September 28, 2020

Tips Memilih Topik Webinar Yang Menarik Di 2020

Simak beberapa tipsnya supaya Anda bisa membuat tema seminar online yang menarik.
Event Organizer

Seminar online memang tengah populer saat ini. Beragam hal menarik bisa Anda dapatkan dengan mengikuti seminar masa kini yang lebih akrab disebut webinar tersebut. Di samping itu, ternyata seminar online juga menjadi sarana berbagi informasi yang menarik, dan berpeluang untuk menjadi sumber penghasilan potensial. Untuk menyelenggarakan webinar yang optimal, Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo selaku EO terbaik diJakarta.

5 Tips Memilih Topik Webinar Menarik Tahun 2020

Jika Anda termasuk orang yang gemar berbagi pengetahuan dan informasi, maka melangsungkan seminar secara digital menjadi alternatif yang baik. Meski begitu, Anda harus jeli mencari topik agar banyak orang tertarik untuk bergabung dengan seminar online Anda. Berikut ini ada beberapa tips menemukan topik menarik untuk seminar online:

1. Topik terkini

Tentunya, orang-orang gemar mendiskusikan hal yang sedang hangat dibahas. Isu-isu terkini bisa Anda dapatkan dari membaca berita atau menyaksikan siaran televisi. Anda pun bisa mengasah kemampuan dan kepekaan diri Anda dalam menemukan permasalahan di sekitar Anda dan menjadikannya sebagai sebuah topik menarik. Bisa mengenai lingkungan, pergaulan, dan lain sebagainya. Setelah menemukan satu isu yang Anda pilih, selanjutnya lakukanlah sedikit penelitian. Gunanya adalah agar pembahasan topik tersebut tidak terkesan hambar. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang isu tersebut, maka jalannya webinar akan semakin seru. Perlu dicatat, tak selamanya perdebatan itu buruk. Justru bisa menambah wawasan baru. Penelitian yang dimaksud bisa mengikuti pola penulisan berita. Yaitu, terapkan unsur 5W + 1H. Dengan mengetahui semua unsur tersebut, Anda memiliki cukup banyak bahan yang saling terkait satu sama lain.

2. Cakupan umum dan sederhana

Usahakan membuat topik seminar online yang cakupannya umum. Dalam arti, tidak membahas yang terlalu detail, apalagi jika seminar tersebut adalah pertama kali bagi Anda. Lain halnya jika Anda membuat konsep webinar yang berseri. Ada alasan mengapa sangat disarankan untuk mengangkat tema yang sederhana namun umum. Tujuannya adalah supaya ada kedekatan dengan para peserta. Mungkin saja beberapa peserta seminar online ada yang mengetahui kulit luar tentang topik yang Anda bawa. Selanjutnya, bisa saja terjadi komunikasi 2 arah alias diskusi hangat yang sehat karena ada something in common antara topik dengan peserta seminar digital.

Tips Memilih Topik Webinar Yang Menarik Di 2020

3. Pengembangan tema

Disarankan agar Anda mengangkat satu tema utama untuk satu sesi seminar.  Kemudian, buat alternatif aliran tema tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mengatur flow seminar digital terrsebut. Meski demikian, jangan tumpahkan semua buah dari dalam keranjangnya. Bertahan saja dengan konsep 5W + 1H yang sudah dibahas sebelumnya. Kita buat contoh, Anda mengangkat tema prediksi hasil pertandingan sepak bola. Cukuplah Anda membahasnya hanya untuk satu pertandingan itu saja. Jangan dikembangkan hingga beberapa pertandingan selanjutnya. Biarlah yang berikutnya dijadikan agenda untuk seminar online selanjutnya.

4. Sumber kredibel

Sebuah topik pasti akan sangat menarik jika Anda bisa menggali kisah atau bahkan menghadirkan langsung orang yang terlibat dalam isu tersebut. Jika sumber informasi tersebut merupakan pelaku langsung di kehidupan, maka kredibilitas topik Anda berpeluang untuk menarik. Karena, orang-orang cenderung lebih menyukai apa yang disampaikan oleh orang yang terlibat dalam sesuatu, ketimbang mendegarkannya dari orang lain yang juga cuma mendengar kisahnya semata. Sebagai contoh, di tengah pandemi Covid-19, Anda membuat topik tentang bertahan dari virus itu dengan menghadirkan survivor dari virus Corona. Hasil seminarnya pasti akan menggugah banyak orang bahwa kita bisa melawan virus tersebut.

5. Judul menarik

Pembuatan judul termasuk dalam poin penting untuk merangkum sebuah topik. Bagaimanapun juga, judul yang menarik tentu dapat membangkitkan minat orang-orang agar mau bergabung dengan seminar digital yang Anda selenggarakan.

Demikian tadi beberapa hal yang berpotensi membuat topik atau tema seminar digital Anda lebih menarik. Maksimalkan manfaat webinar Anda untuk berbagai kebutuhan Misalnya untuk promosi, pelatihan, sharing pengetahuan, bahkan untuk menjadi penghasilan tambahan di kala pandemi menerpa dunia. Selamat mencoba!