February 28, 2023

Simak, Tips Memilih Saham yang Harus Dimiliki untuk Ikut dalam RUPS

Rapat umum pemegang saham merupakan rapat penting yang perlu dihadiri pemegang saham dan direksi. Rapat tersebut mendiskusikan masalah terkait laporan keuangan, gaji bahkan laporan tanggung jawab.
Untuk itu memilih saham agar bisa ikut RUPS perlu diketahui tips dan caranya. Karena itu memilih saham yang tepat perlu Anda ketahui agar bisa ikut rapat RUPS saham dan mendiskusikan masalah yang ada.

Tips Memilih Saham Agar Bisa Hadir di RUPS

RUPS saham bisa diselenggarakan dan diikuti oleh orang yang memiliki sahamnya. Agar Anda dapat mengikuti RUPS, simak tips dalam memilih saham untuk ikut RUPS.

1. Miliki 1 Lot Saham

RUPS saham bisa dihadiri oleh pemegang saham di mana investor perlu memiliki minimal 1 lot saham. Periode ini terhitung sejak 2 hari bursa sebelum recording date _(tanggal kepemilikan saham), konfirmasi tertulis dan KTP dalam memverifikasi data.
Anda dapat mengikuti RUPS setelah membeli saham pada periode _cum-date
. Cum-date sendiri merupakan istilah tanggal terakhir seseorang bisa mencatatkan dirinya sebagai pemegang hak.
Recording date sendiri adalah istilah tanggal catatan kepemilikan saham. Anda juga bisa menjual saham usai recording date dan menjual kembali sahamnya. Meski usai dijual Anda tetap bisa mendapat hak untuk ikut RUPS.

2. Konfirmasi Tertulis

KTUR atau konfirmasi tertulis merupakan bukti ikut serta Anda dalam rapat umum pemegang saham tahunan atau luar biasa. Setiap orang tidak akan menerima undangan ini dari perusahaan yang dibeli.
Namun, Anda perlu meminta konfirmasi tertulis untuk ikut RUPS dan wajib memintanya melalui sekuritas. Berikutnya, Anda bisa menerima KTUR tersebut melalui email dan wajib mencetaknya saat menghadiri RUPS.

3. Bawa Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Saat RUPS, Anda diwajibkan membawa KTP saat berada di ruangan. Hal ini penting untuk memperlihatkan data diri. Data diri tersebut berguna agar Anda mudah dikenali berdasarkan identitas dan mencetak KTUR sesuai ketentuan.

Alasan Pentingnya Ikut RUPS

Dengan mengikuti rapat umum pemegang saham luar biasa dan tahunan, Anda bisa tahu pengurus saham perusahaan. Seperti Anda memegang saham bank BCA, kemudian Anda mengikuti RUPS bank BCA.
Nantinya, Anda dapat melihat langsung jajaran direksi hingga komisari bank BCA. Disana Anda bisa mengenal direksi dan komisaris agar mengetahui orang yang telah mengelola perusahaan tersebut sejak lama.
Dengan mengikuti RUPS saham Anda dapat membuat keputusan penting pada perusahaan. Meski Anda memiliki jumlah saham sedikit, Anda tetap bisa diundang untuk mengikuti RUPS dan memberikan suara.
Meski jumlah saham banyak akan mempengaruhi wewenang dalam mengambil keputusan, setidaknya Anda dapat terlibat dalam pengambilan keputusan saat RUPS. Dengan ikut RUPS, Anda dapat bertanya seputar manajemen perusahaan.
Jika memiliki pertanyaan terkait RUPS saham, Anda dapat bertanya langsung dan menyampaikannya secara terbuka saat RUPS. Karena itu pastikan Anda tercatat dalam kepemilikan saham meski hanya memiliki 1 lot saham.
Saham perusahaan yang Anda beli, nantinya akan mengirimkan email berisi undangan RUPS. Setelah itu Anda dapat meminta KTUR (konfirmasi tertulis undangan rapat). Karena itu KTUR ini wajib dibawa saat sedang ke RUPS.
Tidak heran jika RUPS saham banyak investor datang untuk sumbangsih dalam mengambil keputusan penting. Dengan mengetahui tips memilih saham untuk RUPS, Anda bisa mengikuti RUPS sesuai syarat.
Cukup membeli satu lot saham, meminta KTUR Anda dapat mengikuti rapat umum pemegang saham yang bisa dihadiri oleh pemegang saham dan jajaran direksi.
Diadakannya RUPS, Anda dapat memilih _event organizer _seperti Hanindo. Berpengalaman sejak 2009, Hanindo telah melayani ratusan klien dan menjadi _event organizer _terbaik yang patut Anda pilih untuk mengadakan RUPS.
Dengan Hanindo, rapat umum pemegang saham pasti berjalan dengan lancar karena acara telah dipersiapkan dengan matang.