December 31, 2020

Virtual Event: 5 Tips agar Webinar Tidak Membosankan

Bisakah membuat virtual event berupa webinar yang menyenangkan dan tidak membosankan?
Event Organizer

Anda pasti menyadari, bahwa seminar yang diselenggarakan secara tatap muka belum tentu menarik bagi para audiens. Apalagi seminar yang dilakukan secara online atau webinar, pasti sangat sulit untuk membuat kemasannya jadi menarik. Namun hal tersebut bukan suatu hal yang mustahil lho, karena Anda masih bisa menciptakan virtual event berupa webinar yang tidak membosankan.

Pasti kini Anda bertanya-tanya, bagaimana cara membuat webinar yang menarik dan tidak membosankan. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan mengikuti berbagai tips agar webinar tidak membosankan. Lalu, apa saja tipsnya?

Kumpulan Tips agar Virtual Event Webinar Tidak Membosankan

Membuat webinar tentu saja tidak seperti membuat seminar pada umumnya. Mungkin webinar terlihat lebih ringkas, karena tidak memerlukan tempat untuk menyelenggarakannya. Namun, webinar lebih banyak risikonya, lho, karena banyak calon peserta yang takut mengikutinya dengan alasan “pasti membosankan” sebab tidak bertatap muka secara langsung.

Nah, bagi Anda yang ingin menyelenggarakan virtual event berupa webinar dan bekerjasama denga Hanindo, ikuti tips ini:

1. Konten Relevan

Konten yang relevan merupakan kunci utama untuk menarik para audiens, terlebih pada acara-acara yang bersifat online seperti webinar. Dengan demikian, Anda harus memastikan secara benar-benar, bahwa konten yang akan disampaikan sangat relevan dan bermanfaat.

Lalu, bagaimana caranya membuat konten seperti yang telah disebutkan di atas? Nah, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat polling atau survey beberapa minggu sebelum webinar diselenggarakan.

Pastinya polling dan survey tersebut berhubungan dengan webinar Anda nantinya. Dengan hasil polling dan survey, Anda bisa membuat konten yang banyak diminati oleh para calon audiens.

2. Story Telling, but Keep it Short

Pada virtual event seperti webinar, memori otak bekerja lebih baik dengan asupan materi yang disampaikan secara naratif. Maka dari itu, Anda bisa menyampaikan materi dengan cara story telling yang masih berkaitan dengan kehidupan nyata, studi kasus, maupun metafora yang luar biasa.

Pasalnya, dengan bercerita, audiens akan jauh lebih tertarik dan fokus pada apa yang Anda sampaikan selama webinar berlangsung. Kabar baiknya, webinar dengan penyampaian layaknya bercerita ini sangat diminati dan tidak membosankan sama sekali.

3. Presentasi yang Fleksibel

Gaya presentasi yang akan Anda tampilkan dalam webinar juga dapat mempengaruhi mood audiens, lho. Dengan demikian, jika Anda menyampaikan presentasi yang monoton dan asal-asalan, sudah dapat dipastikan audiens akan merasa bosan.

Nah, untuk menghindari kebosanan para audiens Anda, lakukan presentasi yang fleksibel. Anda bisa mengkombinasikan beberapa gaya presentasi menjadi satu, mulai dari gaya tradisional, visual, maupun aktivitas interaktif.

Selain itu, isi presentasi yang akan disampaikan jangan terlalu kaku, walaupun materi tersebut bersifat serius. Anda bisa menyisipkan aneka jokes yang sesuai dan tentunya tidak melanggar norma-norma yang berlaku, agar webinar tidak membosankan.

4. Pertimbangkan Property

Untuk menciptakan webinar yang tidak membosankan, Anda bisa menggunakan aneka property pendukung. Contohnya saja papan tulis, atau bahkan property nyeleneh yang mengasyikkan. Pasalnya, event seserius mungkin harus diselipkan humor, agar audiens tidak cepat bosan.

5. Quick Quiz

Inilah kunci paling jitu untuk menciptakan webinar yang luar bisa dan tidak membosankan. Anda bisa membuat quick quiz pada penghujung acara webinar, dengan cara melemparkan berbagai macam pertanyaan terkait materi webinar kepada audiens. Dengan begitu, dijamin para audiens tidak akan punya celah untuk bosan.

Semua tips di atas bisa Anda terapkan pada virtual event webinar, dijamin seminar online yang Anda selenggarakan tidak akan membosankan sama sekali. Bahkan, para peserta yang mengikutinya pasti akan menunggu webinar selanjutnya dari Anda.