June 21, 2020

Apa Itu Webinar?

Mau tahu definsi dan ulasan lengkap tentang webinar? Baca selengkapnya di artikel ini.
Event Organizer

Pandemi yang terjadi pada akhir tahun 2019 telah mengubah banyak hal, termasuk dunia bisnis. Banyak acara-acara yang mengumpulkan kehadiran banyak orang, terpaksa dibatalkan karena pandemi. Mulai dari konser, kuliah, sekolah, ibadah, rapat, hingga acara-acara seminar. Dunia bisnis mencari bentuk barunya untuk terus bertahan. Hingga kita semakin akrab dengan sebuah istilah baru bernama, webinar. Sebuah istilah yang menemani kita untuk tetap dirumah dan karantina. Tapi apa sih sebenarnya pengertian dari istilah yang mulai akrab dan marak saat pandemi ini. Mari kita ulas lebih lengkap.

Apa sih definisi Webinar?

Istilah webinar adalah istilah yang memadukan perpaduan dari dua kata dasar. Yakni web dan seminar. Lebih tepatnya ialah “seminar yang dilakukan secara online” di sebuah laman web atau menggunakan aplikasi tertentu. Perkembangan zaman memungkinkan hal tersebut terjadi. Selama masih ada akses internet, seseorang masih dapat menghadiri, menjadi peserta, menjadi pemateri, bahkan membuat sebuah seminar dengan pemirsa yang luas. Tanpa membuat orang-orang berkumpul di satu tempat. Menyelenggarakan Webinar memberikan manfaat besar bagi pelaksananya dan pesertanya. Kemajuan teknologi membuat perusahaan atau lembaga dapat mengundang siapapun untuk menjadi pembicara di acara mereka tanpa harus memfasilitasi akomodasi dan transportasi pembicara.

Penyelenggara juga dapat mencapai jangkauan pemirsa yang sangat luas untuk mempromosikan kepentingan atau produk mereka. Lintas kota, bahkan lintas negara. Selama masih ada akses internet, kelebihan-kelebihan tersebut bukan hal yang mustahil. Di sisi lain, peserta mendapatkan keuntungan. Peserta tak perlu keluar rumah untuk menghadiri seminar tertentu. Peserta juga bisa mendapatkan ilmu-ilmu baru dan mengikuti acara-acara seminar yang dilaksanakan lembaga lintas negara. Namun membuat webinar yang baik itu nggak bisa sembarangan lho. Apalagi untuk kepentingan perusahaan berorientasi profit, bisnis, dan pemasaran. Anda tetap butuh bantuan profesional untuk memastikan semuanya tetap dalam kendali anda. Lalu memetik buah paling manis dari acara yang anda selenggarakan. Kami kasih tahu lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Webinar?

Memaksimalkan Manfaat dan Keuntungan Anda

Webinar memang memberikan banyak manfaat dan bisa memberikan keuntungan bagi bisnis anda. Terutama dalam hal mendapatkan lead dan membuka pangsa pasar. Namun anda wajib melakukannya dengan profesional. Jangan sampai informasi dan promosi yang seharusnya bisa tersampaikan dengan baik, malah mendapatkan kesan buruk. Cuma gara-gara acaranya terkesan amatiran dan tidak profesional, anda dapat kehilangan pelanggan-pelanggan potensial. Sebagai pebisnis jangan sampai hal itu terjadi bukan. Solusinya adalah merekrut event organizer untuk melaksanakan acara webinar, Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo selaku penyedia jasa EO di Jakarta. Mengapa Hanindo? Karena Hanindo akan memastikan semuanya dilakukan bukan sekadar lancar. Tapi dengan profesional, dan berdampak lebih luas dan lebih banyak bagi anda.

Anda perlu mengalokasikan anggaran pemasaran anda untuk memastikan acara anda terlaksana dengan profesional. Tak perlu khawatir untuk menyisihkan sedikit anggaran anda. Semua itu sepadan dengan kualitas dan keuntungannya. EO yang professional untuk webinar akan memberikan anda kepastian suksesnya webinar yang anda laksanakan. Seperti memastikan tidak akan terjadi kendala teknis seperti server atau gangguan aplikasi yang mengganggu. Mereka juga akan menggunakan aplikasi-aplikasi premium yang tidak akan mengecewakan dan memastikan semuanya berjalan sesuai keinginan anda. Biasanya mereka memiliki jaringan penggemar dan pengikutnya sendiri yang memang setia menghadiri acara apapun yang dibuat oleh event organizer tersebut. Basis pemirsa dan media sosial dari pengyelenggara tersebut juga membuat anda mendapatkan pemirsa dan leads yang lebih banyak. Itu akan membuka peluang calon pelanggan yang lebih menguntungkan bagi bisnis anda.