August 31, 2020

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Webex VS Zoom

Anda ingin mengadakan webinar untuk bisnis Anda menggunakan aplikasi Webex atau Zoom?
Event Organizer

Perkembangan teknologi kini sudah dapat dirasakan di bidang komunikasi, informasi, bahkan industri seperti pemasaran produk bagi para pelaku bisnis. Anda bisa menggunakan media webinar yang merupakan singkatan dari web dan seminar untuk memperluas informasi yang Anda berikan terkait produk yang ingin Anda pasarkan. Media berbasis online ini bisa mengumpulkan audiens dan feedback dalam jumlah yang banyak untuk mempromosikan produk dan meningkatkan kualitas. Banyak aplikasi yang menyediakan fitur seminar online di dalamnya. Salah satu yang paling populer digunakan di masyarakat adalah Webex dan Zoom. Apa sih itu? berikut uraiannya dari Hanindo selaku penyelenggara webinar.

Kelebihan dan Kekurangan Webex dan Zoom dalam Webinar

Webex dan Zoom merupakan dua aplikasi yang bisa dikatakan saling bersaing karena kepopulerannya di masyarakat dalam penyelenggaraan seminar online. Namun dalam pengaplikasiannya, kedua media ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini

1. Kelebihan dan Kekurangan Webex

Webex atau dikenal dengan Cisco Webex merupakan aplikasi berbasis video conference yang saat ini banyak diinstall oleh masyarakat. Apalagi secara bertahap, aplikasi ini selalu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan berkualitas. Kelebihan dari aplikasi ini terletak kualitas video yang disuguhkan, yakni berstandar HD (High Definition). Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan video yang buram. Selain itu, tata letak video bisa Anda sesuaikan, sehingga memudahkan Anda menyampaikan informasi. Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, Anda pasti tidak akan kesulitan saat melakukan registrasi ataupun bingung dengan fitur-fitur yang rumit, karena aplikasi ini sangat mudah dipahami bagi semua orang. Kekurangan dari aplikasi ini yakni tampilannya yang kurang menarik, sehingga jika berlama-lama menggunakannya, akan mudah bosan. Kendati demikian, banyak aplikasi berbasis video conference yang seperti ini. Selain itu, dikarenakan video yang dihasilkan berkualitas tinggi, maka akan lebih banyak menghabiskan data internet. Hal ini tidak efektif jika Anda menggunakannya dengan memanfaatkan kuota internet. Anda pun perlu koneksi yang stabil dalam menggunakan aplikasi ini.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Webex VS Zoom

2. Kelebihan dan Kekurangan Zoom

Berbeda dengan Webex, Zoom sudah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat untuk melakukan kegiatan webinar. Tidak hanya itu, basisnya yang luas dengan fitur yang beragam membuat aplikasi ini bisa digunakan juga untuk kegiatan rapat online, presentasi dan sarana belajar. Kelebihan dari aplikasi ini, yakni kapasitas yang dapat menampung banyak partisipan hingga 10.000 dalam sekali tayang. Hal ini sangat baik digunakan bagi Anda yang bertujuan untuk mendapatkan audiens sebanyak-banyaknya. Selain itu juga, video dan suara yang disajikan memiliki kualitas terbaik serta juga memiliki fitur on/off video, sehingga privasi Anda tetap terjaga selama seminar berlangsung. Sampai saat ini, aplikasi Zoom sudah dapat dijangkau oleh berbagai perangkat, seperti PC, Laptop, Android hingga iPhone. Kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak adanya fitur Bahasa Indonesia, sehingga menyulitkan pengguna untuk memahami berbagai aplikasi dan ketentuan di dalamnya. Selain itu, sama seperti Webex, dikerenakan video dan suara yang diberikan berkualitas baik, maka akan lebih boros kuota internet. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, disarankan gunakan jaringan wifi yang stabil.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi Webex dan Zoom dalam penerapannya. Jika Anda ingin melakukan webinar, usahakan bijak dalam memilih aplikasi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan seminar Anda. Selain itu, hal yang paling penting yang harus Anda perhatikan adalah kualitas dari seminar dan produk yang Anda tawarkan. Karena ini merupakan esensi utama dari apa yang Anda berikan kepada audiens. Untuk menyelenggarakan webinar, Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo selaku EO terbaik di Jakarta.