May 31, 2020

Inspirasi Aktivitas Team Building 2020 - Dari yang Bikin Ketawa Sampai Bikin Terharu

Butuh inspirasi aktivitas apa yang cocok untuk bikin acara team building perusahaan Anda jadi menarik dan berkesan?
Event Organizer

Aktivitas team building perusahaan ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran para pegawai bahwa mereka terikat sebagai satu kesatuan agar dapat senantiasa produktif dan bekerja sama dengan baik, harus saling mengenal dan menghargai antara satu sama lain. Namun, tak selamanya aktivitas ini berhasil berjalan mulus.  Hal ini disebabkan oleh kemungkinan aktivitas tersebut tidak direncanakan dengan baik dan tidak menarik. Jadi, ketika dilaksanakan, aktivitas berjalan membosankan dan tujuan pun gagal tercapai.

Inspirasi Aktivitas Team Building yang Menarik di Tahun 2020

Agar aktivitas team building dapat berhasil efektif, kuncinya ada pada pemilihan jenis aktivitas yang tepat. Artinya, aktivitas harus menarik minat dan memancing emosi peserta, mulai dari bikin ketawa sampai bikin terharu. Bagi Anda yang sedang bingung dalam memilihnya, berikut beberapa inspirasi aktivitas yang dapat Anda pilih.

1. Back to Back Drawing

Pada aktivitas ini, masing-masing tim terdiri dari 2 orang anggota berpasangan. Setiap anggota tim harus duduk saling membelakangi satu sama lain. Lalu, salah satu anggota tim akan ditunjukkan sebuah gambar benda yang harus dideskripsikan secara visual tapi tak boleh menyebutkan nama bendanya. Tugas anggota pasangannya adalah menebak benda apakah itu dari deskripsi yang diberikan. Tim yang paling banyak menebak gambar benda dengan benar sesuai waktu yang ditentukan adalah pemenangnya. Aktivitas ini dapat mengundang tawa peserta tim lainnya, karena deskripsi dengan tebakan seringkali tak nyambung dan terdengar lucu. Adapun manfaat aktivitas ini adalah meningkatkan kemampuan nalar dan kemampuan komunikasi serta pendengaran yang baik.

2. Zombie Escape

Pada aktivitas ini, masing-masing tim terdiri dari 3-4 orang anggota. Salah satu anggota berperan menjadi zombie yang diikat tali di bagian pinggang. Sisa anggota tim lainnya bertugas memecahkan teka teki yang diberikan dalam waktu 10 menit. Setiap sekitar 2 menit, tali zombie akan dilonggarkan, agar zombie dapat menggapai dan "memangsa" anggota lainnya. Sisa anggota tim hanya dapat bergerak di dalam batasan ruang yang sudah ditentukan. Jika teka teki berhasil dipecahkan, maka mereka berhasil terbebas dari zombie. Aktivitas ini sangat seru dan menegangkan. Adapun manfaat aktivitas ini adalah meningkatkan kerja sama tim, kemampuan problem solving dan kreativitas.

Inspirasi Aktivitas Team Building 2020 - Dari yang Bikin Ketawa Sampai Bikin Terharu

3. The Mine Field (Ladang Ranjau)

Pada aktivitas ini, masing-masing tim terdiri dari 2 orang anggota berpasangan. Salah satu anggota tim akan ditutup matanya, dan satu anggota lainnya bertugas menuntun anggota pasangannya itu melewati area yang dipenuhi "ranjau" (menggunakan benda-benda seperti buku, botol, sepatu, tas, yang diletakan secara acak). Jika anggota tim yang ditutup matanya berhasil mencapai finish dengan cara dituntun oleh anggota pasangannya tanpa mengenai ranjau itu artinya tim tersebut menang. Sama seperti aktivitas zombie escape. Aktivitas ini juga tak kalah seru dan menegangkan. Adapun manfaat aktivitas ini adalah membangun kepercayaan tim dan meningkatkan kemampuan komunikasi serta pendengaran yang baik.

4. Sharing Session

Pada aktivitas ini para peserta aktivitas diberikan kesempatan untuk mengungkapkan keresahan, pesan, maupun kesan yang dirasakan selama bekerja di perusahaan. Terutama dalam hal hubungan antar rekan kerja maupun dengan atasan. Tak jarang aktivitas ini juga digunakan sesama rekan kerja untuk saling memberikan pujian dan apresiasi atas pencapaian masing-masing. Aktivitas ini, dapat menjadi momen instropeksi sekaligus mengharukan  karena mendengar penilaian orang lain atas diri kita. Adapun manfaat aktivitas ini adalah mengurangi beban perasaan yang mungkin dipendam antar sesama rekan kerja. Diharapkan setelahnya hubungan antar mereka dapat terjalin dengan lebih baik.

Itulah beberapa inspirasi aktivitas yang dapat Anda pilih untuk kegiatan team building perusahaan Anda. Jika Anda tak punya waktu untuk mempersiapkannya, disarankan untuk menyewa jasa Event Organizer atau EO profesional seperti Hanindo agar kegiatan membangun tim perusahaan Anda dapat berjalan lancar dan efektif. Sekian dan semoga bermanfaat.