September 24, 2022

Tips Sukses Mengadakan Family Gathering

Pernahkah membuat agenda family gathering? Agenda ini memiliki beberapa tujuan, seperti ajang mempererat kekeluargaan, membangun kerjasama tim, dan juga harus bisa melepas penat.
Jika Anda ingin membuat agenda ini sukses, tujuan dari agenda tersebut jangan pernah lepas dari ingatan. Jadikan tujuan tersebut sebagai pedoman untuk menyusun konsep, memilih tempat, dan lain sebagainya.
Selain itu, Anda juga perlu tahu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan matang. Nah, langsung saja simak tips sukses dalam menyusun konsep acara _gathering _yang menarik!

1. Menentukan Konsep Acara

Dalam menentukan konsep acara ini, Anda harus lebih dulu menentukan tujuan atau dalam rangka apa dilakukannya family gathering tersebut. Seperti acara hari ulang tahun, merayakan kesuksesan, atau acara lainnya.
Setelah itu, Anda bisa menentukan tema secara luas. Buat tema yang mengandung pesan yang berkaitan dengan tujuan acara tersebut.
Baru setelah itu, Anda bisa menentukan bentuk konsep acara family gathering. Seperti camping ground, liburan bersama, atau berbagai bentuk acara lainnya.

2. Pilih Pembawa Acara yang Berpengalaman

Agenda akan berjalan dengan seru jika dibawakan oleh orang yang sudah berpengalaman. Pembawa acara ini bisa diambil dari panitia sendiri, atau menyewa tenaga profesional.
Dengan adanya pembawa acara yang sudah berpengalaman tentunya semua peserta akan lebih menikmati acara. Selain itu, pembawa acara juga pastinya mampu memahami apa saja poin-poin penting yang harus dicapai dalam acara.

3. Menentukan Lokasi Acara yang Tepat

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketika menyusun acara ini harus berpegang pada tujuan acara. Tempat acara haruslah mampu untuk melepas penat, dan nyaman untuk kegiatan bersama.
Pastikan bahwa tempat tersebut menarik dan membuat semua orang bersemangat untuk mengikuti agenda family gathering tersebut. Meski tidak semua orang akan setuju dengan tempat tersebut, namun paling tidak tempat tersebut bisa nyaman untuk semua orang.

4. Siapkan Menjadi Beberapa Kelompok

Dalam agenda ini menjadi momen paling tepat untuk membangun kekeluargaan setiap peserta. Adanya pembagian kelompok ini bisa menjadi cara terbaik untuk mereka saling mengenal satu sama lain.
Karena itu, pembagian kelompok bisa dilakukan sesuai dengan tujuan tertentu. Dibagi berdasarkan divisi masing-masing untuk meningkatkan bonding, atau dibagi antar divisi agar memperluas kerjasama antar divisi.

5. Siapkan Permainan yang Seru

Banyak sekali jenis permainan yang biasa digunakan dalam acara family gathering. Pastikan bahwa Anda memilih permainan-permainan yang seru, sehingga tidak membuat suasana menjadi kaku.
Game-game yang seru juga tidak harus mengeluarkan banyak biaya, tidak harus perlu banyak effort. Game sederhana seperti Tahan Tawa, Stick Magic, Tebak Gaya, dan sebagainya sudah cukup memberikan keseruan.

6. Buat Rundown Acara dengan Teratur

Susunan acara gathering_ _harus diatur dengan rapi, dan memperhatikan waktu dengan baik. Jika ada waktu yang terlalu lama membuat orang bosan, harus segera diperbaiki. Sehingga semua acara bisa berjalan sesuai dengan porsinya masing-masing.

7. Buat Agenda Penutupan Agar Lebih Berkesan

Acara penutupan family gathering akan memberikan kesan semakin mendalam. Bagian ini mungkin bisa diisi dengan bernyanyi bersama, berfoto, atau kegiatan lainnya yang lebih kreatif.
Bisa juga dalam penutupan ini dilakukan dengan membagikan hadiah. Hadiah tersebut diberikan dari beberapa permainan yang telah dilakukan, atau undian. Sehingga akan menambah antusias dari para peserta.

Ingin sukses mengadakan family gathering? Hanindo hadir menyediakan layanan event organizer _yang sudah berpengalaman sejak 2004 hingga sekarang. Itulah tips sukses untuk [mengadakan **family gathering_**](https://www.hanindo.co.id/sub-service/employee-gathering). Semakin baik dalam mempersiapkan agenda tersebut, maka akan memberikan hasil maksimal sesuai dengan yang diharapkan.