November 1, 2020

Bagaimana Cara Membuat Seminar Online (Webinar) Yang Menarik?

Anda perlu melakukan beberapa hal agar webinar Anda semakin seru untuk disimak.
Event Organizer

Dewasa ini, seminar online menjadi sebuah cara paling ampuh dalam memberikan presentasi kepada khalayak ramai. Bahkan, untuk sebuah bentuk pemasaran, seminar dengan menggunakan platform digital bisa diakui keberhasilannya. Namun demikian, keberhasilan seminar secara online juga harus memenuhi beberapa syarat agar menarik bagi para pesertanya.

Tips Membuat Webinar Yang Menarik

Persiapan yang baik tentu berujung pada keberhasilan seminar digital yang Anda selenggarakan. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membuat seminar digital Anda semakin menarik:

1. Tema menarik

Daya tarik utama dari sebuah seminar digital datang dari tema yang akan dibahas. Ada beberapa pilihan tema yang mungkin akan menarik bagi para peserta, seperti tips and trik, bisnis, dan tutorial. Dari tema yang dipilih, kemudian buatlah judul yang cukup membangkitkan rasa penasaran banyak orang.

2. Memilih audiens dengan benar

Setelah menemukan tema yang dirasa cukup menarik, Anda perlu menyebarkan informasi webinar Anda ke audiens yang tepat. Ada tiga cara dalam menentukan audiens yang cocok untuk tema Anda. Langkah pertama adalah meneliti latar belakang demografi. Yang termasuk di dalamnya adalah jenis kelamin peserta, usia, hingga latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Kemudian, Anda perlu menganalisa persoalan yang mungkin mereka alami. Apakah seminar digital Anda menawarkan solusi untuk persoalan mereka? Langkah terakhir adalah membuat survey. Anda bisa membuat beberapa pertanyaan yang disebar layaknya kuisioner. Di dalamnya, Anda bisa menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan seminar digital Anda.

Bagaimana Cara Membuat Seminar Online (Webinar) Yang Menarik?

3. Pembicara kompeten

Pembicara sama pentingnya dengan audiens, beberapa pendapat bahkan mengatakan bahwa pembicara adalah faktor utama. Tentunya, Anda harus memilih pembicara yang memiliki kapasitas dalam topik atau tema yang disampaikan. Jika pembicara memiliki kompetensi yang baik, jalannya seminar pastinya akan lebih menarik. Pasalnya, audiens seringkali melontarkan reaksi yang di luar dugaan. Jika pembicara menguasai topik, maka apa pun reaksi maupun pertanyaan peserta pasti dapat dijawab dengan memuaskan. Para pembicara pun wajib memiliki karakteristik yang interaktif. Bagaimanapun juga, para peserta seminar digital tentu ingin diakui kehadirannya. Cara yang paling mudah adalah dengan me-notice respon mereka. Jika tidak, sesekali sebut nama peserta yang hadir secara acak. Hal itu secara tidak langsung dapat membuat peserta lebih merasa dihargai.

4. Membuat susunan acara

Seminar digital biasanya memiliki durasi khusus yang bertujuan agar semua materi bisa disampaikan. Agar durasi tidak berlarut-larut, yang berpotensi membuat peserta merasa bosan, ada baiknya agar Anda membuat susunan acara. Susunan tersebut dibuat sedemikian rupa agar Anda memiliki panduan saat berbicara di depan para peserta seminar digital. Dalam susunan acara tersebut, juga perlu diselipkan sesi khusus untuk tanya jawab. Tujuannya adalah untuk mengukur sedalam apa para peserta memahami topik seminar online. Sesi ice breaking juga sangat disarankan, untuk memecah kebuntuan atau membuat rileks para peserta, jika seminar digital berlangsung cukup panjang.

5. Waktu yang tepat

Seminar digital akan memberikan dampak yang lebih terasa jika dilakukan pada waktu yang tepat. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pukul 11 hingga 2 siang adalah rentang waktu yang tepat untuk menyajikan seminar digital. Pasalnya, pada rentang waktu tersebut, orang-orang biasanya memiliki waktu yang relatif senggang. Pemilihan hari juga tergolong sebagai pemilihan waktu. Hindari siaran seminar digital Anda di akhir pekan. Sebab, orang-orang cenderung memilih untuk menghabiskannya dengan keluarga atau melakukan hobi mereka. Tengah minggu adalah hari yang cocok untuk menggelar seminar digital.

Demikianlah 5 tips sederhana yang bisa membantu Anda menggelar seminar online yang lebih menarik bagi para pesertanya. Tentunya, menggelar seminar digital adalah sarana yang tepat bagi Anda untuk melakukan presentasi. Baik presentasi edukatif maupun komersil. Lakukan semua tips di atas, dan bersiaplah meraih sukses di seminar Anda. Agar acara dapat berjalan dengan baik, Anda dapat bekerjasama dengan Hanindo untuk menyelenggarakan dan mensukseskan webinar.