January 31, 2023

9 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Sebuah Perusahaan IPO di 2023

IPO perusahaan merupakan hal penting sebelum investor dan publik menyetorkan dana ke perusahaan tersebut. Karena itu IPO menjadi kesempatan baru untuk perusahaan membuka sahamnya dan mengenalkan profil perusahaan tersebut.
Dengan IPO, publik menjadi tahu visi misi serta keuangan perusahaan sehingga mereka dapat mempercayai apakah perusahaan tersebut layak IPO atau tidak. Di sisi lain ada hal yang perlu Anda perhatikan sebelum perusahaan IPO.

Apa Itu IPO ?

Dalam saham terdapat istilah IPO. IPO singkatan dari initial public offering, di mana perusahaan menjual sahamnya ke publik. Hal ini membuat investor berpikir untuk membeli saham tersebut sebelum melihat prospektus atau profil perusahaan sebagai biodata saat IPO.
Untuk itu IPO menjadi kesempatan emas bagi investor maupun orang yang ingin memiliki saham perusahaan yang sedang IPO karena akan mendapat harga terjangkau.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat IPO Perusahaan Berlangsung

Sebelum IPO, banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari profil hingga visi perusahan tersebut di masa depan. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat IPO perusahaan, apa saja?

1. Lihat Profil Perusahaan dan Tujuan IPO

Melihat profil perusahaan merupakan hal penting agar Anda dapat melihat perusahaan tersebut apakah berpotensi baik di masa depan jika Anda membeli sahamnya. Karena itu, pahami profil perusahaan lebih dalam.
Mulai dari siapa pemilik perusahaan, visi dan misi hingga laporan keuangannya merupakan hal penting untuk diketahui. Hal ini akan berdampak pada pertumbuhan bisnis perusahaan jika memiliki prospektus atau profil perusahan yang baik saat IPO.
Di sisi lain tujuan untuk IPO perlu diketahui agar investor setuju dan ingin berinvestasi di saham perusahaan tersebut. Alasan di balik IPO perusahaan akan berpengaruh pada performa saham kedepannya.
Untuk itu IPO bisa dilihat dari keputusan perusahan seperti tambahan dana untuk ekspansi bisnis maupun dampaknya bagus untuk investor di masa depan.

2. Lihat Prospektus dan Penjamin Efek Perusahaan

Prospektus perusahan sendiri saat IPO saham adalah profil perusahaan yang memuat informasi mengenai perusahaan tersebut. Isi dari prospektus ini bisa dibaca oleh investor sesuai kebutuhan agar dapat memutuskan untuk membeli saham.
Di sisi lain, Anda juga harus melihat penjamin emisi efek yang memiliki andil dalam masa depan IPO perusahaan. Underwriter ini berperan dalam melakukan evaluasi dalam nilai perusahaan sehingga dapat menentukan saham yang dijual.
Selain itu, perusahaan yang menggunakan jasa tersebut bisa dilihat dari kinerja underwriter saat menjalankan proses IPO.

3. Lihat Prospek Masa Depan dan Jenis Sahamnya

Informasi IPO saham ini perlu memperhatikan prospek masa depan saham tersebut dari profil dan misi perusahaan. Tujuan IPO yang jelas dan melihat prospek bisnis dari analisis prospektusnya menjadi cerminan saham tersebut di masa depan.
IPO saham biasanya akan menguat setelah beberapa hari masuk pasar, karena itu setiap investor harus teliti dalam melihat prospektus agar tidak salah memilih saham sehingga tujuan dan potensi bisnisnya bagus.
Selain itu, saham untuk sektor perbankan memiliki potensi yang besar dan menguntungkan. Hal itu disebabkan karena perbankan memiliki kredit masif dan rendah restrukturisasi sehingga kualitas asetnya dapat membaik.
Jangan lupa untuk memilih saham berdasarkan jenis dan kebutuhan Anda. Mulai dari blue chip stocks, income stocks, growth stocks dan speculative stock bisa Anda pilih risiko untuk mengelola keuntungan saham tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan saat IPO saham adalah menyewa event organizer seperti Hanindo agar IPO berjalan sesuai rencana. Telah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun, hanindo menawarkan jasa EO terbaik di Jakarta. Dengan Hanindo, acara IPO saham yang ditangani oleh event organizer ini tentunya berjalan lancar dan menghemat anggaran.