December 30, 2020

Digital Marketing : Mengenal Apa Itu Pemasaran Digital dan Manfaatnya

Menunjang perkembangan bisnis di era sekarang sebaiknya mulai mengenal dan menerapkan pemasaran digital.
Digital Marketing

Melakukan kegiatan pemasaran adalah hal penting di dunia bisnis, apapun jenis atau bidang bisnis tersebut. Entah menyediakan produk maupun jasa, dan entah itu untuk tujuan memasarkan produk dan jasa atau sekedar memperkenalkan profil perusahaan. Kegiatan pemasaran mampu mencapai semua tujuan tersebut. Setelah bertahan dengan pemasaran secara konvensional, tidak ada salahnya mencoba melakukan pemasaran digital. Sebab sudah menjadi sebuah tren yang kemudian diterapkan oleh nyaris semua perusahaan dan pelaku bisnis. Mengapa teknik pemasaran ini bisa dengan cepat populer? Berikut ulasannya.

Apa Itu Pemasaran Digital?

Pemasaran digital adalah kegiatan untuk memasarkan produk maupun jasa atau layanan dengan memanfaatkan media online atau internet. Berkembangnya internet membuat teknik pemasaran satu ini semakin dikenal dan dipilih oleh pelaku bisnis. Perlahan beberapa perusahaan mulai meninggalkan pemasaran konvensional. Sebab pemasaran secara online mampu memberikan ROI (Return of Investment) yang lebih tinggi, selain itu ditunjang pula dengan biaya pemasaran yang lebih terjangkau. Sehingga semua skala perusahaan bisa melakukan pemasaran. Berbeda dengan pemasaran konvensional yang hanya bisa dilakukan perusahaan besar karena biaya yang mahal. Jenis dari pemasaran digital juga sama beragamnya dengan pemasaran konvensional. Anda bisa memakai PPC atau pay per click, pilihan lain adalah memakai SEO (Search Engine Optimize), media sosial, email marketing, dan lain sebagainya. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan tersendiri yang perlu dipertimbangkan untuk memilih yang sesuai dengan tujuan bisnis.

Manfaat yang Diberikan untuk Bisnis

Menggunakan teknik pemasaran secara digital memberikan sejumlah manfaat menarik pada bisnis yang dijalankan. Yaitu:

1. Lebih Mudah Menemukan Konsumen

Melakukan pemasaran di internet memberi kemudahan untuk menemukan konsumen, bahkan lebih cepat. Sebab penayangan iklan bisa diatur untuk tampil pada pengguna internet dimana saja, seperti apa saja, dan detail lainnya. Sehingga bisa diatur sesuai kebutuhan untuk bisa tampil di hadapan konsumen tertarget tadi.

2. Menjangkau Pasar Online yang Potensial

Saat ini pasar online lebih potensial dibandingkan dengan pasar konvensional. Terlihat dari pusat perbelanjaan yang semakin sepi pengunjung, sementara transaksi di marketplace membludak. Hal ini terjadi karena pola kebiasaan masyarakat dalam berbelanja telah beralih dari model konvensional ke model online. Sehingga setiap pelaku bisnis mau tidak mau harus menjangkau pasar online tersebut. Maka dilakukan pemasaran online untuk masuk ke dalamnya, sehingga bisa ditemukan oleh konsumen potensial yang menjadi produk atau jasa yang ditawarkan.

Digital Marketing : Mengenal Apa Itu Pemasaran Digital Dan Manfaatnya

3. Menempati Posisi Strategis dalam Persaingan

Jika di pemasaran konvensional tampilan iklan sudah menunjukan berapa skala perusahaan yang memasangnya. Namun di pemasaran online hal tersebut tidak akan terjadi, karena bermain dengan desain dan ketepatan pengaturan iklan. Sehingga setiap perusahaan menempati posisi strategis dalam persaingan, baik itu UKM maupun perusahaan skala besar.

4. Memberi Kemudahan dalam Melakukan Evaluasi

Hasil dari pemasaran online akan lebih mudah terlihat dan dievaluasi secara detail melalui laporan iklan yang didapatkan. Misalnya memasarkan produk dengan situs website, maka bisa dicek berapa jumlah pengunjung dan jumlah transaksi di website tersebut. Ketika hasilnya rendah maka bisa melakukan evaluasi terhadap jenis konten yang lebih menarik, kalimat CTA yang lebih efektif, dan lain sebagainya.

5. Memberi Kesan Profesional

Bisa tampil di internet akan memberi kesan profesional, sebab kebanyakan orang mencari informasi perusahaan dari internet. Jika tidak menjalankan pemasaran digital maka profil perusahaan dan produk maupun jasa yang disediakan tidak akan ditemukan. Calon konsumen pun menjadi ragu akan kredibilitas perusahaan, jadi jangan sampai menunda kegiatan pemasaran online ini.

Melalui penjelasan di atas tentu bisa disimpulkan bahwa pemasaran digital memang layak untuk dicoba. Sebab memberi banyak manfaat bagi perkembangan bisnis yang dimiliki dibanding pemasaran konvensional. Anda dapat bekerjasama dengan Handisetyadi.com untuk melakukan pngembangan bisnis Anda ke arah digital.