October 23, 2022

Event Marketing - 5 Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengenalkan Produk Baru

Salah satu langkah paling efektif dalam mengenalkan produk baru adalah melalui event marketing. Kegiatan ini memiliki tujuan utama dalam mempromosikan produk, jasa, atau juga mengenalkan perusahaan itu sendiri.
Bagian penting dari pemasaran ini memiliki beberapa bentuk yang bisa dilakukan secara offline maupun online. Diantaranya seperti webinar, workshop, pameran, dan masih banyak lagi lainnya. Nah, simak 5 bentuk event marketing yang efektif dalam strategi pemasaran produk baru berikut!

1. Webinar

Bentuk kegiatan ini merupakan seminar yang bisa dilakukan secara online. Tidak hanya seminar, webinar juga bisa dalam bentuk talkshow dan juga diskusi yang membahas tentang suatu tema tertentu.
Namanya sebuah diskusi, tentunya akan ada pembahasan yang mendalam terkait sebuah topik tertentu. Sehingga orang yang akan berpartisipasi akan mengenal lebih dalam tentang topik yang berkaitan dengan produk baru.
Dari acara ini, perusahaan bisa menjangkau peserta yang terkendala dengan jarak dengan segmentasi yang bisa disesuaikan.
Sekarang ini webinar sudah sangat populer di masyarakat sebagai salah satu cara memperkenalkan produk yang efektif. Apalagi sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan dengan mudah. Seperti Google Meet, Zoom, Facebook Live, Instagram Live, dan masih banyak lagi lainnya.
Selain itu, seminar secara offline juga menjadi langkah yang efektif. Meski tidak bisa menjangkau lebih banyak responden yang terhalang jarak, tatap muka secara langsung akan memberikan kesan yang berbeda. Karena suasana yang meriah akan lebih kuat dirasakan secara emosi.

2. Workshop

Istilah ini sekarang lebih populer dari kata aslinya yaitu lokakarya. Kegiatan ini merupakan bentuk pelatihan untuk meningkatkan keterampilan atau pengetahuan tertentu.
Banyak perusahaan yang sudah menggunakan bentuk kegiatan ini untuk mengenalkan produk barunya. Terutama kepada jaringan bisnis di bawahnya yang lebih dekat dengan konsumen.
Workshop juga bisa dilakukan secara daring maupun pertemuan secara langsung. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, selain mengenalkan produk baru, juga meningkatkan kredibilitas perusahaan.

3. Trade Show

Event marketing yang satu ini juga biasa disebut dengan pameran produk. Bentuk kegiatan yang dilakukan berupa pameran berbagai produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
Dari pameran ini perusahaan bisa mengenalkan produk secara lebih mendalam, dan biasanya perusahaan juga memberikan berbagai promo untuk menarik konsumen.
Contoh pemasaran produk ini juga menjadi momen khusus untuk menunjukkan kualitas produk, dan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Karena perusahaan dianggap mampu memberikan jaminan terbaik dari produk-produk yang dipamerkan tersebut.

4. Bazar

Kegiatan ini sebenarnya sangat mirip dengan pameran produk. Hanya saja, perusahaan biasanya menggandeng mitra lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini.
Bazar biasanya dilakukan dalam periode yang pendek, dan bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen secara langsung. Dengan diadakannya bazar ini, konsumen berkesempatan untuk mendapatkan produk tertentu dengan lebih muda dan murah.

5. Launching Produk

Setiap produk yang baru pertama kali dimunculkan akan lebih efektif jika dilaunching dalam suatu peresmian. Agenda ini bisa dikatakan sebagai perayaan atas diluncurkannya produk baru dengan berbagai kegiatan yang menarik, seperti konser, festival, dan lain sebagainya.
Kegiatan ini tentunya akan mendorong hadirnya banyak pihak untuk menikmati suguhan acara yang diselenggarakan. Sehingga pihak perusahaan bisa menggunakan momen ini untuk memaksimalkan tujuannya dalam mengenalkan produk terbarunya.
Itulah 5 kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengenalkan produk baru secara lebih efektif kepada masyarakat. Apapun pilihan event marketing, Hanindo akan menjadi advertising agency terbaik yang siap membantu perusahaan membuat ide acara paling kreatif.