December 20, 2021

Apa itu Investor Gathering?

Crai Tahu Investor Garthering Lewat Artikel Ini
Event Organizer

Apa itu Investor Gathering?

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk  belajar berinvestasi di dunia ini. Salah satunya adalah dengan mengikuti acara investor gathering. Meskipun cukup asing dengan istilah tersebut, tapi Anda pasti tahu istilah investor dan gathering bukan? Jika kedua kata ini digabungkan maka akan memiliki pengertian yang sangat lengkap, yang tertuju pada suatu hal.

Ingin tahu apa investor gathering? Yuk langsung kita ulas saja.

Pengertian

Investor merupakan individu / lembaga / perusahaan / pengusaha baik yang berasal dari domestik maupun non domestik yang melakukan penanaman modal (investasi) sesuai dengan jenis yang dipilihnya dalam jangka pendek hingga jangka panjang.

Sementara, gathering adalah acara kumpul bersama yang biasa dilakukan oleh perusahaan / keluarga tiap periode tententu yang dikemas dengan kegiatan yang menarik.

![Gelar Investor Gathering dengan Jasa Hanindo](https://uploads-ssl.webflow.com/5b9cca1cafb451686ef5f579/5c85cc8f2a15a42ae3158d05_INVG CA4.jpg)

Tujuan gathering sendiri adalah untuk menjalin keakraban antara karyawan, pengusaha, keluarga, kolega, dan lain sebagainya. Gathering disebut juga sebagai outing. Jadi, dari kedua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa investor gathering (IG) merupakan acara kumpul bersama yang dihadiri oleh para investor maupun pengusaha guna memberikan / mendapatkan suntikan dana untuk bisnis tertentu.

Sama dengan jenis investasi lainnya, IG dapat menjalankan investasinya dalam jangka pendek hingga jangka panjang. Hanindo telah berkali kali dipercaya oleh beberapa perusahaan salah satunya Chandra Asri sebagai Event Organizer (EO) di berbagai acara, antara lain adalah acara Investor Gathering dalam rangka Penawaran Umum Obligasi .

Tujuan Investor Gathering

Gathering seringkali terkesan seperti menghambur-hamburkan uang hanya untuk sekadar bersenang-senang saja. Namun berbeda untuk acara investor gathering ini, di mana para lembaga / perusahaan memiliki maksud atau tujuan tertentu atas diselenggarakannya acara tersebut.

![apa itu investor gathering?](https://uploads-ssl.webflow.com/5b9cca1cafb451686ef5f579/5c85cd9840945abbcfde228e_INVG CA5.jpg)

Hampir setahun sekali, para investor mengadakan gathering bersama perusahaan besar maupun lembaga keuangan lainnya. Gathering yang dihadiri oleh para investor tersebut bertujuan untuk:

• Mengenalkan poduk / jasa / brand yang dimiliki oleh instansi / lembaga / perusahaan tertentu kepada para investor.

• Mengulik lebih dalam mengenai potensi yang ada dalam sebuah bisnis.

• Mengembangkan sebuah bisnis secara cerdas dengan menarik para investor.

• Untuk menyampaikan perencanaan dan pengembangan usaha melalui peminjaman modal dari para investor.

• Sebagai sarana refreshing baik bagi komponen perusahaan dengan investor.

• Untuk membentuk team wok yang solid.

• Mempererat hubungan antara pengusaha, investor, dan semua peserta gathering.

• Untuk meredam dan memperbaiki konflik maupun friksi antar perusahaan / individu.

• Meningkatkan kinerja, penjualan, dan pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan / lembaga secara maksimal.

Hal yang Dilakukan Investor

Investasi dikenal sebagai cara menanam modal yang nantinya akan memberikan keuntungan yang cukup besar. Namun bisa saja sebuah investasi justru membuat bosan para pelakunya (investor), sebab investasi ini belum tentu membuahkan keuntungan yang lebih sesuai dengan ekspektasi. Bahkan bisa saja membuat investor harus menunggu terlebih dahulu.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, investor biasanya akan melakukan analisa dan memahami pergerakan saham dan perusahaan / lembaga untuk ke depannya. Setelah itu, baru mereka akan membeli dan menunggu hingga analisanya terbukti benar.

Selain itu, mereka juga melakukan beberapa hal beriku ini:

• Memberikan suntikan dana untuk mengembangkan sebuah usaha yang nominalnya cukup besar.

• Mengetahui potensi bisnis yang dipaparkan dalam gathering tersebut.

• Mengetahui trac record, latar belakang perusahaan, dan kelayakan untuk dibiayai.

• Mempertimbangkan alokasi biaya, proteksi dana, pendapatan dari sebuah usaha / bisnis.

• Menganalisa ke arah mana usaha tersebut berkembang dan seberapa lama bisa bertahan.

• Menelaah lebih jauh untuk kemungkinan duplikasi terhadap bisnis yang sudah ada.

• Mengatur dan meberikan arahan.

![Apa itu Investor Gathering?](https://uploads-ssl.webflow.com/5b9cca1cafb451686ef5f579/5c85ce27e51777bb980dd362_INVG CA3.jpg)

Demikian penjelasan mengenai apa itu investor gathering. Dengan mengetahui hal tersebut, sekarang tentu Anda sudah tahu alasan kenapa Anda harus sering-sering hadir di acara seperti ini. Bagi para emiten, Anda mungkin akan kerepotan jika tidak dibantu oleh EO dalam penyelenggaraan Investor Gathering. Sebab itu, Hanindo hadir sebagai penyedia jasa dalam menyelenggarakan Investor Gathering.