August 4, 2019

Ketahui Informasi Apa Saja yang Perlu Disampaikan Saat Public Expose? (Pelindo 1)

Berencana melakukan investasi di suatu perusahaan public? Sebelum melakukannya, simak lebih dahulu informasi tentang Public Expose
Event Organizer

Meyakinkan semua investor untuk menginvestasikan sahamnya di perusahaan public bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memenuhi transparansi informasi terkait aktivitas perusahaan dan laporan keuangan serta Public Expose.

Mereka yang mengerti bisnis, tentu sudah mengenal dengan baik istilah Public Expose.

Tapi bagi masyarakat awam istilah ini kurang begitu familiar dan butuh penjabaran yang tepat agar bisa segera memahaminya. Ingin tahu apa itu public expose? Yuk simak panduannya dibawah ini.

Ketahui Informasi Apa Saja yang Perlu Disampaikan Saat Public Expose? (Pelindo 1)

Tentang Public Expose

Public Expose adalah salah satu peluang yang dimiliki perusahaan untuk menerangkan dan memberikan informasi actual seputar perkembangan kinerja perusahaan serta aksi korporasi. Sebagaimana artinya, penyelenggaraan Public Expose dilakukan secara terbuka dan menyeluruh.

Ada dua kondisi yang mengharuskan perusahaan melakukan Public Expose, di antaranya:

1. Mengikuti peraturan yang diatur oleh BEI

2. Sengaja dilakukan saat perusahaan menggelar IPO

Apa Agenda dan Informasi yang Disampaikan Ketika Public Expose?

Tujuan utama Public Expose adalah memberikan beragam informasi pada calon investor maupun public sehingga keduanya bisa mengambil keputusan yang baik.

Berikut ini agenda atau informasi penting yang akan disampaikan perusahaan saat menyelenggarakan Public Expose:

1. Menjelaskan Semua Kendala yang Terjadi Pada Perusahaan

Kendala atau keterbatasan yang dimiliki oleh tiap perusahaan public itu sangat beragam. Dalam penyelenggaran Public Expose, perusahaan akan memberikan beberapa poin tentang kendala yang sedang menimpa perusahaan.

Masing-masing kendala ini diutarakan terbuka dan sengaja disampaikan secara gamblang. Sebagai contoh konkretnya, berikut ini kondisi ketidakpastian yang umum terjadi pada perusahaan:

• Keterbatasan lahan atau ruangan yang menyebabkan produktivitas menurun

• Ancaman tersirat yang bisa saja terjadi kapan saja karena pengaruh negara lain

• Atau masalah ekspansi pabrik

2. Cara Meningkatkan Performa Perseroan

Setelah disebutkan poin demi poin tentang kondisi ketidakpastian maupun kendala teknis yang terjadi pada perusahaan. Informasi selanjutnya yang akan diberikan adalah upaya mengatasi permasalahan tersebut.

Dari informasi ini kemungkinan calon investor dan masyarakat umum akan menilai kinerja perusahaan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Jika solusi penyelesaian dinilai efektif dan masuk akal, maka tidak akan menjadi masalah besar bagi calon investor untuk menanamkan investasi.

Conto kasus : Ketika perusahaan mengalami kendala keterbatasan lahan atau ruangan. Perusahaan bisa memberikan banyak solusi, di antaranya dengan membeli lahan untuk membangun banyak ruangan yang dibutuhkan.

3. Telaah Seluruh Informasi Kinerja Operasional dan Keuangan

Dalam dokumen Public Expose, poin ini sebenarnya dicantumkan paling awal. Tujuannya, tidak lain untuk menunjukkan kondisi terbaru tentang perusahaan baik itu kinerja operasional maupun laporan keuangan.

Ikhtisar keuangan dijelaskan secara terperinci, termasuk laporan keuntungan maupun kerugian. Untuk mempermudah calon investor dan masyarakat membaca datanya, beberapa perusahaan memilih untuk merekap datanya dengan menggunakan table data.

Sedangkan ikhtisar operasional lebih banyak membahas tentang kebutuhan operasional, baik mengenai pembangunan pabrik maupun detail operasional lainnya. Jika berencana untuk membangun pabrik baru, perusahaan tidak akan ragu untuk menampilkan denah bangunan pabrik yang akan dibangun.

4. Menjelaskan Prospek Perusahaan di Masa Depan

Selain memberikan informasi transparasi tentang laporan keuangan perusahaan, informasi lain yang tidak kalah penting dan harus disampaikan pada Public Expose adalah penjelasan tentang prospek perusahaan.

Secara tidak langsung, informasi positif ini akan memberikan banyak kontribusi untuk masa depan perusahaan. Bagaimana kondisi perusahaan di satu tahun mendatang? Dan apa saja upaya yang akan dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Ketahui Informasi Apa Saja yang Perlu Disampaikan Saat Public Expose? (Pelindo 1)

Menggelar Public Expose merupakan agenda penting yang tidak bisa disepelekan oleh tiap-tiap perusahaan. Sebagai peserta Public Expose, sudah jadi kewajiban masyarakat dan calon invester untuk mengetahui rancangan informasi yang hendak dijelaskan pada acara. Agar Public Expose berjalan dengan baik, perusahaan dapat bekerjasama dengan event organizer seperti Hanindo. Untuk quotation dan pertanyaan seputar EO untuk IPO, klik tombol WhatsApp di bawah kiri ↘