September 19, 2021

Ingin Selenggarakan Company Anniversary Secara Online? Bisa Kok, Berikut 5 Tips yang Perlu Dipersiapkan

Company anniversary adalah acara penting bagi setiap perusahaan. Kini, acara tersebut bisa diadakan secara online. Berikut tips-tips ag
Event Organizer

Company anniversary merupakan kegiatan penting untuk merayakan ulang tahun perusahaan. Oleh karena itu, acara ini sangat penting karena menjadi perayaan bertahannya perusahaan serta menunjukkan kepada publik bahwa perusahaan tersebut mampu bertahan di era pandemi sekalipun. Akan tetapi, terdapat sedikit perbedaan ketika merayakan ulang tahun perusahaan dahulu dan saat ini. Karena saat ini terdapat aturan untuk tidak berkumpul demi mencegah penyebaran virus Corona. Oleh karena itu, perayaan ulang tahun perusahaan secara online menjadi pilihan terbaik. Event tersebut yang pada awalnya dilakukan langsung harus beralih ke virtual. Pastinya terdapat beberapa perbedaan mencolok dalam kegiatan tersebut. Walaupun demikian, Anda bisa menyelenggarakan acara tersebut dengan baik asalkan melakukan beberapa tips di bawah ini, yaitu:

1. Menyusun Tim yang Solid

Sebelum membuat sebuah acara tentunya Anda harus memiliki panitia dengan tim yang lengkap terlebih dahulu. Kepanitiaan ini haruslah solid karena selama persiapan sampai pelaksanaan acara akan ada berbagai masalah dan rintangan. Tim yang solid ini haruslah memiliki keahlian dan bisa bekerja sama dengan baik dengan pihak lain baik itu dari kantor dan lainnya. Pastikan juga terdapat pembagian divisi dan pekerjaan yang jelas agar setiap anggota panitia dapat bekerja dengan baik dan efisien.

Ingin Selenggarakan Company Anniversary Secara Online? Bisa Kok, Berikut 5 Tips yang Perlu Dipersiapkan

2. Membuat Tema Acara yang Unik

Tips lain dalam membuat acara perusahaan yang baik adalah dengan membuat tema acara yang unik. Walaupun tema utamanya adalah perayaan perusahaan tapi Anda bisa membuat tema yang melengkapi tema utama tersebut. Jadi, nantinya kegiatan yang diadakan tetap menarik dan tidak bergeser dari tujuan utamanya. Tema tersebut sangat penting karena biasanya disertakan pada company anniversary invitation message. Undangan tersebut nantinya akan disebar kepada rekan kerja, pegawai, stakeholder, shareholder, dan tamu lainnya. Melalui, tema dan tagline yang tepat maka acara perusahaan akan menjadi lebih menarik bagi para undangan.

3. Membuat Anggaran

Tentunya ketika membuat tema para panitia pasti membuat proposal acara dengan lengkap. Salah satu bagian dari proposal tersebut adalah anggaran. Karena bagaimanapun sebuah acara perusahaan baik itu virtual ataupun langsung membutuhkan biaya tertentu. Pastikan para panitia membuat anggaran dana yang tepat dan mencakup semua kebutuhan yang ada. Seperti doorprize dan hadiah lainnya pada acara tersebut. Menyusun anggaran acara cukup tricky terutama pada masa pandemi ini. Karena, kebanyakan kegiatan dilakukan secara online. Kemungkinan besar dana yang dibutuhkan lebih sedikit daripada sebelumnya. Untuk menyusun anggaran yang baik Anda bisa memakai proposal kegiatan sebelumnya sebagai bahan acuan. Kemudian, bertanya kepada senior dan berdiskusi dengan sesama anggota terhadap berbagai keperluan yang dibutuhkan pada acara tersebut.

4. Menentukan Waktu dan Susunan Acara

Hal lain yang harus dipersiapkan adalah waktu serta susunan acaranya. Menentukan hal ini tidaklah mudah karena Anda harus menentukan waktu yang paling memungkinkan untuk diikuti oleh semua undangan. Selain itu, Anda juga harus membuat susunan acara yang baik, terperinci namun tidak membuat peserta bosan. Pada umumnya rangkaian acara akan dimulai dengan sepatah dan dua patah kata kemudian diikuti dengan bincang-bincang, games atau hiburan dan lainnya. Setelah menentukan dua hal ini Anda dan teman-teman panitia bisa membuat company anniversary post pada website dan media sosial perusahaan.

Ingin Selenggarakan Company Anniversary Secara Online? Bisa Kok, Berikut 5 Tips yang Perlu Dipersiapkan

5. Menyediakan Games Seru Beserta Hadiah yang Menarik

Hal lain yang tidak kalah penting harus dipersiapkan adalah games, hiburan, serta hadiah yang menarik bagi para peserta. Permainan dan hiburan tidak bisa dibuat sembarangan karena Anda harus mencari siapa performernya apakah menyewa pihak tertentu atau memakai staff. Pada acara tersebut para panitia juga bisa menjadikannya sebagai ajang lomba hiburan. Pemenangnya mendapatkan hadiah tertentu yang bernilai dan pastinya menarik. Hadiah yang ada haruslah bermanfaat dan berguna bagi setiap peserta. Harganya tidaklah harus mahal namun pemilihan hadiah harus didasarkan pada anggaran yang ada. Selain itu, pastikan untuk menyertakan company anniversary letter pada hadiah tersebut sebagai pengingat kepada para peserta bahwa perusahaan memberikan apresiasi kepada setiap tamu, undangan dan karyawan. Jadi, perayaan tersebut juga menjadi media untuk meningkatkan semangat para karyawan.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda persiapkan agar company anniversary dapat berjalan dengan baik. Jika Anda ingin acara perusahaan berjalan dengan lancar maka gunakan jasa EO Hanindo yang berpengalaman dalam menangani berbagai event perusahaan.