September 24, 2022

Tips Menyusun Outing Kantor Agar Tidak Repot

Agar outing kantor bisa berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun, tentunya dibutuhkan persiapan yang matang. Persiapan tersebut mulai dari anggaran yang dibutuhkan, jadwal pelaksanaan, lokasi, hingga akomodasi.
Tidak hanya itu, biasanya outing kantor juga membutuhkan susunan acara yang menarik. Sehingga acara yang dilakukan bersama-sama tersebut memberikan kesan yang mendalam.
Nah, apa saja tips yang harus dilakukan untuk menyusun konsep ide acara outing kantor hingga pelaksanaanya agar tidak repot?

1. Tentukan Anggaran Jauh-Jauh Hari

Anggaran menjadi faktor utama dalam setiap acara kantor. Bagi Anda yang ditunjuk sebagai panitia, tentunya harus tahu seberapa besar anggaran yang disiapkan oleh kantor untuk melakukan outing tersebut. Dari anggaran tersebut, Anda bisa menentukan berbagai kebutuhan yang sesuai.
Dari anggaran ini Anda bisa menentukan lokasi acara, seberapa lama, akomodasi, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui anggaran jauh-jauh hari, tentunya Anda bisa meriset terlebih dahulu berbagai harga dari kebutuhan outing.

2. Memilih Waktu yang Tepat

Waktu yang tepat juga menjadi salah satu faktor outing kantor bisa sukses. Pertimbangan dalam menentukan waktu ini bisa disesuaikan dengan operasional perusahaan, kondisi cuaca, atau waktu-waktu lainnya yang efektif.
Perlu Anda perhatikan acara seperti ini sebaiknya menghindari liburan panjang akhir pekan. Karena akan membuat para karyawan banyak yang tidak bisa mengikutinya. Outing yang merupakan acara resmi kantor, akan lebih baik dilakukan di hari-hari efektif bekerja.

3. Riset Lokasi Tujuan Outing

Pemilihan lokasi kegiatan bisa dipertimbangkan berdasarkan anggaran, dan kebutuhan acara. Tidak selalu lokasi acara yang jauh akan lebih efektif dibandingkan dengan yang lokasinya dekat.
Kebutuhan acara tentunya berkaitan dengan tujuan dari acara tersebut. Dimana acara ini akan dikatakan sukses jika berhasil membuat para karyawan senang, sehingga bisa berefek pada kinerja atau produktivitas.

4. Persiapkan Akomodasi dengan Baik

Akomodasi ini berkaitan dengan kendaraan yang akan digunakan untuk transportasi dan juga penginapan. Tentunya karena acara bersama, membutuhkan kendaraan besar dan nyaman, seperti bus.
Begitu juga dengan tempat penginapan, tentunya harus memilih tempat yang nyaman dan dekat dengan kegiatan. Sehingga akan membuat waktu lebih efektif dan tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di perjalanan.

5. Persiapkan Konsumsi Sebaik Mungkin

Masalah konsumsi ini sangat berpengaruh terhadap sukses tidaknya sebuah acara. Sedikit saja membuat kecewa, tentunya akan membuat acara tidak berjalan dengan maksimal.
Dalam hal konsumsi ini tidak hanya makanan berat saja, makanan ringan ketika di perjalanan ataupun di dalam acara outing juga harus dipersiapkan. Pastinya dengan persiapan yang baik, acara akan semakin lancar dan sukses.

6. Siapkan Pengisi Acara dan Hiburan

Pengisi acara yang memandu outing sangat dibutuhkan. Carilah tenaga profesional untuk bagian ini, sehingga bisa membuat konsep gathering _yang sesuai, dan bisa berjalan maksimal.
Anda juga perlu mempertimbangkan untuk mendatangkan hiburan. Seperti musik, _stand up comedy
, sulap, dan lain sebagainya. Dua hal ini pasti akan membuat outing jadi lebih menyenangkan.
Pastikan Anda bekerjasama dengan Hanindo yang sudah memiliki pengalaman panjang di bidang EO ini. Selain itu, Hanindo juga memiliki jaringan yang luas, sehingga agenda _outing _ini bisa berjalan dengan lancar.

7. Tutup Acara dengan Berkesan

Banyak orang melupakan bagian penting yang satu ini. Padahal penutupan sebuah acara akan memberikan manfaat yang sangat baik terhadap kesan dari acara yang sudah dilakukan.
Penutupan tersebut juga harus dipandu sebaik mungkin oleh EO acara gathering. Acara tersebut bisa dalam bentuk pemberian hadiah, pengundian kupon, penghargaan, dan lain sebagainya.
Jangan lupa pula mendokumentasikan foto bersama, sehingga semua orang akan merasakan kebersamaan yang menyenangkan.
Itulah berbagai tips untuk menyusun acara outing kantor. Semakin baik dalam mempersiapkan acara, tentunya akan semakin mempermudah jalannya acara, sehingga tidak akan ada hal yang merepotkan.