September 30, 2019

Tampak Berkesan, Cari Tahu Cara Membuat Company Profile dari Media yang Digunakan Sampai Isinya

Company Profile sangat penting dimiliki perusahaan, cari tahu cara membuat comprof lewat artikel ini.
Creative Media

Salah satu hal penting yang harus dimiliki perusahaan adalah membuat company profile. Company Profile sering disingkat menjadi comprof yang memiliki tujuan untuk media promosi, syarat bergabung dalam komunitas dan syarat pengajuan pinjaman jika perusahaannya berada di bidang keuangan.

Pembuatan comprof diperlukan karena dirasa cara paling efektif dan efisien dalam menginformasikan tentang profile perusahaan kepada khalayak umum. Namun comprof yang baik tentu harus disusun dengan desain dan tampilan yang bagus. Untuk itu cara membuat company profile harus benar dan gunakan media yang tepat.

Cara Membuat Company Profile yang Bagus

Memiliki tampilan comprof yang bagus tentu lebih mengundang daya tarik seseorang untuk membaca dan mengetahui isi dari comprof Anda. Agar tampilan comprof bagus, maka Anda bisa ikuti cara membuatnya di bawah ini:

1. Buatlah Profil Perusahaan Secara Singkat, Padat dan Jelas

Menjelaskan mengenai produk perusahaan akan lebih baik jika menggunakan cara yang efektif dan efisien. Dengan begitu tidak banyak membuang waktu dan target pasar jadi lebih fokus mengetahui informasi yang ingin disampaikan. Jadi dalam pembuatan comprof harus singkat, padat dan jelas.

Ketika membuat comprof dalam bentuk teks cukup dua halaman kertas folio saja jangan lebih. Pembaca sangat jarang yang membaca profil perusahaan secara keseluruhan akan tetapi hanya dibaca secara sekilas saja. Kalau Anda membuatnya dalam bentuk video maka buatlah dengan durasi yang pendek agar penonton tidak jenuh.

2. Langsung ke Pokok Persoalan

Dalam membuat company perusahaan tidak perlu bertele-tele dan banyak basa basi. Langsung saja tuliskan pokok persoalan dari informasi perusahaan yang ingin disampaikan kepada pembaca. Tujuannya supaya pembaca bisa langsung menangkap isi dari comprof yang Anda buat.

Dalam membuatnya Anda bisa coba dengan memilih gambar yang paling menarik dari stok yang ada. Pilih juga kata-kata yang paling dibutuhkan dan sangat penting diketahui oleh pembaca. Untuk setiap headline diberi tulisan yang lebih tebal atau beda warna. Buatlah headline yang menarik dari setiap informasi yang ingin dibuat.

3. Gunakan Data yang Akurat

Data yang tertuang dalam comprof harus terjamin keakuratannya. Hal ini sangat penting karena data yang akurat akan menambah kepercayaan pembaca terhadap perusahaan Anda. Dari informasi brosur comprof yang Anda buat terkadang pembaca langsung konfirmasi terkait informasi yang tertuang dalam brosur comprof.

Terutama dalam hal kelebihan yang dimiliki perusahaan buatlah yang sesuai dengan kenyataan yang ada. Meskipun niat Anda untuk menarik pembaca agar menggunakan produk atau jasa perusahaan tapi kejujuran tetap harus diutamakan. Hal ini berguna menjaga kepercayaan pembaca untuk efek jangka panjang.

4. Informasikan Data yang Ter-Update

Informasi yang Anda sajikan juga sebaiknya yang up to date. Misalnya saja Anda menawarkan sebuah promo potongan harga sampai 50% di bulan ini. Maka promo tersebut harus ada ketika brosur disebarkan. Jangan sebarkan brosur kalau ternyata promonya sudah terlewat karena hanya akan mengecewakan pembaca.

Supaya comprof yang Anda buat selalu up to date maka bisa diatur cara pembuatannya. Anda bisa coba membuatnya enam bulan sekali atau jika ada perubahan informasi penting dalam perusahaan langsung ganti brosur yang lama. Agar lebih jelas, sertakan juga up date info perusahaan terkini bisa langsung hubungi kontak yang tertera.

5. Sajikan Company Profile dengan Cara yang Kreatif

Pembuatan comprof yang biasa saja tidak akan menarik pembaca untuk sekedar melihat atau membacanya. Biasanya kalau sajian comprof biasa saja cuma akan dibuang begitu saja. Sayang sekali bukan kalau brosur yang dibuat hanya untuk dibuang di tempat sampah.

Agar citra perusahaan baik dan bisa memberikan kesan profesional maka Anda bisa membuat comprof yang kreatif. Mulai dari pemilihan Bahasa, gunakanlah Bahasa yang verbal dan visual. Jadikan brosur yang bisa membangkitkan minat, perhatian dan kesan positif. Dengan begitu akan mudah dinikmati dan diterima pembaca.

Cari Tahu Cara Membuat Company Profile dari Media yang Digunakan Sampai Isinya
Company Profile Versi Video

Isi Company Profile Perusahaan

Jika Anda sudah tahu cara membuatnya maka sekarang ketahui tentang isi dari company profile yang akan Anda buat. Company profil perusahaan sebaiknya dirancang dari segi desain, kata-kata dan pilihan bahan yang terbaik. Untuk isi comprof bisa Anda ketahui di bawah ini.

1. Cover depan (wajib)

Untuk cover depan ini sifatnya wajib dan isikan dengan judul/nama perusahaan.

2. Kata pengantar (opsional)

Kata pengantar ini tidak wajib tapi alangkah baiknya kalau disertakan juga.

3. About us/tentang kami

Di bagian ini Anda bisa coba isikan tentang perusahaan. Bisa juga juga tentang sejarah berdirinya, bergerak dibidang apa dan isikan apa saja yang kiranya bisa menarik dengan pilihan kata yang tepat.

4. Visi misi (opsional tapi penting)

Company profile hampir semuanya tercantum visi misi. Meskipun ini sifatnya optional tapi penting untuk diisikan.

5. Produk/jasa perusahaan (wajib)

Untuk produk atau jasa wajib Anda cantumkan karena ini adalah pokok dari pembuatan brosur company profile agar diketahui pembaca.

6. Kelebihan (Opsional tapi penting)

Kelebihan perusahaan ini optional tapi agar pembaca bisa tertarik dan berminat untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda, lebih baik disertakan.

7. Pengalaman perusahaan (opsional)

Pengalaman perusahaan ini tujuannya hampir sama dengan point 6 yaitu agar pembaca bisa lebih tertarik dan percaya dengan Anda.

8. Galeri foto (opsional)

Galeri foto tidak wajib dicantumkan. Tapi dengan adanya foto brosur jadi lebih bagus dan pembaca tahu aktivitas yang dilakukan maupun produk yang ditawarkan.

9. Daftar klien (opsional tapi penting)

Daftar klien meskipun terlihat sepele tapi ini bisa menjadi daya tarik terbesar bagi perusahaan. Sebaiknya cantumkan dengan memasangkan logo klien pada brosur.

10. Cover belakang & kontak informasi (wajib)

Nomor telepon, email, fax dan kontak alamat bisa Anda coba lampirkan di cover belakang ini.

Cover belakang wajib dipasang informasi kontak alamat, nomor telepon, fax, email, dll.

11. Lainnya (opsional)

Jika masih ada informasi yang penting maka bisa juga ditambahkan misalnya saja peralatan atau perlengkapan perusahaan, struktur organisasi dan scan legalitas.

Media Pembuatan Company Profile yang Bagus

Banyak sekali media yang bisa Anda gunakan dalam membuat comprof ini. Media yang digunakan tergantung dari jenis comprof yang dibuat. Jika comprof yang dibuat dalam bentuk cetak maka bisa gunakan Corel Draw dan Adobe Illustrator supaya tampilan jadi lebih menarik. Jika Anda menginginkan dalam bentuk video animasi misalnya saja dengan Anime Studio.

Membuat company profile yang bagus tentu memerlukan keahlian khusus. Company profile tidak bagus tentu pembaca jadi tidak tertarik untuk membaca informasi yang Anda berikan. Desain sendiri comprof memang tidak mudah. Tapi sekarang ini ada jasa pembuatan company profile yang bagus, seperti Hanindo. Jadi tidak perlu susah payah dan banyak membuang waktu Anda untuk mendesainnya sendiri. Hanindo menawarkan jas amembuat company profile dengan media tercetak maupun media video. Sebagai salah satu agency yang professional, Hanindo mampu menyajikan company profile Anda dengan menarik dan informatif.