December 31, 2020

Apa Itu Digital Marketing?

Jika belum mengetahui definisi dari pemasaran digital alias digital marketing, sebaiknya Anda membaca pembahasan pada artikel ini.
Digital Marketing

Mungkin Anda pernah melihat suatu perusahaan melakukan kampanye online di web maupun sosial media mereka. Pasalnya, belakangan ini hampir semua bisnis melakukan hal tersebut untuk mendongkrak penjualan. Nah, hal tersebut disebut dengan istilah digital marketing alias pemasaran digital, yang dipercaya dapat meningkatkan penjualan suatu usaha.

Seiring berkembangnya teknologi informasi, pemasaran yang dilakukan oleh para pebisnis juga pasti akan mengikutinya. Karena dengan mengikuti perkembangan teknologi, brand yang akan dipasarkan akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Nah, sampai di sini, sudah tahukah Anda tentang apa itu digital marketing? Jika belum, simak informasi lengkapnya hanya di halaman ini, ya.

Pengertian Pemasaran Digital

Digital marketing adalah teknik pemasaran atau kegiatan pemasaran dari suatu usaha untuk memasarkan produknya dengan memanfaatkan segala macam bentuk media digital maupun internet. Sedangkan tujuan dari pemasaran digital adalah untuk menarik dan mendapatkan konsumen dalam jumlah banyak dengan waktu singkat. Pasalnya, media digital atau internet kini sedang digandrungi oleh hampir semua orang di dunia.

Seperti yang Anda ketahui, masyarakat sangat menerima dan terbuka dengan media digital, sehingga tidak heran bahwa media ini sangat dimanfaat untuk kepentingan pemasaran. Bahkan banyak perusahaan-perusahaan yang sukses memasarkan produk maupun brandnya dengan cara ini. Akibatnya, kini seluruh perusahaan bersaing ketat dalam mendapatkan konsumen melalui teknik digital marketing ini.

Pengertian Digital Marketing Menurut Ahli

Bagi Anda yang belum tahu, pengertian dari digital marketing tidak hanya dijabarkan secara umum. Pengertian dari digital marketing juga disampaikan oleh para ahli, dan berikut ulasan dari pengertiannya menurut para ahli:

1. Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009)

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang termasuk dalam kategori branding dengan menggunakan berbagai macam media online. Contoh media online yang dimaksud adalah blog, website, email, iklan, dan masih banyak media online lainnya.

2. Kleindl dan Burrow (2005)

Menurut Kleindl dan Burrow yang disampaikan pada tahun 2005 lalu, pemasaran digital adalah proses perencanaan dan implementasi dari sebuah konsep, ide, harga, promosi, dan distribusi. Dalam bahasa sederhananya, digital marketing dapat diartikan sebagai proses perintisan dan pemeliharaan hubungan antara konsumen dengan produsen atau pemilik usaha.

3. Heidick dan Struggles (2009)

Sedangkan menurut Heidick dan Struggles, pemasaran yang dilakukan secara digital ini merupakan pemasaran yang menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan segala macam bentuk iklan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung. Meskipun begitu, teknik ini memiliki efek yang sangat berpengaruh pada penjualan produk.

4. Coviello, Milley, dan Marcolin

Coviello, dkk. berpendapat bahwa digital marketing merupakan penggunaan media internet serta teknologi interaktif lainnya, guna menciptakan dialog dan menghubungkannya kepada konsumen.

5. Urban

Digital marketing adalah penggunaan media internet dan teknologi informasi yang bertujuan untuk memperluas dan meningkatkan manfaat dari pemasaran tradisional atau pemasaran yang dilakukan secara offline.

6. Chaffey

Sementara menurut Chaffey, digital marketing merupakan sebuah penerapan teknologi yang bersifat digital, kemudian membentuk online channel ke pasar dan memberikan kontribusi yang baik pada kegiatan pemasaran.

Ada banyak cara melakukan digital marketing, yakni dengan memanfaatkan media website, email, data base, digital TV, blog, feed sosial media, podcast, dan jejaring sosial lainnya.

Nah, itulah pengertian dari pemasaran digital atau digital marketing secara umum dan juga dari para ahli di bidangnya. Jadi, setelah membaca pembahasan di atas, kini sudah tahu tentang apa itu digital marketing, bukan? Dengan begitu, kini Anda sudah siap mengaplikasikannya pada usaha agar penjualan produk semakin meningkat. Anda bisa bekerjasama dengan Handisetyadi.com untuk menerapkan digital marketing pada bisnis Anda.