February 20, 2022

Mengapa Perlu Company Profile? Ini Alasannya

Company profile atau profil perusahaan, jelas punya peran penting. Khususnya sebagai penegas dalam mengidentifikasi bentuk maupun tujuan dari adanya perusahaan tersebut.
Maka, company profile perusahaan harus benar-benar mampu menginterpretasikan bidang apa yang tengah digeluti oleh perusahaan tersebut. Sehingga, alasan utama dari dibuatnya profil sebuah perusahaan, tak lain supaya publik lebih mudah mengenal kenapa perusahaan tersebut didirikan.
Alasan tersebut terinterpretasi pada fungsi dan tujuannya. Lalu, kira-kira apa fungsi pokok dari adanya profil perusahaan yang jelas? Dan, apa tujuan utama dari pembuatan profil perusahaan? Lebih lengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Company Profile

Pemahaman mengenai company profile secara ringkas berisi uraian gambaran tentang bisnis perusahaan. Meliputi segala aspek yang berkaitan dengan profil perusahaan. Mulai dari produk apa yang ditawarkan, layanan, fungsi dan tujuan dari hadirnya perusahaan tersebut.
Dengan adanya profil perusahaan maka publik akan lebih mengenal bentuk layanan atau produk yang ditawarkan perusahaan tersebut.

Fungsi Company Profile

Adapun fungsi company profile menurut para ahli ada berbagai macam pendapat. Namun, intinya sebagai metode dalam memberikan gambaran umum tentang perusahaan tersebut agar mampu memicu kesan positif bagi klien guna menunjang perkembangan bisnis.
Secara rincinya, fungsi profil perusahaan antara lain yaitu :

  • 1. Metode Promosi
    Adanya gambaran profil perusahaan, tentu harus memberikan kesan menarik bagi publik. Yakni, penjelasan yang sanggup memenuhi kebutuhan atau keinginan publik.
    Sehingga, adanya keterangan yang jelas, ringkas, dan padat soal profil dari perusahaan, secara tak langsung menjadi media dalam meningkatkan mutu komunikasi. Terutama antara pihak perusahaan dengan klien.

  • 2. Media Komunikasi dengan Klien
    Informasi soal produk atau layanan, karakter, maupun brand story perusahaan, harus tertuang dalam profil perusahaan.
    Dengan adanya info tersebut, jelas klien pun akan lebih percaya terhadap apa yang ditawarkan oleh perusahaan. Sehingga, tak heran jika isian gambaran profil pun bisa berfungsi sebagai alat komunikasi non-langsung yang cukup efektif.

  • 3. Alat untuk Meningkatkan Branding
    Selain itu, fungsi profil dalam perusahaan, pun juga turut mampu mendongkrak branding perusahaan. Dengan begitu maka akan membuka potensi keuntungan dari calon investor atau klien yang lebih besar.

Tujuan Company Profile

Selain fungsi, tentu tujuan dibangunnya profil dari perusahaan tak lepas dari unsur keuntungan dari aspek bisnis. Adapun detail tujuannya antara lain sebagai berikut :

  • 1. Pendekatan kepada Klien
    Pertama, tujuannya sebagai pendekatan kepada klien potensial dengan menawarkan keunggulan perusahaan. Antara lain meliputi kapasitas, kualitas, kebutuhan finansial serta pengalaman.
    Bahkan, sekaligus sebagai bukti atas kemampuan perusahaan dalam merintis dan mengembangkan bisnis usaha. Sehingga, terbangun kepercayaan publik.

  • 2. Membangun Kepercayaan Klien
    Tugas company profile salah satunya berperan dalam membentuk kesan profesional dan jaminan atas kebutuhan klien. Hal tersebut sangat terkait dengan kepercayaan klien sebagai feedback atas profil yang dibangun secara profesional.
    Dalam dunia bisnis, kepercayaan dari klien merupakan harga mahal yang tak bisa dibayar dengan uang. Maka, dengan adanya profil perusahaan profesional yang memiliki karakter kuat, jelas kepercayaan klien akan semakin kuat.
    Jadi, tak memungkiri jika kepercayaan menjadi salah satu penunjang dalam proses membangun sebuah bisnis/perusahaan.

  • 3. Menjangkau Publik secara Luas
    Memperkuat karakter perusahaan melalui manajemen profil yang tepat, tentu berpeluang dalam menjangkau klien secara lebih luas.
    Maka, pentingnya membangun profil yang profesional, jelas tak lepas dari tujuannya agar mampu menyentuh segmen yang lebih luas.

Hanindo : Siap Membantu Membangun Company Profile yang Profesional
Dalam membangun profil perusahaan, perlu keahlian khusus agar profil yang dibuat mampu menjadi alat efektif dalam mengembangkan perusahaan.
Jika Anda perlu jasa media creative untuk membangun profil perusahaan , tak perlu khawatir. Anda bisa percayakan kepada Hanindo sebagai penyedia jasa di bidang EO, periklanan maupun media creative. Kami siap membantu membangun company profile secara profesional.