May 31, 2020

Bagaimana Product Launching Dapat Dilakukan Secara Online?

Simak beberapa tips berikut ini agar Anda bisa melakukan product launching digital.
Event Organizer

Di era digital saat ini, segala hal dapat dilakukan secara online. Tak terkecuali product launching digital yang memanfaatkan platform nirkabel, sudah menjadi hal biasa bagi event organizer Jakarta terkemuka untuk melakukan product launching digital. Untuk bisa melakukan presentasi dan peluncuran produk secara online, Anda tak butuh banyak hal, selain produk dan koneksi internet. Dan disini kami akan membagikan beberapa tips and triknya.

Trik Sukses Online Product Launching

Simak tips dan trik berikut ini untuk membantu Anda menggelar event peluncuran produk secara digital yang sukses:

1. Platform

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah platform digital apa yang akan dipakai untuk momen penyelenggaraan product launching digital Anda. Saat ini, ada beberapa media sosial seperti Instagram, Youtube, dan lainnya yang memungkinkan Anda untuk melakukan siaran langsung. Platform mana yang paling tepat? Sesuaikan dengan minat dan segmen pasar Anda. Jika target utamanya adalah kalangan muda, maka siaran langsung berbasis Instagram mungkin lebih tepat. Sedangkan untuk segmen pasar dengan kondisi finansial yang lebih tinggi, platform YouTube adalah solusinya.

Nah, sebelum melakukan peluncuran secara live, Anda disarankan untuk membuat reminder alias pengingat. Bisa dari beberapa hari sebelumnya, hingga hari H. Tujuannya adalah membuat pemirsa Anda menantikan jadwal siaran Anda. Jika tidak, bisa saja siaran Anda tanpa penonton. Percuma, ‘kan? Oh, ya. Pastikan juga Anda mempunyai koneksi jaringan internet yang stabil. Mengingat pesta peluncuran dilakukan secara online, jangan sampai siaran Anda mengalami lag karena buruknya koneksi jaringan internet.

2. Skala

Anda juga harus menentukan skala product launching digital Anda. Jika skalanya cukup besar, online streaming bisa dilakukan dengan bantuan tim video yang mumpuni. Sehingga, live streaming Anda akan berjalan dengan baik tanpa edit. Sederhananya, benar-benar siaran langsung. Jika skalanya kecil, cukup meluncurkannya dengan menggunakan kamera smartphone Anda yang disiarkan melalui media sosial.

Bagaimana Product Launching Dapat Dilakukan Secara Online?

3. Konsep

Siapkan juga konsep siaran langsung yang menarik. Tujuannya jelas supaya pemirsa tetap setia menyaksikan momen peluncuran produk Anda dari awal hingga akhir. Yang termasuk dalam konsep acara adalah pembagian segmen tayangan, bintang tamu, pendalaman produk, hingga kuis. Mari kita bahas satu per satu.

Segmen tayangan sangat penting untuk menjaga mood pemirsa Anda. Buatlah konsep tayangan dengan durasi tertentu, dengan alur menanjak hingga klimaks menjelang akhir acara. Seperti halnya yang dilakukan acara kreatif di televisi, Anda tinggal mencomot ide dasarnya lalu memodifikasinya dengan gaya Anda sendiri.

Kemudian, bintang tamu. Karena basis peluncurannya adalah online, maka ada baiknya Anda menggunakan jasa influencer. Memang, hal ini membutuhkan kocek sedikit lebih dalam. Tetapi, hal tersebut dianggap mampu menjaring pemirsa yang lebih luas. Dampaknya, siaran product launching digital Anda akan disaksikan lebih banyak orang. Yang terakhir, kuis. Hadiahnya tak perlu mewah, cukup paket gratis dari produk Anda, rasaya sudah membuat pemirsa Anda betah menyaksikan siaran peluncuran produk Anda.

4. Presentasi

Komunikatif adalah kunci presentasi yang berhasil. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menyiapkan terlebih dahulu presentasi tentang produk Anda dengan baik. Hindari menggunakan tabel data dan fakta tradisional. Hal yang lebih baik adalah Anda meluangkan sedikit waktu untuk membuat video presentasi produk Anda sendiri. Seperti kita tahu, ketika media audio dan visul disatukan, maka akan melekat lebih lama di ingatan pemirsa Anda. Di internet sudah banyak tersedia template presentasi bergerak alias animasi yang bisa Anda unduh secara gratis. Tinggal memasukkan material marketing dari produk Anda, maka jadilah presentasi produk untuk product launching Anda yang berbeda dari biasanya.

Nah, itulah tadi beberapa hal sederhana yang dapat membantu kesuksesan product launching digital Anda. Dengan melakukannya, produk Anda akan dikenal lebih luas dan meninggalkan kesan mendalam di hati pemirsa Anda. Untuk memaksimalkan penyelenggaraan product launching digital Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo. Hanindo merupakan penyedia jasa EO Jakarta profesional yang telah banyak membantu banyak perusahaan untuk membuat kegiatan-kegiatan perusahaan seperti product launching digital.