May 22, 2020

Seberapa Jauh Peran Laporan Keuangan Bagi Calon Investor?

Peran laporan keuangan perusahaan bagi para investor sangat penting, yuk cari tahu informasinya lewa artikel berikut.
Advertising

Ada beberapa aspek dalam pelaksanaan operasional perusahaan yang harus diperhatikan dengan detail, mulai dari perencanaan strategi, pelaksanaannya, hingga tahap evaluasi. Hal lain yang juga tak kalah pentingnya adalah menyusun  laporan keuangan perusahaan untuk iklan koran yang detail dan tercatat rapi. Seperti yang diketahui masalah keuangan merupakan hal sensitif dan krusial bagi perusahaan, oleh sebab itulah laporan keuangan perusahaan menjadi aspek penting yang harus dipersiapkan dengan lengkap. Laporan keuangan bukan hanya ditujukan untuk bagian internal perusahaan, namun juga menjadi dokumen pertimbangan yang penting bagi para investor.

Peran Laporan Keuangan Bagi Calon Investor

Lalu seberapa penting hal ini bagi calon investor? Berikut ini adalah beberapa peran laporan keuangan, khususnya untuk pihak luar seperti calon investor perusahaan.

Menjadi tolok ukur jenis investasi

Dalam mengambil peran dalam saham sebuah perusahaan, investor memiliki 2 buah pilihan, yang pertama adalah melakukan pembelian sahamnya, dan yang kedua adalah menggelontorkan dana pinjaman kepada pihak perusahaan, dengan surat obligasi. Untuk menentukan mana yang akan dipilih investor memerlukan rincian dari laporan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini berguna untuk melakukan komparasi terkait keuntungan dan kerugian antar jenis investasi tersebut.

Menjadi bahan proyeksi investasi

Fungsi selanjutnya dari laporan keuangan bagi para investor adalah menakar kemungkinan dalam berinvestasi. Katakan saja laporan keuangan ini berperan penting untuk memperlihatkan performa perusahaan kepada para investor. Dari sini nantinya akan diketahui mengenai bagaimana siklus uang keluar dan masuk perusahaan, bagaimana kemungkinan proyeksi kerugian juga keuntungannya dalam jangka waktu kedepan, dan pastinya bagaimana keberlangsungan investasi yang mungkin akan dilakukan nanti. Jika laporan keuangan dirasa memenuhi syarat kepuasan investor, maka bisa dipastikan saham yang diakuisisi akan bernilai besar. Namun jika dirasa laporan keuangan yang ada tidak memuaskan, maka akan mempengaruhi keyakinan investor untuk melakukan penanaman modal.

Seberapa Jauh Peran Laporan Keuangan Bagi Calon Investor?

Media pengembangan relasi

Selain menjadi bahan pertimbangan investasi, laporan keuangan juga kerap dijadikan sebagai media untuk menarik relasi. Karena itu tak heran jika banyak perusahaan yang pasang iklan koran untuk mempublikasikan laporan keuangan. Tujuannya tak lain adalah untuk mendapatkan atensi publik, dan menggaet investor baru. Hal ini juga berlaku pada para investor, mereka menggunakan laporan keuangan sebagai basis data yang aktual, untuk menentukan apakah mereka memiliki kecenderungan untuk meletakkan modal di suatu perusahaan atau tidak. Investor membutuhkan laporan keuangan perusahaan ini sebagai salah satu pemantik utama, agar mereka mengetahui juga bahwa ada peluang dan kesempatan investasi bagus yang sedang terbuka.

Menghindari kerugian massal

Harga saham bukanlah hal yang stabil, ia bisa berubah-ubah dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Setiap investor harus jeli dalam melakukan pertimbangan peletakan saham di tiap perusahaan, beserta berapa kisaran nilainya. Untuk membantu investor dalam menganalisa hal ini, laporan keuangan merupakan salah satu bahan terpentingnya. Karena itulah dikatakan bahwa laporan keuangan berfungsi untuk menghindarkan investor dari kerugian massal yang mungkin terjadi. Hal ini karena investor sudah bisa membentuk proyeksi jangka pendek, maupun menengah, mengenai apakah perusahaan akan masih bertahan atau akan mengalami kejatuhan nilai saham.

Dari berbagai pemaparan diatas bisa kita simpulkan bahwa laporan keuangan merupakan hal wajib yang harus didapat oleh calon investor, maupun para investor yang telah menanamkan modal di perushaan. Tanpa ini, mereka berkemungkinan terlambat menyadari kerugian besar yang akan terjadi. Itulah bebebrapa penjelasan mengenai betapa pentingnya peran laporan keuangan perusahaan kepada para calon investor. Sebagai informasi tambahan, biasanya banyak perusahaan yang menyerahkan laporan keuangan kepada jasa biro iklan seperti Hanindo untuk dibuatkan publikasi yang maksimal dan menarik.