December 30, 2020

Virtual Event – Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Anda Perhatikan

Dalam kondisi seperti sekarang ini, virtual event akan menjadi media yang sangat membantu ketika mengadakan suatu acara.
Event Organizer

Di zaman sekarang ini, mengadakan suatu event sudah tidak perlu repot lagi menyiapkan segala sesuatunya. Cukup dengan menggunakan kemajuan teknologi yang ada, segala apapun bisa lebih mudah. Seperti yang sudah dilakukan oleh banyak perusahaan ketika mengadakan suatu event, mereka menggunakan basis event virtual yang saat ini sedang marak digunakan. Virtual event merupakan istilah dari mengadakan acara atau event secara online memanfaatkan koneksi internet. Acara bisa bersifat kecil atau yang bersifat besar sekalipun, yang dihadiri oleh ribuan orang. Semua bidang boleh mengadakan event dengan teknik ini, Tidak terpaku pada perusahaan besar saja, sejumlah perusahaan kecil, universitas, hingga banyak sektor sudah banyak memanfaatkan event virtual ini. Namun, tentunya teknik ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus anda ketahui sebelumnya. Yuk kita cari tahu.

Kelebihan dan Kekurangan dari Virtual Event

Walaupun terkesan teknik yang canggih karena memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang sekarang, virtual event tetap memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui sebelum memulai suatu acara. Simak penjelasan berikut ini:

1. Kelebihan Virtual Event

Berikut ini adalah kelebihan dari event virtual, diantaranya adalah:

a. Tidak Memerlukan Biaya Besar

Umumnya, mengadakan suatu event perlu biaya yang cukup besar untuk menyewa ruangan, konsumsi, transport, dekorasi dan segala persiapan yang berkaitan dengan teknis acara. Dengan adanya event virtual, semua biaya itu bisa dipangkas, bahkan tidak perlu lagi menyiapkan semua keperluan itu. Justru yang diharapkan adalah anda bisa lebih memaksimalkan kualitas acara, seperti penyuguhan materi yang berkualitas, pelayanan yang baik, dan koneksi internet yang stabil, sehingga memberikan pengalaman dan kesan yang baik bagi para audiens yang mengikutinya.

b. Tempat Berbagi Terbaik

Sudah tidak diragukan lagi, bahwa virtual event tentu merupakan kegiatan terbaik untuk berpromosi dan memasarkan produk serta berbagi informasi penting kepada banyak orang. Semua itu bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan dengan siapa saja di seluruh dunia tanpa mengenal batas. Hal ini sudah pasti akan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan yang mengadakan event.

c. Lebih Ramah Terhadap Lingkungan

Tanpa disadari, mengadakan suatu acara menggunakan event virtual, anda sudah menyelamatkan lingkungan dari emisi CO2  (karbondioksida) yang dihasilkan dari kendaraan yang harusnya dilakukan jika mengadakan event secara tatap muka. Hal ini tentunya lebih ramah lingkungan, karena event bisa diikuti dari tempat tinggal masing-masing.

Virtual Event – Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Anda Perhatikan

2. Kekurangan Virtual Event

Tiap kelebihan pasti ada kekurangannya. Berikut ini adalah kekurangan dari event virtual, agar anda dapat mempersiapkan acara lebih matang dan mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi:

a. Kurangnya Perhatian Audien

Dikarenakan bersifat online dan tanpa adanya tatap muka sedikitpun, maka terkadang event virtual lebih sedikit mendapatkan perhatian para audien ketika tahap promosi. Oleh karena itu, diperlukan promosi event yang menarik sebelumnya, guna mendapatkan perhatian banyak orang untuk mengikuti event yang akan diadakan. Anda bisa menggunakan jasa event organizer Jakarta Hanindo yang sudah berpengalaman di bidangnya.

b. Koneksi Internet yang Harus Stabil

Agar dapat berjalan lancar dan dinilai berkualitas baik, tentunya event virtual memerlukan jaringan internet stabil. Jika hal tersebut tidak lancar, maka acara akan mengalami banyak kendala, yang pastinya akan berdampak pada kualitas acara dan pandangan banyak orang pada event yang diadakan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari virtual event yang perlu anda ketahui ketika ingin mengadakan suatu acara. Selalu pertimbangkan baik dan buruknya ketika mengadakan suatu acara. Tetap utamakan kualitas dan kenyamanan para pengguna dan selalu siapkan rencana cadangan apabila di pertengahan acara mengalami hal-hal yang tidak terduga.