December 23, 2020

Virtual Event VS Seminar Offline, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Ketahui perbedaan dari kegiatan virtual event dan seminar online di bawah ini serta masing-masing kelebihan dan kekurangannya.
Event Organizer

Di zaman sekarang, kegiatan serba menjadi online. Harus dilakukan menggunakan akses internet atau di dalam jaringan. Salah satu yang bisa Anda jumpai adalah kegiatan seminar secara online. Kegiatan seminar online ini sering disebut dengan webinar (web seminar). Kegiatan seminar online atau virtual event ini juga memiliki dampaknya sendiri. Ada banyak kekurangan dan kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Walaupun demikian, kegiatan seminar online sendiri banyak yang sukses berjalan. Itu juga membuat kegiatan seminar menjadi lebih efisien dan efektif daripada seminar offline.

Kelebihan dan Kekurangan Seminar Offline

Seperti yang biasa Anda lihat, seminar offline umumnya dilaksanakan oleh orang banyak dan di suatu ruangan yang cukup besar. Tetapi, di masa seperti ini, kegiatan seminar offline tidak bisa terlaksana. Jadi, orang-orang beralih dari seminar offline menjadi seminar online. Biasanya orang juga menggunakan jasa virtual event organizer Hanindo untuk mengurus kegiatan tersebut agar lebih mudah. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari adanya seminar offline itu sendiri? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

1. Kelebihan Seminar Offline

Berikut kelebihan dari adanya seminar offline :

a. Kegiatan seminar offline tentunya tidak membutuhkan akses internet untuk mendengarkan pematerian yang diberikan. Pemateri tinggal menjelaskan saja di depan peserta. Kemudian, peserta bisa fokus mencatat isi dari materi yang disampaikan.

b. Sesama peserta seminar bisa terjalin relasi yang lebih kuat. Mengapa demikian? Karena dengan bertemu langsung orang akan merasa lebih mudah dalam berkomunikasi. Pembicaraan juga bisa dilakukan secara intens. Yang awalnya tidak saling kenal, bisa mendapat relasi yang lebih luas lagi.

Virtual Event VS Seminar Offline, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

2. Kekurangan Seminar Offline

Berikut kekurangan dari adanya seminar offline :

a. Melaksanakan kegiatan seminar offline tentu membutuhkan waktu yang sangat panjang. Ini tentunya tidak fleksibel dibandingkan kegiatan virtual event. Sebagai contoh misalnya waktu yang dihabiskan untuk perjalanan menuju tempat seminar.

b. Seminar offline tentunya membutuhkan banyak biaya. Mulai dari biaya transportasi, konsumsi, sewa tempat, dan yang lainnya. Biayanya akan jauh lebih besar dibandingkan kegiatan seminar online. Belum lagi penyelenggara yang mengundang seorang event organizer untuk mengatur acara. Ini akan menambah biaya yang harus dikeluarkan.

Kelebihan dan Kekurangan Seminar Online

Kegiatan seminar online banyak dilaksanakan di masa sekarang ini, karena dinilai lebih efektif dibandingkan seminar offline. Seminar online  juga mendukung anjuran pemerintah untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Maka, tak sedikit orang yang mengalihkan kegiatan seminar offline ke seminar online. Bukan hanya seminar offline, seminar online juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Di bawah ini kelebihan dan kekurangannya :

1. Kelebihan Seminar Online

Berikut kelebihan dari adanya seminar online :

a. Pelaksanaan seminar online tentunya membuat orang lebih fleksibel dalam waktu dan tempat. Orang dapat mengakses seminar tersebut di mana saja dan kapan saja. Tidak terikat oleh waktu dan tempat. Orang hanya membutuhkan koneksi internet agar bisa ikut dalam seminar online tersebut.

b. Virtual event juga lebih menghemat banyak biaya jika dibandingkan dengan seminar offline. Pasalnya, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk transportasi, sewa gedung, ataupun konsumsi. Anda juga jadi lebih hemat dalam urusan biaya.

Virtual Event VS Seminar Offline, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

2. Kekurangan Seminar Online

Berikut kekurangan dari adanya seminar online :

a. Kekurangan dari berlangsungnya seminar online adalah para peserta tidak bisa berkenalan satu sama lain. Peserta tidak bisa menjalin komunikasi langsung. Relasi atau hubungan yang didapat tidak lebih kuat dari kegiatan seminar offline.

b. Jika seminar online sendiri bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, seminar online sendiri tetap membutuhkan koneksi internet dan juga listrik. Di mana listrik tersebut berfungsi untuk menghidupkan perangkat komputer atau laptop yang digunakan untuk webinar. Juga, tanpa adanya koneksi internet, kegiatan seminar online tidak bisa berjalan.

Itulah perbedaan dari adanya seminar offline dan online. Masing-masing juga memiliki kelebihan serta kekurangan. Jika Anda masih bingung untuk melaksanakan seminar online, Anda bisa menggunakan jasa virtual event organizer Hanindo untuk membantu kegiatan tersebut. Dengan begitu, kegiatan bisa berjalan sesuai dengan rencana dan keinginan Anda.