.

9. Portofolio dan pencapaian

Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan investor, perusahaan bisa meletakkan hasil karya atau pekerjaan yang sudah diselesaikan. Berikan tampilan foto yang menarik dan penjelasan singkat. Pencapaian perusahaan mulai dari kancah internasional, nasional, maupun lokal penting untuk ada dalam desain. bagian ini akan memberikan gambaran singkat seberapa kompetennya perusahaan dalam memberikan pelayanan.

10. Kontak informasi

Setelah pembaca mulai tertarik pada produk atau jasa perusahaan, yang selanjutnya akan dicari adalah kontak informasi. Kontak bisa berisi alamat perusahaan, nomor telepon, email, website, media sosial, dan customer care.

10 komponen penting di atas perlu dicantumkan dalam desain profil perusahaan. Selain informatif, desain juga perlu dibuat agar rapi, terstruktur, dan menarik. Untuk mewujudkannya, Anda bisa bekerjasamma dengan creative media service terpercaya.