May 31, 2020

Ini Alasannya Kantor Kamu Harus Lakukan Team Building Setiap Tahunnya

Tahukah kamu mengapa kantor harus melakukan team building setiap tahun? Jika belum tahu, yuk simak penjelasan beberapa alasannya disini
Event Organizer

Baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar tentunya akan setuju bahwa salah satu aset berharga yang dimiliki perusahaan adalah kinerja para karyawan. Kinerja karyawan yang semakin baik tentu akan semakin menguntungkan perusahaan. Namun, jangankan meningkatkan, mempertahankan kinerja karyawan tetap baik itu hal yang tak mudah dicapai. Sebab, dalam bekerja tak jarang terjadi selisih paham antar sesama karyawan atau karyawan dengan atasan yang dapat mempengaruhi kualitas kinerja karyawan.

Berkaitan dengan masalah tersebut, manajemen perusahaan melalui divisi SDM (Sumber Daya Manusia) biasanya melakukan kegiatan team building sebagai solusi. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan setiap tahunnya. Mengapa kegiatan ini harus dilakukan setiap tahun? Simak penjelasan beberapa alasannya di bawah ini.

Apa itu Team Building?

Team building adalah rangkaian kegiatan untuk membangun bonding antar karyawan yang tergabung dalam sebuah divisi atau tim kerja dalam suatu perusahaan. Setiap kegiatan didalamnya dirancang dan diupayakan berjalan sekreatif mungkin, agar terjalin interaksi dan komunikasi yang baik di antara seluruh peserta.

Ini Alasannya Kantor Kamu Harus Lakukan Team Building Setiap Tahunnya

Pentingnya Aktivitas Team Building bagi Perusahaan

Umumnya, kegiatan membangun tim ini disusun secara kolaboratif dengan maksud agar anggota tim saling mengenal satu sama lain. Namun, ada beberapa alasan lain mengapa kegiatan ini bermanfaat dan harus diagendakan oleh perusahaan setidaknya sekali dalam setahun. Beberapa alasan tersebut yaitu :

1. Membangun Komunikasi

Karakter yang berbeda sering menjadi kendala dalam membangun komunikasi yang baik di dalam suatu tim kerja. Untuk itu perusahaan dapat memanfaatkan kegiatan membangun tim untuk mengundang seluruh karyawan agar saling mengenal dan memahami kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Dalam kegiatan membangun tim, ada sebuah game yang dapat bermanfaat membangun komunikasi antar sesama anggota tim yaitu "The Ultimate Question". Game ini dilakukan secara berpasangan dimana pembawa acara akan menayakan pertanyaan atas berbagai situasi yang melibatkan kedua anggota tim yang berpasangan tersebut saling mengemukakan pendapat dan berdiskusi untuk jawaban yang akan disampaikan.

2. Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas

Lingkungan kerja yang kondusif akan berpengaruh besar dalam meningkatkan produktivitas dan kreativitas kerja karyawan. Akan tetapi tak sedikit karyawan dilanda jenuh/bosan akibat tiap hari dihadapkan dengan rutinitas kantor yang monoton. Nah, kegiatan membangun tim adalah alternatif yang tepat mengatasi kejenuhan/kebosanan karyawan. Dengan melakukan serangkaian kegiatan membangun tim yang seru dan menyenangkan bersama rekan-rekan satu tim kerja, di tempat dengan suasana baru yang menyenangkan pula, diharapkan para karyawan dapat semakin produktif dan kreatif dalam bekerja.

3. Membangun Motivasi Kerja

Motivasi merupakan modal utama dalam beraktivitas terutama saat bekerja. Motivasi juga merupakan salah satu kunci agar kita bekerja dan mencapai hasil yang maksimal. Salah satu  yang dapat membangun kembali motivasi kerja karyawan adalah dengan mengadakan games yang menyenangkan atau dengan mengundang motivator untuk berbagi tips dan pengalaman-pengalaman yang memotivasi, melalui kegiatan membangun tim.

4. Menciptakan Sikap Saling Percaya dan Kerja Sama Tim

Setiap kegiatan membangun tim dirancang untuk menciptakan sikap saling percaya antar sesama anggota tim. Sehingga tercipta pula kerjasama yang baik dalam tim. Semua anggota tim akan menyadari bahwa perbedaan yang ada pada masing-masing anggota tim hendaknya tidak menjadi masalah besar dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab tim.

Bekerja secara tim maknanya bukanlah melimpahkan tugas pribadi untuk dikerjakan bersama-sama. Kerjasama tim berarti mengerjakan apa yang telah jadi bagian sendiri dan hasil finalnya akan didiskusikan bersama. Namun, bilamana ditemukan kesulitan pada salah satu anggota tim, seluruhnya dapat membantu dengan tangan terbuka.

Demikian penjelasan kami tentang alasan mengapa perusahaan atau kantor harus melakukan kegiatan membangun tim setiap tahunnya. Semoga bermanfaat. Sebagai tambahan informasi, bagi kamu yang lokasi perusahaan atau kantornya di Jakarta, kamu dapat menggunakan jasa event organizer Jakarta untuk membantumu menciptakan kegiatan membangun tim yang kreatif dan menyenangkan. EO profesional seperti Hanindo tentunya akan menyusun kegiatan yang bermanfaat sekaligus berkesan untuk semua peserta. Tidak hanya itu, penyelenggaraannya yang tepat sasaran akan membantu  mencapai visi dan goal perusahaan.